Macam-macam software akuntansi saat ini ternyata sangat memudahkan para akuntan untuk melakukan pencatatan keuangan. Software akuntansi dapat membantu keuangan dalam bisnis, termasuk menyiapkan faktur kepada pelanggan.

Ada banyak keuntungan menggunakan software akuntansi. Di seluruh dunia, ada sejumlah besar orang mendapatkan keuntungan dari menggunakan perangkat lunak akuntansi.

Hari demi hari ruang lingkup akuntansi  telah berkembang karena harga telah menurun dan perangkat lunak secara bertahap menjadi mudah digunakan, bahkan bagi mereka yang tidak tahu tentang akuntansi. Kira-kira apa saja jenis-jenis akuntansi keuangan yang sangat membantu pekerjaan seorang akuntan? Dan apa saja manfaat yang diberikan oleh software akuntansi itu sendiri?

Mengapa Harus Menggunakan Software Akuntansi?

Apakah Anda masih merenungkan apakah Anda harus berinvestasi dalam program manajemen keuangan untuk perusahaan Anda? Atau Anda harus menggunakan sebuah software saja?

Terlepas dari kebutuhan Anda, software akuntansi dapat menjadi alternatif yang baik untuk Anda daripada harus membayar mahal seorang profesional untuk melakukan semua akuntansi bisnis kecil Anda.

Berikut adalah keuntungan utama yang dimiliki oleh software akuntansi bisnis kecil kepada Anda dan menjadi alasan besar, mengapa Anda harus menggunakan softwarenya.

1. Lebih mudah digunakan

Apakah Anda menjalankan operasi ritel di mana setiap transaksi dimasukkan secara elektronik saat terjadi atau konsultasi satu orang di mana Anda secara pribadi memasukkan transaksi Anda setiap dua minggu?

Nah, dengan menggunakan perangkat lunak akuntansi, bisnis kecil memaksa Anda untuk mengikuti entri data dan tetap mengikuti arus data. Software akuntansi memiliki manfaat tambahan untuk menjaga Anda tetap mengikuti perkembangan keuangan bisnis kecil Anda.

Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk menemukan celah arus kas atau pelanggan yang mengembangkan masalah kredit serius daripada pengusaha kecil yang hanya membuang semua kwitansi dan faktur ke dalam laci dan menanganinya di akhir kuartal atau tahun.

2. Semua masalah keuangan tercatat dengan baik

Menggunakan software akuntansi memusatkan banyak aspek manajemen keuangan bisnis Anda. Dengan cara tersebut. Anda akan dapat menangani tugas-tugas seperti manajemen persediaan, penagihan, penggajian, dan bahkan beberapa aspek manajemen hubungan pelanggan.

Baca juga : Macam – Macam Jurnal Akuntansi

Semua hal bisa Anda lakukan dari dalam program software akuntansi Anda. Kemudahan fitur dari software akuntansi akan menghemat waktu dan uang Anda karena Anda tidak perlu membeli program software terpisah untuk melakukan hal-hal seperti pelanggan faktur dan lain-lain.

3. Menyederhanakan biaya pajak

Selain menunjukkan berapa banyak pajak yang harus dibayarkan pada faktur tertentu, software akuntansi juga memungkinkan Anda untuk menyiapkan laporan pajak. Misalnya, berapa banyak pajak tertentu yang telah dibayarkan bisnis Anda selama periode waktu tertentu.

Dengan catatan tersebut, maka Anda akan lebih mudah untuk mengumpulkan data yang Anda perlu lengkapi dan mengajukan formulir pajak pemerintah yang diperlukan. Beberapa perangkat lunak akuntansi bisnis bahkan memungkinkan Anda untuk secara langsung mengajukan pengembalian.

4. Sudah menyediakan alat analisis

Memiliki perangkat lunak akuntansi bisnis yang baik sama halnya memiliki penasihat keuangan internal. Ya, laporan di software dapat disesuaikan sehingga memudahkan Anda dalam menganalisis aspek penting seperti bisnis kecil Anda. Disamping itu, juga dapat menyediakan data yang dibutuhkan untuk mencapai pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Laporan seperti Ringkasan Neraca menunjukkan dengan tepat seberapa baik bisnis Anda saat ini, sementara laporan seperti Pelanggan yang Berhutang Uang memungkinkan Anda mengelola Piutang Akun Anda dengan lebih mudah.

5. Hitungannya sangat akurat

Software  akuntansi melakukan begitu banyak perhitungan yang diperlukan untuk Anda, data keuangan Anda akan memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada jika Anda menyimpan catatan pena dan kertas – terutama jika Anda memiliki beberapa orang yang berbeda untuk memasukkan data.

