Mengenal Apa itu Kapitalisme Beserta Contohnya

by | Mar 23, 2020 | Blog, Bisnis, Paling Populer | 0 comments

Pengertian Kapitalisme

Sudah tahu apa itu kapitalisme? Saat di bangku sekolah tentu kita sudah sering mendengar istilah kapitalisme dalam pelajaran IPS. Namun, sebenarnya apa pengertian dari istilah tersebut?

Secara umum, kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi yang mana memberikan kebebasan penuh pada setiap orang untuk melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi yang dimaksud di sini seperti memproduksi, menjual, menyalurkan barang untuk mendapatkan keuntungan.

Seperti yang diketahui, belakangan ini istilah kapitalis memang tengah menjadi topik perbincangan hangat terkait kondisi ekonomi dan politik negara. Lalu, sebenarnya apa makna dari kapitalisme dan apa saja ciri-cirinya. Mungkin sebagian dari kita masih belum bisa membedakan makna dari kapitalisme dengan sistem ekonomi lainnya.

Nah, agar tidak semakin salah berikut ini beberapa penjelasan tentang pengertian dari kapitalisme beserta ciri dan contohnya.

Pengertian Kapitalisme Menurut Para Ahli

 

Setelah mengetahui pengertian secara umum tentang kapitalisme, selanjutnya kita perlu memahaminya secara lebih mendetail tentang definisi kapitalisme menurut beberapa ahli. Jika menurut beberapa ahli, arti dari kapitalisme adalah sebagai berikut:

 

– Adam Smith

Menurut Adam Smith, kapitalisme merupakan sebuah sistem yang dapat menciptakan kesejahteraan untuk masyarakat apabila pemerintah tidak melakukan intervensi. Intervensi yang dimaksud di sini yaitu campur tangan terhadap mekanisme dan kebijakan pasar.

 

– Karl max

Menurut Karl Max, kapitalisme merupakan sebuah sistem yang mana harga barang dan juga kebijakan pasar ditentukan oleh pemilik modal. Jadi, bisa diartikan bahwa pemilik modal yang memiliki andil besar untuk menentukan keuntungan yang ingin mereka dapatkan.

 

– Max Weber

Pendapat selanjutnya yaitu diungkap oleh Max Weber yang mana mengatakan bahwa kapitalisme adalah suatu sistem ekonomi yang ditujukan dalam sebuah pasar dan dipacu untuk memberikan keuntungan dari kegiatan pertukaran yang dilakukan di pasar tersebut.

 

– Ir. Soekarno

Sedangkan menurut Ir. Soekarno, kapitalisme merupakan suatu sistem sosial dalam masyarakat yang timbul dari cara produksi yang mana memisahkan antara kaum buruh dari alat-alat produksinya.

 

Baca juga : Apa Arti Vendor? Ketahui Pengertian, Fungsi Beserta Jenisnya

Ciri-Ciri Ideologi Kapitalisme

 

Setelah mengetahui beberapa pengertian yang sudah diungkapkan oleh para ahli terkenal dunia, maka selanjutnya kita perlu memahami ciri-cirinya. Seperti yang diketahui, system ekonomi dan politik dapat dikenali melalui karakteristiknya. Secara umum system ekonomi kapitalisme ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini:

  • Adanya hak kepemilikan perorangan atas berbagai macam faktor produksi termasuk sumber daya alam.
  • Pihak swasta memiliki kebebasan sendiri untuk mempunyai alat-alat produksi dan aktiva seperti gedung, mesin, dan juga bahan baku.
  • Dalam sistem ekonomi kapitalisme, setiap individu memiliki kebebasan dalam bersaing bisnis dengan menggunakan berbagai metode untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.
  • Pihak swasta memiliki kebebasan penuh terkait barang apa saja yang ingin di produksi beserta jumlah barangnya. Selain itu pihak swasta juga memiliki kebebasan untuk menentukan harga pada masing-masing produk yang dijualnya.
  • Dalam sistem ekonomi kapitalisme, pemerintah cenderung tidak ikut campur dalam kegiatan perekonomian. Meskipun dalam hal ini pemerintah dapat mengelola proses ekonomi namun hal tersebut tidak dapat membatasi aktivitas dan kepemilikan para pemegang modal.
  • Masyarakat yang hidup dengan menggunakan sistem kapitalis cenderung sering berperilaku hedonisme. Hal tersebut terjadi karena sudah terpengaruh dengan berbagai iklan yang dijual oleh para pengusaha.

