Apa Itu Debt Snowball Saat Melunasi Hutang?

by | Mar 13, 2020 | Blog, Keuangan | 0 comments

Apa Itu Debt Snowball
Apa Itu Debt Snowball

Arti dari apa itu debt snowball tidak jauh berbeda dari pengertian berbagai macam cara untuk melunasi hutang. Sedangkan untuk pengertian yang jauh lebih detail atas debt snowball, menjadikan kebalikan dari debt stacking. Walaupun cukup bertentangan, tetapi metode melunasi hutang dengan ini cukup efektif.

Pengertian Debt Snowball

Debt snowball menjadi salah satu cara pelunasan hutang yang paling favorit. Sebab cara pelunasan hutang dengan metode ini tidak terlalu menekan. Jadi pembayaran dalam pelunasan hutang dapat dilakukan dengan baik tanpa mengorbankan apapun.

Sedangkan untuk arti dari apa itu debt snowball termasuk hal yang sangat mudah. Karena pemahaman dari debt snowball sangat mudah untuk dipahami. Jadi pengertian dari debt snowball yaitu sebuah cara melunasi hutang dengan fokus pada jumlah hutang yang paling sedikit terlebih dahulu.

Metode ini memanfaatkan untuk melakukan pembayaran lebih pada hutang yang berjumlah kecil. Sedangkan untuk hutang dengan jumlah nominal besar tidak perlu terlalu dipikirkan dan dijadikan beban.

Cara Kerja Debt Snowball

Cara melunasi hutang dengan metode debt snowball dapat dilakukan dengan sangat mudah dan terorganisir. Cara melunasi hutang pada snowball memang tidak jauh berbeda dari metode debt stacking. Tetapi ada beberapa cara yang berbeda dalam tahap pelunasannya.

Inilah langkah untuk melunasi hutang dengan debt snowball :

  • Buatlah rekap semua hutang yang ada

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam metode snowball yaitu dengan mengumpulkan rekap semua hutang yang ada. Data piutang yang dikumpulkan harus rinci. Maka dari itu lebih baik menggunakan finata.

Di dalam finata sendiri terdapat fitur yang berupa laporan piutang. Dengan memasukan hutang di finata, akan menjadi hal yang paling mudah. Karena tidak perlu lagi membuat tabel yang dibutuhkan dalam melunasi hutang dengan debt snowball. Cukup dengan memasukan data atas semua piutang yang ada.

  • Urutkan piutang dari nomination yang paling kecil

Pada metode debt snowball ini mementingkan terlebih dahulu untuk melunasi piutang dengan nominal paling kecil. Jadi untuk jumlah hutang yang paling kecil berada di atas. Sedangkan jumlah hutang paling besar berada di bawah.

Pada urutan hutang dengan nominal paling kecil ini dengan menghiraukan besarnya bunga maupun jumlah cicilan per bulan yang harus dibayar. Karena fungi / tujuan utama pada debt snowball yaitu dengan mengurangi jumlah daftar piutang yang ada.

Baca juga : Apa Itu Debt Stacking Dan Cara Menggunakannya Dengan Baik Dan Benar

  • Melakukan pembayaran ekstra untuk hutang dengan nominal paling kecil

Pada metode debt snowball ini mengharuskan untuk melunasi terlebih dahulu hutang dengan nominal paling kecil. Dengan mementingkan hutang pada nominal paling kecil, membuat daftar hutang dapat berkurang dengan cepat.

Sebagai contoh, ada 3 buah daftar hutang yang dimiliki. Dari semua daftar hutang yang ada, pilih untuk melunasi / melakukan pembayaran ekstra terlebih dahulu daftar hutang yang paling kecil. Dengan demikian hanya membutuhkan waktu selama beberapa bulan untuk menghilangkan daftar piutang yang ada. Sementara untuk hutang lainnya dapat dibayarkan secara normal.

Setelah piutang dengan nominal paling kecil terselesaikan, maka tanggungan akan berkurang. Kemudian dapat fokus untuk melunasi hutang lainnya.

Kelebihan Metode Debt Snowball

Dengan menjadi suatu cara dalam melunasi hutang yang favorit, metode dept snowball mempunyai beberapa kelebihan. Dari semua kelebihan yang ada, kelebihan yang paling didambakan yaitu tidak begitu memberatkan.

Salah satu faktor yang mengharuskan untuk berhutang yaitu kondisi finansial berada sangat memprihatinkan. Karena ada suatu hal yang mengharuskan untuk mengeluarkan biaya dengan jumlah yang sangat fantastik. Bahkan melebihi pendapatan per bulannya.

Setelah berhutang pada bulan ini, harus segera melakukan pembayaran di bulan depan. Biasanya kondisi setelah berhutang sangat terpuruk dan harus menekan semua biaya yang ada dan berhemat. Kondisi keuangan pun sangat tidak memungkinkan untuk melunasi hutang dengan metode debt stacking.

Jadi salah satu metode yang paling efektif untuk segera melunasi hutang ialah metode snowball ini. Dengan melakukan pembayaran ekstra / double untuk hutang dengan jumlah kecil tidak terlalu berat. Jadi sangat mudah untuk dilakukan.

Selain itu beberapa kebutuhan pun dapat terpenuhi dengan sangat baik. Walaupun sedang fokus untuk melunasi hutang, masih dapat membeli barang yang diinginkan. Jadi tidak perlu terlalu berkorban untuk melunasi hutang.

Kelebihan lain dari metode debt snowball ini yaitu sangat efisien untuk menghilangkan sebuah daftar hutang yang ada. Jadi dengan metode ini, jumlah hutang yang dimiliki dapat berkurang dengan cepat.

Lalu dengan metode debt snowball dapat dengan cepat membuat keadaan keuangan stabil. Karena cara pembayaran hutang pada debt snowball tidak begitu berat. Selain itu tidak perlu untuk sangat terobsesi pada pelunasan hutang.

Baca juga : Telat Lapor SPT Tahunan? Siap Bayar Denda

Seiring waktu, hutang pasti akan lunas. Karena dengan kondisi keuangan dapat segera stabil, melakukan pembayaran pada hutang berikutnya akan menjadi hal yang cukup ringan.

Kekurangan Metode Debt Snowball

Walaupun metode debt snowball mempunyai beberapa kekurangan. Untuk kekurangan pertama yaitu waktu pelunasan yang diperlukan dapat memakan waktu yang cukup lama.

Dengan fokus pada hutang dengan nominal paling kecil, bukan berarti hutang dengan nominal besar diabaikan begitu saja / melakukan pembayaran dengan santai dan tanpa beban.

Meskipun sebuah hutang telah lunas, bukan berarti masalah hutang terselesaikan begitu saja. Karena setelah hutang paling kecil lunas, harus fokus pada hutang dengan nominal yang lebih besar. Dengan ini semakin lama jumlah pengeluaran semakin besar dan cukup membengkak.

Karena kekurangan ini pula yang membuat semua orang terkadang menyerah untuk melunasi hutang dengan debt snowball. Pada dasarnya pelunasan hutang dengan metode ini memang cukup mudah dilakukan di awal. Tetapi akan terasa berat pada akhirnya.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Debt Snowball

Walaupun menjadi jenis metode pelunasan hutang favorit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Karena metode debt snowball akan terasa berat jika pada akhirnya.

Maka dari itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika hendak menggunakan debt snowball. Hal pertama yaitu harus konsisten. Jika dari awal telah memutuskan untuk menggunakan debt snowball harus dapat menerima konsekuensi atas kekurangan dari debt snowball ini.

Kemudian harus hindari mencari pinjaman hanya untuk melunasi sebuah hutang. Pada debt snowball ini sangat rawan untuk mencari pinjaman tambahan karena terobsesi pada pelunasan sebuah hutang. Hal itu sering terjadi pada akhir, dimana harus fokus pada hutang dengan nominal besar

Dengan mencari pinjaman, tidak akan menyelesaikan masalah. Tetapi hanya dapat menambah masalah baru. Oleh karena itu gunakan software pembukuan finata. Dalam finata akan sangat mudah memanage pelunasan hutang. Serta mengetahui waktu yang tepat untuk melunasi semua hutang yang ada.

Demikian pembahasan tentang apa itu debt snowball. Debt snowball dapat menjadi metode pelunasan hutang paling efektif sebab tidak begitu membebankan. Proses pelunasan hutang dengan debt snowball akan sangat efektif jika dilakukan dengan Finata. Karena finata sangat mudah digunakan dan mempunyai fitur lengkap.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download