Macam-macam Software Akuntansi

Dengan bantuan software akuntansi, Anda dapat melihat seluk-beluk keuangan perusahaan Anda tanpa harus menghilangkan fokus Anda dari apa yang Anda lakukan. Software adalah hal terbaik untuk bisa mengelola bisnis Anda.

Memanfaatkan aplikasi ini tidak hanya menghemat waktu Anda untuk  menangani pendapatan dan pengeluaran Anda, tetapi juga membantu Anda membuat keputusan bisnis yang dengan baik. Software akuntansi biasanya memiliki berbagai fitur seperti manajemen pengeluaran, perencanaan sumber daya, dan peramalan keuangan.

Selain itu, sebagian besar software akuntansi dirancang dengan interface yang ramah pengguna dan instruksi pengaturan yang mudah untuk membuat periode penyesuaian Anda ke program semudah dan semulus mungkin.

Oddo

Oddo adalah software akuntansi umum yang banyak digunakan oleh akuntan dan pemilik usaha kecil. Oddo menggunakan perangkat lunak yang sepenuhnya dapat Anda akses dari browser web Anda. Untuk masalah keuangan, tenang saja! Keamanan software Oddo tidak perlu dikatakan lagi, Oddo adalah software akuntansi yang menangani uang Anda dengan sedetail mungkin.

Baca juga : Pembukuan Sederhana

Jurnal.id

Jurnal.id adalah software keuangan yang juga bisa dibuat untuk usaha kecil dan mikro. Jurnal.id mengklaim aplikasi mereka bisa dimuat dalam 3 detik dan Anda dapat mengirim faktur Anda ke pelanggan dalam 1 menit atau kurang.

Zahir accounting

Zahir accounting adalah software akuntansi yang sudah ada sejak lama sekali. Selain bisa menghitung dan mencatat keuangan, zahir accounting juga dapat membantu Anda berbagi dokumen penting, menerima pesan dengan pelanggan atau pemasok dengan mudah walaupun mereka tidak menggunakan software ini.

Abipro

Abipro adalah salah satu software akuntansi yang tertua di negeri ini. Software ini bisa Anda coba terlebih dahulu sebelum menggunakannya secara penuh. Untungnya software Abipro ini menawarkan masa percobaan gratis di mana Anda dapat menguji fitur mereka secara gratis. Apa pun perangkat lunak yang Anda gunakan, maka pastikan Anda perhatikan fitur-fitur penting yang ada sebelum berlangganan.

Keysoft

Keysoft adalah software akuntansi yang tidak hanya bisa Anda akses di desktop saja, namun juga di mobile atau smartphone. Keysoft  dapat mengotomatisasi tugas-tugas tertentu yang harus Anda lakukan secara teratur. Keysot juga dapat memperbarui fiturnya secara otomatis.

Finata

Finata.id adalah satu-satunya software pendiagnosis kesehatan keuangan bisnis terbaik yang ada di Indonesia dan bisa menjadi pilihan Anda dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi dan pajak.

Finata.id termasuk perangkat lunak berbasis web cloud yang dapat melakukan tugas-tugas akuntan yang rumit. Beberapa keunggulan yang Finata.id miliki di antaranya:

  • Efisiensi operasional.
  • Akurasi yang selalu ditingkatkan.
  • Basis data aman.
  • Penyimpanan catatan otomatis.
  • Mendiagnosis kesehatan bisnis secara realtime.
  • Menyederhanakan kompleksitas sehingga mudah digunakan.
  • Didesain oleh seseorang yang sudah berpengalaman menggunakan berbagai software akuntansi.
  • Fitur lengkap dengan harga paling murah.
  • Menghitung lapor dan setor pajak secara otomatis.

Finata memudahkan penggunanya untuk mengakses dan memberikan informasi yang akurat. Perlu alamat surat vendor? Ingin mengetahui kapan pelanggan terakhir melakukan pembayaran pada akun terutang? Semua bisa dengan mudah dilakukan oleh software yang bisa Anda akses di device Anda.

Dari mengorganisasikan dokumen keuangan dan menghitung penggajian hingga melacak inventaris dan menyiapkan pengembalian pajak penghasilan, Finata telah terbukti bermanfaat dalam mengurangi jam yang dihabiskan untuk tanggung jawab pembukuan.

Jika Anda ingin menggunakan software yang paling baik dan memudahkan pekerjaan Anda, di antara macam-macam software akuntansi di atas, maka yang paling tepat adalah menggunakan Finata.id. Tunggu apalagi? Yuk, segera daftar dan berlangganan software ini.