Pengertian Devisa, Macam dan Sumber Perolehannya
Pengertian Devisa
Pengertian Devisa
Pengertian Devisa

Pengertian Devisa menjadi pokok pembahasan yang harus diketahui sebelum membahas tentang macam, fungsi dan tujuan devisa itu sendiri. Devisa adalah beberapa valuta asing yang dapat digunakan untuk membiayai seluruh transaksi dalam perdagangan internasional. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa pembahasan pokok tentang devisa yang bisa anda ketahui.

Pengertian Devisa

Pengertian devisa adalah dapat diartikan sebagai kekayaan dalam bentuk mata uang asing yang dimiliki oleh negara. Divisi ini terdiri dari valuta asing yang berupa mata uang yang diakui serta diterima oleh semua negara didunia. Beberapa negara tersebut diantaranya adalah mata uang US Dollar, Euro (Eropa), Dolar Kanada, Franc (Prancis), Yen (Jepang). Selain itu, devisa juga dapat berupa Emas, surat berharga dan berlalu dalam pembayaran internasional.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa tidak setiap mata uang asing yang berada di Indonesia dapat dikatakan sebagai devisa. Mata uang asing yang dikatakan sebagai devisa yaitu mata uang asing yang beredar dalam negeri dan Bank Indonesia dan terdapat kurs resmi. Contohnya adalah mata uang Honduras yang catatan resminya belum dimiliki oleh Bank Indonesia.  Oleh karena itu, mata uang tersebut tidak termasuk dalam devisa negara.

Dalam pembahasan tentang pengertian devisa, sangat dekat dengan istilah cadangan devisa. Cadangan devisa merupakan sejumlah valuta asing yang ditampung atau dicadangkan oleh Bank Indonesia. tujuan pencadangan tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan dan kewajiban luar negeri.

Cadangan devisa adalah salah satu indikator yang menunjukkan lemah atau kuatnya suatu perekonomian negara. Jika negara memiliki cadangan devisa yang besar, maka stabilitas moneter dan ekonomi negara akan terjamin. Pada suatu negara pastinya menginginkan suatu persediaan atau cadangan devisa yang mencukupi. Dengan adanya cadangan devisa, negara dapat membeli kebutuhan dari negara lain. Selain itu, negara juga dapat membiayai perjalanan dinas keluar negeri, membayar hutang atau mencicil hutang dan lain sebagainya.

Fungsi Devisa Bagi Negara

Setelah membahas tentang pengertian devisa, selanjutnya adalah meluas pada pembahasan fungsi devisa. Pada dasarnya fungsi devisa sama halnya dengan fungsi uang pada umumnya. Hanya saja pada transaksi devisa ini lebih dominan digunakan sebagai transaksi internasional pembayaran antar negara, mengukur kekayaan, cadangan moneter, pertukaran barang jasa dan menimbun kekayaan.

Pada dasarnya setiap negara akan menginginkan adanya cadangan devisa yang mencukupi. Hal itu tentunya karena devisa memiliki fungsi dan peran penting dalam perekonomian negara. Adapun secara terperinci, fungsi devisa bagi negara adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi alat pembayaran jasa impor dan barang-barang internasional.
  2. Menjadi alat pembayaran cicilan hutang kepada luar negeri beserta dengan bunganya.
  3. Menjadi sumber pendapatan negara dalam membiayai pembangunan-pembangunan internasional.
  4. Menjadi stabilisator nilai mata uang didalam luar negeri.
  5. Dijadikan sebagai pembiayaan hubungan luar negeri, seperti biaya diplomatik, bantuan luar negeri, biaya perjalanan dinas pejabat dan lain sebagainya.

Baca juga : Pengertian Kartel, Karakteristik, Keuntungan dan Kekurangan

Tujuan Penggunaan Devisa Negara

Sesuai dengan fungsinya, devisa juga memiliki tujuan lain bagi negara. Adapun tujuan penggunaan devisa bagi negara adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan bantuan yang berupa sumbangan kepada negara lain yang sedang mengalami  musibah atau kesusahan.
  2. Membiayai pengiriman kelompok keluar negeri seperti dalam bidang olahraga, kesenian dan lain sebagainya.
  3. Membiayai mahasiswa atau beasiswa untuk mahasiswa luar negeri.
  4. Membiayai korps diplomatik kepada luar negeri.
  5. Untuk membangun fasilitas umum yang ada di dalam negeri.
  6. Membayar jasa keluar negeri seperti jasa pembangunan, pelayaran dan lain sebagainya.
  7. Membayar barang modal sebagai hasil impor seperti mesin pabrik.

Macam-macam Devisa

Macam-macam devisa dibedakan dalam dua golongan yaitu pembagian berdasarkan wujud dan sumbernya.

