Ide Bisnis Franchise Makanan
Ide Bisnis Franchise Makanan

Ide bisnis franchise makanan mulai banyak digeluti mengingat prospek ke depannya yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan olahan franchise sudah terjamin kualitasnya baik dari sisi rasa maupun bahan baku. So, banyak orang yang berlomba-lomba untuk membuka bisnis lewat franchise. Namun, kesuksesan sebuah bisnis tetap harus diimbangi dengan manajemen keuangan yang baik dan terarah. Oleh sebab itu, Anda harus membuat software keuangan usaha demi memantau perkembangan franchise yang sedang dijalani.

8 Macam Ide Bisnis Franchise Makanan dengan Laba Jutaan Rupiah

Terdapat banyak sekali pilihan usaha franchise makanan yang bisa digeluti saat ini. Seiring berkembangnya teknologi, beragam perusahaan mulai menawarkan usaha franchise mereka. Masing-masing kuliner memiliki keistimewaan tersendiri sebagai ciri khas yang ditonjolkan. Berikut akan dijabarkan 8 macam usaha franchise makanan yang cukup rekomended.

Sabana Fried Chicken

Fried Chicken menjadi salah satu makanan paling laris karena memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Tak sulit untuk menemukan kuliner yang satu ini karena dapat ditemui dengan mudah di sepanjang jalan. Jika Anda berminat untuk menjalankan usaha ini, alangkah baiknya jika memanfaatkan bisnis franchise agar sudah terjamin kualitasnya.

Salah satu franchise fried chicken ternama yang sudah terkenal kelezatannya adalah Sabana. Usaha ayam goreng tepung ini sangat laris manis karena rasanya yummy dan harganya ramah di kantong. Kerjasama franchise dapat dimulai dengan membayar biaya sebesar Rp16 jutaan. Selama kurun waktu 3 bulan, Anda akan dibimbing untuk mengembangkan usaha tersebut.

Kebab Baba Rafi

Kebab menjadi kuliner yang cukup banyak digemari kalangan anak muda zaman now. Percampuran antara sayuran, potongan daging, jamur, dan saus mayo yang dibalut oleh kulit yang krispy memberikan cita rasa yang sangat nikmat. So, Anda bisa memilih franchise kebab sebagai bisnis makanan di tahun ini. Berdasarkan pengamatan, salah satu franchise kebab yang cukup popular di tanah air adalah Kebab Baba Rafi.

Sepak terjang dari usaha kebab tersebut sangat tampak dari menjamurnya outlet-outlet Baba Rafi yang baru. Bahkan tercatat sejak tahun 2003 silam, bisnis franchise ini berhasil mengembangkan usahanya hingga berjumlah lebih dari 1.300 outlet di 9 negara. Modal yang harus dikeluarkan untuk franchise tersebut kurang lebih sebesar Rp75 juta. Anda akan mendapatkan banyak fasilitas, seperti gerobak, container, bahan baku, T-shirt, karyawan, hingga pemilihan lokasi yang strategis.

Baca juga : Apa Itu Debt Snowball Saat Melunasi Hutang?

Roti John Mr. John

Siapa yang tak kenal dengan kue lezat asal Negara Singapore yang bernama roti john. Kue ini berukuran panjang dan memiliki isian yang bervariasi, seperti telur dadar, ham, sayuran, serta  dilengkapi saus tomat dan mayonaise. Peluang ini dimanfaatkan oleh seorang penguasa Indonesia yang berhasil menciptakan brand lokal roti john dengan merk dagang Mr. John.

Bisnis waralaba Mr. John menawarkan harga kerjasama mulai dari modal Rp8 juta saja. Anda akan mendapatkan seperangkat tools untuk mendirikan outlet. Beberapa diantaranya adalah booth, spanduk, peralatan membuat kue, dan bahan baku roti john sebanyak 50 porsi. Pihak Mr. John mengklaim bahwa modal akan balik dalam jangka waktu kurang dari 3 bulan manakala omset penjualannya bisa mencapai minimal 25 porsi setiap harinya.

Kuch2hotahu

Ide bisnis franchise makanan yang selanjutnya adalah Kuch2hotahu. Sekilas kuliner ini terdengar unik seperti judul film India yang pernah booming pada masanya. Namun, mendengar namanya saja pasti sudah bisa ditebak bahwa franchise ini merupakan sebuah olahan makanan yang terbuat dari bahan dasar tahu. Kuch2hotahu memiliki cita rasa yang gurih dan krispy dengan taburan aneka macam bumbu rempah yang menggugah selera. .

Bermitra dengan franchise yang satu ini merupakan pilihan yang tepat buat Anda mengingat Kuch2hotahu memiliki prestasi dagang yang patut diacungi jempol. Bayangkan saja, bisnis kuliner yang berdiri sejak tahun 2011 ini pernah mendapatkan penghargaan pada tahun 2012 yaitu Franchise & Bussines Opportunity Fastest Growing. Ini karena prestasinya dalam menggaget mitra sebanyak 500 dalam jangka waktu yang cepat. Kuch2hotahu menyediakan dua paket franchise yaitu Rp8,5 juta untuk paket regular dan Rp10 juta untuk paket mini kuch.

Bakso Benhil

Bakso Benhil cocok untuk dijadikan bisnis kuliner franchise karena makanan ini termasuk dalam salah satu favorit masyarakat tanah air. Bisnis ini pernah mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi, seperti Top Kuliner Indonesia Award tahun 2015 dan Franchise Startup Award tahun 2018. Pihak pengelola bisnis memberikan kemudahan dan peluang yang besar bagi para calon mitra yang ingin bergabung. Biaya pendaftaran franchise sangatlah terjangkau yaitu hanya Rp4 juta saja.

Baca juga : Apa Itu Debt Stacking Dan Cara Menggunakannya Dengan Baik Dan Benar

Brand Bakso Benhil juga menyediakan beraneka kuliner yang bervariatif dan pastinya lezat. Tak hanya bakso, Anda juga bisa menjual mie ayam, ayam goreng, bebek goreng, dan tahu bakso. Harga jual dari setiap produknya cukup terjangkau sehingga bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Pengolahan kuliner Bakso Benhil sangatlah praktis dan tidak membutuhkan skill memasak yang tinggi. 

Candy Crepes

Candy Crepes merupakan camilan renyah dengan topping aneka rasa yang lezat dan bikin nagih. Taburan coklat meses, keju, blueband, dan selai memberikan cita rasa yang semakin menyatu dengan krispinya crepe. Rasanya yang gurih dan manis membuat camilan dari kulit panekuk tipis ini menjadi favorit anak muda. Adonan crepes berasal dari bahan baku pilihan dan berkualitas sehingga rasanya pun menjadi lebih nikmat.

Bisnis yang dirilis sejak tahun 2013 ini menawarkan beberapa pilihan paket dengan harga yang cukup terjangkau. Terdapat 3 jenis paket yang harganya berada di kisaran Rp6,7 juta hingga Rp9,8 juta. Keuntungan lain dari kerjasama dengan Candy Crepes adalah semua laba penjualan akan menjadi hak milih sepenuhnya mitra bisnis.

Dokar (Donat Bakar)

Bisnis franchise makanan yang terakhir adalah Dokar atau akronim dari Donat Bakar. Kuliner yang satu ini mungkin terasa asing oleh sebagian masyarakat. Namun, brand Dokar yang dirilis sejak 2008 ini sejatinya telah memiliki ratusan outlet yang tersebar di Indonesia. Rasanya sangat unik dengan 42 varian yang berbeda-beda.

Dokar memberikan paket kemitraan yang cukup terjangkau mulai dari Rp7,5 juta saja. Anda akan mendapatkan perlengkapan jualan seperti gerobak kayu, banner, grill pan, satu set kompor dan gas 3 kg, 2 buah seragam, daftar menu, dan peralatan masak yang lainnya. Selain itu, mitra akan dibekali dengan 100 pcs bahan baku Dokar dan 10 botol saus. Ide bisnis franchise makanan akan membuahkan hasil yang manis jika dibarengi dengan kerja keras dan pengelolaan keuangan bisnis yang mumpuni. Keterbatasan skill tentang ilmu akuntansi perdagangan jangan dijadikan sebagai penghalang. Finata bisa memberikan solusi terbaik dengan menyediakan aplikasi software keuangan yang membantu mengelola keuangan usaha Anda.