Persamaan Dasar Akuntansi: Pengertian dan Contohnya

by | Jun 3, 2021 | Akuntansi, Paling Populer | 0 comments

persamaan-dasar-akuntansi

Sebagai seorang pemilik perusahaan atau seorang akuntan, Anda tentu mengetahui apa itu persamaan dasar akuntansi. Persamaan dasar akuntansi merupakan teori dasar akuntansi yang merupakan hubungan antara hutang, harga, dan modal dari perusahaan.

Apa itu Persamaan Dasar Akuntansi?

Persamaan dasar akuntansi adalah suatu komponen yang membentuk dasar untuk semua sistem akuntansi yang menghubungkan antara harta atau kekayaan dengan hutang dan modal yang dimiliki oleh perusahaan.

Persamaan ini menggambarkan mengenai apa yang dimiliki oleh perusahaan dan seberapa besar hutang perusahaan. Persamaan ini sangat penting, contohnya adalah dalam membuat neraca dan laporan laba rugi.

Rumus sederhana dalam persamaan dasar akuntansi adalah sebagai berikut :

Aset = Hutang + Modal

Selain itu, rumus persamaan ini dapat dirubah sesuai dengan kebutuhannya, seperti :

Hutang = Aset – Modal

 

Modal = Aset – Hutang

Komponen pada Persamaan Dasar Akuntansi

Seperti yang tertera pada rumus sederhana sebelumnya, unsur dasar dari persamaan ini adalah aset, hutang, dan modal. Penjelasan singkat dari unsur-unsur persamaan dasar ini adalah sebagai berikut :

– Aset (Aktiva)

Aset atau aktiva yang dianggap sebagai hal sangat penting dan krusial bagi keberlangsungan perusahaan. Aktiva dapat diartikan sebagai segala kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Kekayaan tersebut berupa sumber daya bentuk benda maupun hak yang dikuasai. Aktiva dapat diakui ketika kekayaan tersebut bisa diukur menggunakan satuan mata uang seperti rupiah, dollar, yuan ataupun mata uang lainnya.

– Hutang (Liabilitas)

Liabilitas adalah kewajiban yang harus dibayarkan oleh suatu perusahaan pada pihak lain dengan cara melakukan outflow sumber daya ekonomi atau keuangan yang dimiliki oleh perusahaan bersangkutan.

Secara sederhana, liabilitas, yang dalam Bahasa Inggris dikenal dengan liability, adalah tanggung jawab, utang, atau kewajiban keuangan suatu perusahaan yang harus dibayarkan pada pihak lain, seperti perusahaan lain, perorangan, lembaga keuangan, koperasi, atau bank.

– Modal (Ekuitas)

Secara umum, modal adalah sekumpulan dana, baik dalam bentuk barang atau uang, yang dapat digunakan untuk menjalankan suatu kegiatan, yang dalam hal ini untuk menjalankan usaha.

Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk menjalankan suatu usaha, baik skala kecil maupun skala besar, Anda pasti membutuhkan modal. Tanpa modal yang cukup, usaha Anda tidak akan berjalan secara maksimal, bahkan kemungkinan besar, usaha tersebut akan gulung tikar.

Manfaat Persamaan Dasar Akuntansi

Secara umum persamaan ini berguna untuk mengetahui perubahan nilai harta atau kekayaan suatu perusahaan. Perubahan ini berdampak pada setiap transaksi yang telah dilakukan sebelumnya.

Persamaan ini juga bermanfaat untuk mengetahui besar harta yang terpakai atau dibelanjakan dalam satu periode transaksi. Karena itu, persamaan dasar akuntansi ini sangat berguna dalam menghitung keuangan pada laporan perusahaan, sehingga pengeluaran dan pemasukan yang tercatat dapat dilakukan dengan baik.

Contoh Persamaan Dasar Akuntansi

Setelah memahami dengan baik mengenai persamaan ini, ada baiknya kita mencoba untuk membuat sebuah contoh kasus dalam penerapan persamaan dasar akuntansi ini.

Pada tanggal 1 Januari 2021, Perusahaan pak Asep yang merupakan perusahaan jasa konsultasi melakukan transaksi sebagai berikut :

  • Pada tanggal 2 januari pak asep sebagai pemilik perusahaan menyetorkan uang kas sebesar Rp5.000.000 sebagai modal awal.
  • Pada tanggal 7 januari, membeli peralatan kantor senilai Rp1.250.000, pembelian ini dibayar menggunakan kas sebesar Rp750.000 dan sisanya dibayar bulan februari
  • Pada tanggal 8 januari membeli perlengkapan kantor secara tunai senilai Rp75.000
  • Pada tanggal 12 januari membayar hutang kepada kreditur sebesar Rp250.000
  • Pada tanggal 17 januari membayar beban sewa kantor untuk bulan januari sebesar Rp400.000
  • Pada tanggal 19 januari membayar beban sewa kendaraan senilai Rp300.000
  • Pada tanggal 20 januari menerima pendapatan jasa konsultasi senilai RP1.000.000
  • Pada tanggal 24 januari pak asep selaku pemilik perusahaan mengambil sebagaian modal untuk kepentingan pribadi senilai Rp600.000
  • Pada tanggal 27 januari menerima pendapatan jasa konsultasi sebesar Rp1.500.000
  • Pada tanggal 31 januari diperkirakan beban penyusutan peralatan kantor sebesar Rp30.000 dan perlengkapan kantor senilai Rp15.000

Berdasarkan transaksi diatas, maka dapat dilakukan pencatatan transaksi tersebut ke dalam bentuk daftar persamaan dasar akuntansi sebagai berikut :

contoh soal persamaan dasar akuntansi

Pencatatan dan pembuatan laporan keuangan standar akuntansi dapat dibuat dengan mudah menggunakan aplikasi Finata dan berbagai fitur yang ada didalamnya.

Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Di jaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.