Pembagian Devisa Berdasarkan Wujudnya

Macam-macam devisa berdasarkan wujudnya terbagi kedalam dua bagian yaitu devisa kartal dan devisa giral. Devisa kartal merupakan suatu devisa yang memiliki wujud uang logam atau uang kertas. Sedangkan devisa giral yang merupakan suatu devisa yang memiliki wujud surat berharga, wesel, cek perjalanan dan sains sebagainya.

Pembagian Devisa Berdasarkan Sumbernya

Macam yang pertama adalah devisa umum. Devisa ini bisa didapatkan tanpa adanya kewajiban untuk mengembalikannya. Contoh devisa dalam bagian ini adalah ekspor, penerimaan bunga modal, dan penyelenggaraan jasa-jasa.

Macam selanjutnya adalah devisa kredit yang merupakan devisa yang berasal dari pinjaman luar negeri atau kredit yang mensyaratkan adanya pengembalian. Contoh devia dalam hal ini adalah ketika pemerintah mendapatkan pinjaman dari bank dunia. Dalam kasus tersebut, kredit akan disalurkan kepada masyarakat dalam bentuk devisa kredit.

Di Indonesia sendiri terdapat lembaga yang bertugas untuk mengawasi devisa yaitu Biro Lalu Lintas Devisa. Lembaga tersebut bertugas untuk mengawasi penggunaan devisa dan berusaha agar dapat menambah pemasukan devisa. Dalam hal ini, diperlukan adanya pengawasan terhadap penggunaan devisa. Hal itu bertujuan untuk mengurangi atau mencegah adanya penghamburan cadangan devisa yang ada.

Sumber Perolehan Devisa

Dalam hal ini, devisa tidak dapat dibuat secara instan oleh suatu instansi atau negara. Ada beberapa tindakan yang dapat dijadikan sebagai sumber perolehan devisa oleh suatu negara. Selain itu,tinggi atau rendahnya suatu devisa negara, dapat dipengaruhi karena adanya perkembangan neraca pembayaran suatu negara. Berikut ini merupakan sumber-sumber perolehan devisa yang bisa digunakan oleh negara:

Baca juga : Beli Atau Sewa Properti Menjadi Lebih Mudah Bersama Finata

Kegiatan ekspor

Kegiatan ekspor merupakan salah satu kegiatan andalan negara untuk mendapatkan pemasukan devisa. Besar dan kecilnya volume ekspor negara akan mempengaruhi banyaknya devisa yang didapatkan oleh negara itu sendiri. selain itu, tingkat ekspor yang tinggi akan meningkatkan cadangan devisa pada suatu negara. Untuk lebih mudah melihat banyaknya devisa yang didapatkan saat ini bisa dilakukan secara lebih mudah dengan menggunakan software pajak yang sudah tersistem.

Penyelenggaraan Jasa-Jasa

Selain kegiatan ekspor, negara juga menandakan perdagangan jasa untuk mendapatkan devisa. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh negara yang tidak memiliki banyak sumber daya alam sehingga sedikit melakukan ekspor keluar negeri. contoh negara yang melakukan kegiatan ini adalah negara Singapura yang mengandalkan sektor jasa perdagangan sebagai sumber untuk mendapatkan devisa.

Contoh lain dalam penyelenggaraan jasa-jasa adala jasa pengiriman barang baik ekspor atau impor. selain itu dapat pula berupa bandar udara, pelabuhan kapal laut, dan lain sebagainya.

Kegiatan Pariwisata

Sektor pariwisata juga menjadi salah satu kegiatan utama yang dapat diandalkan untuk mendapatkan sumber devisa negara. Salah satu contoh dalam hal ini adalah banyaknya kunjungan turis baik yang domestik maupun turis mancanegara.

Dalam praktiknya, wisatawan asing akan menukarkan mata uang negara asalnya dengan mata uang negara tujuan. Dengan begitu, valuta asing yang telah ditukarkan dengan mata uang negara tujuan akan menjadi sumber devisa negara.

Berbicara tentang pengertian devisa, tidak bisa lepas tentang berbagai pemantauan keuangan, pajak hingga akuntansi oleh lembaga tertentu. Dalam hal ini, untuk mempermudah berbagai transaksi dan kegiatan keuangan yang dilakukan dapat dikondisikan dengan sebuah aplikasi. Aplikasi atau software keuangan yang relevan untuk digunakan saat ini adalah Finata.id yang menyediakan berbagai fitur. Tidak hanya untuk keuangan negara saja, tetapi aplikasi ini juga sangat cocok untuk membantu pengelolaan bisnis bagi UKM dengan cara yang lebih praktis dan mudah. 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

software analisa keuangan bisnis