Kelebihan dan Kekurangan Kapitalisme

 

Sama halnya dengan system lain, kapitalisme juga memiliki kelebihan dan kekurangan apabila diterapkan. Nah, untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sistem ini, berikut akan disajikan ulasan lengkapnya, yaitu:

Kelebihan Kapitalisme

  • Sistem kapitalisme dianggap cenderung lebih efektif dan efisien dalam memanfaatkan sumber daya  yang tersedia dan distribusi barang.
  • Masyarakat cenderung lebih kreatif karena tingkat persaingan yang tinggi. Sehingga untuk mendapatkan keuntungan yang besar dibutuhkan inovasi yang lebih baik setiap harinya.
  • Karena adanya kompetisi pasar dalam sistem kapitalisme, tidak heran jika pertumbuhan ekonomi semakin lebih pesat.
  • Adanya penghargaan besar yang diberikan oleh seseorang dalam bisnis.
  • Sebagai konsumen memiliki kelebihan dapat mengatur pasar karena adanya persaingan harga antara penjual

Kekurangan Kapitalisme

Meski memiliki banyak kelebihan, ternyata sistem kapitalisme juga tidak terlepas dari kekurangan. Nah, apa saja kekurangan yang muncul dalam sistem ini? Berikut penjelasannya

  • Akan muncul pasar persaingan tidak sempurna dan pasar persaingan monopolistik. Seperti yang diketahui, kedua jenis pasar tersebut menyebabkan persaingan pasar yang tinggi.
  • Persaingan yang dilakukan oleh para pebisnis cenderung menyebabkan konflik dan ketidakadilan. Mengapa demikian? Hal tersebut karena pengusaha yang memiliki modal yang besar cenderung menguasai pasar.
  • Sistem kapitalisme ini cenderung membuat perekonomian suatu negara hanya berorientasi pada uang saja. Sehingga hal tersebut dapat membuat para pengusaha menjadi materialistic.
  • Karena persaingan pada sistem kapitalisme sangat tinggi, tidak heran jika perusahaan besar hanya berorientasi pada keuntungan saja. Sehingga hal tersebut dapat membuat mereka yang memiliki modal besar mengambil alir perusahaan dengan modal kecil.
  • Terjadinya eksploitasi terhadap sumber daya alam agar bisa mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Cenderung timbul ketidakadilan dalam distribusi kekayaan yang mana hanya orang tertentu saja yang bisa menikmati kejayaan dan kekuasaan.

Contoh Kapitalisme

Jika berbicara tentang contoh kapitalisme, ada banyak sekali contoh sistem ini yang kita jumpai di pasaran. Salah satu contoh nyata yang sekarang ini banyak dijumpai yaitu eksploitasi sumber daya alam yang terjadi di Papua. Yang patut untuk disayangkan eksploitasi di Papua ini dilakukan oleh para perusahaan besar dari berbagai negara seperti yang paling terkenal Freeport.

Pengeksploitasi tersebut terjadi karena adanya perjanjian yang dilakukan oleh perusahaan Freeport dengan pemerintah Indonesia pada masa orde baru.

Selain itu, contoh lainnya bentuk kapitalisme yang terjadi di Indonesia yaitu semakin menjamurnya Mall, Supermarket, Pasar Modern dan lain sebagainya. Seperti yang kita lihat, hampir di setiap daerah kita dapat menjumpai mall besar yang terus menggerus eksistensi pasar tradisional.

Kenyamanan, ragam pilihan, dan kemudahan yang ditawarkan oleh pasar modern tersebut membuat banyak orang tertarik berbelanja di sana. Dari sanalah kita dapat melihat bahwa pihak yang memiliki modal besar akan semakin kaya. Sedangkan ekonomi masyarakat menengah ke bawah cenderung akan lebih sulit.

Nah, agar dampak yang dirasakan tidak semakin parah sebagai generasi yang bijak kita harus mampu menyadari hal tersebut. Sebisa mungkin kita perlu melakukan perubahan kecil dengan cara mulai mengeksiskan lagi pasar tradisional yang mulai ditinggalkan oleh pelanggannya.

Baru jika memang kebutuhan yang diperlukan tidak tersedia di pasar tradisional kita dapat membelinya di supermarket terdekat.

Ingin menjalankan bisnis dengan lebih praktis dan mudah? Menggunakan software adalah pilihan yang paling tepat. Nah, perlu diketahui sekarang ini sudah tersedia software keuangan usaha yang akan membantu Anda mengatur urusan keuangan dengan cermat.

Dengan menggunakan aplikasi ini tentu saja perhitungan yang dilakukan lebih akurat dan cermat. Finata merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan software keuangan bisnis dijamin berkualitas dan terpercaya. Nah, jika Anda tertarik untuk mengelola bisnis dengan mudah, langsung saja kunjungi website resminya https://finata.id/ dan pilih produk yang Anda butuhkan. Itulah penjelasan singkat tentang pengertian kapitalisme beserta contohnya, semoga bermanfaat!

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday