Kamu punya bisnis tapi bingung analisa kondisi keuangannya?

Analisa Kondisi Keuangan Bisnismu, Tanpa Perlu Jasa Konsultan

Finata adalah sebuah software diagnosis keuangan bisnis yang dapat mengolah laporan keuanganmu secara realtime dan menghasilkan status kondisi keuangan bisnismu, apakah bisnismu aman, atau tidak aman secara finansial.

Diagnosis apa saja yang bisa dihasilkan Finata?

Download list lengkap diagnosis bisnis Finata sekarang.

Dalam waktu dekat Finata akan terintegrasi dengan software akuntansi populer di Indonesia.

“Saya punya laporan keuangan tapi bingung bacanya, dan pengaruhnya ke bisnis saya kedepan seperti apa ya…”

Hal tersebut seringkali dirasakan bagi kamu yang selama ini punya laporan keuangan tapi tidak tahu cara baca atau memaknainya gimana. Hal ini dikarenakan informasi atau pengetahuan tentang analisa bisnis cukup sulit dipelajari dan kamu mungkin tidak punya waktu mempelajarinya.

Tak hanya itu, ada masalah-masalah lainnya yang sering dialami oleh pemilik bisnis yang minim pengetahuan analisa keuangan bisnisnya, yakni:

Informasi tentang analisa keuangan terpisah-pisah dan tidak terstruktur. 

Informasi dan pengetahuan tentang analisa keuangan bisnis tersedia di berbagai sumber buku atau internet, namun biasanya terpisah-pisah atau sepotong-sepotong sehingga membutuhkan waktu lama untuk memahami semua informasi secara lengkap.

Merasa belum butuh analisa keuangan bisnis.

Hal ini terjadi ketika mempelajari analisa keuangan sendiri ternyata pusing atau ribet, hasilnya benefit utama dari analisa keuangan bisnis ini tidak terasa.

Salah mengambil keputusan

Omset besar tidak selalu pertanda baik bagi bisnis yang ingin tumbuh dengan aman, dan akhirnya karena pengetahuan analisa keuangan bisnis yang minim membuat pemilik bisnis salah memilih standar untuk mengambil keputusan di dalam bisnisnya.

Sulit mengantisipasi masalah keuangan.

Kebocoran atau masalah keuangan lainnya sulit dicegah atau diantisipasi jika pengetahuan analisa keuangan minim, karena tidak paham bagian atau faktor apa saja yang perlu diperbaiki.

Sewa jasa konsultan keuangan mahal.

Seringkali ketika kesulitan memaknai laporan keuangan, kita menyewa jasa konsultan keuangan, namun sayangnya perlu mengeluarkan biaya lebih untuk ini dan biasanya hanya bisa dilakukan di waktu-waktu tertentu saja.

Takut atau tidak ingin laporan keuangannya dilihat pihak ketiga.

Di beberapa kasus bahkan seorang pemilik bisnis enggan membagikan datanya ke pihak ketiga atau konsultan untuk dianalisa karena alasan tertentu, dan akhirnya mereka sulit berkembang karena tidak tahu kondisi keuangan bisnis mereka sendiri.

Menunda-nunda

Karena minimnya pengetahuan tentang analisa keuangan bisnis, akhirnya membuat pemilik bisnis menunda melakukan action lebih agar bisnisnya berkembang pesat.

Sulit bersaing atau kalah dari kompetitor.

Tanpa analisa keuangan bisnis yang baik akan membuat bisnis lama berkembang, masalah keuangan tidak disadari lebih awal dan akhirnya sulit bersaing dengan kompetitor.

“Bagaimana Finata bisa membantu pemilik bisnis dalam memahami kondisi keuangan bisnisnya?”

Dengan melewati proses audit dari pakar akuntansi dan keuangan bisnis, hasil diagnosis bisnis dari Finata dirancang dan disajikan agar mudah diakses, dibaca, dan dimengerti maksudnya oleh para pemilik bisnis meskipun sebelumnya tidak memiliki pengetahuan tentang analisa keuangan bisnis, yakni dengan:

1. Rasio atau diagnosis keuangan yang lengkap

Ada lebih dari 40 rasio diagnosis bisnis yang tersedia di Finata yang mengakomodir semua kategori bisnis yaitu jasa, dagang hingga manufaktur.

2. Indikator warna dan status kondisi keuangan yang simple

Finata akan menampilkan warna indikator dan status kondisi keuangan yang mudah dimengerti, misalnya merah untuk status bahaya, kuning untuk hati-hati, dan hijau untuk kondisi keuangan yang aman.

3. Keterangan dan penjelasan hasil diagnosis yang lengkap

Hasil diagnosis disertai penjelasan mengenai fungsi dan manfaat dari diagnosis tersebut, bagaimana cara interpretasinya, dan informasi mengenai studi kasus diagnosis tersebut di sektor bisnis lainnya.

4. Hasil diagnosis yang realtime

Finata akan mengolah laporan keuangan secara realtime, artinya setiap ada input transaksi di software akuntansi yang merubah laporan keuangan, maka secara otomatis hasil diagnosis akan terupdate.

5. Menyajikan saran nilai diagnosis yang ideal yang perlu dicapai

Tidak hanya status kondisi keuangan saat ini saja yang ditampilkan, tetapi juga terdapat nilai kondisi keuangan standar yang akan memotivasi kita untuk mencapai nilai tersebut.

6. Menyajikan komponen diagnosis atau faktor yang bisa ditracing oleh pemilik bisnis

Hasil diagnosis dilengkapi dengan komponen atau faktor-faktor yang mempengaruhi hasilnya, sehingga memudahkan untuk tracing, memperbaiki, dan mengantisipasi penyebab masalah keuangan bisnis.

7. Terintegrasi dengan software akuntansi populer

Tidak perlu khawatir membagikan data atau migrasi data ke tempat lain, jika kita sudah memakai software akuntansi, tinggal nyalakan add on nya dan diagnosis Finata pun sudah bisa diakses.

Diagnosis Finata ini Cocok untuk Siapa?

Untuk bisa merasakan benefit dari diagnosis Finata ini secara menyeluruh, Diagnosis Finata hanya cocok bagi orang-orang yang memenuhi salah satu kriteria di bawah ini:

Cocok Untuk:

  • Orang yang sudah pernah melakukan pencatatan keuangan bisnisnya, dan setidaknya sudah pernah melihat laporan keuangan.
  • Orang yang pernah menggunakan software akuntansi seperti finata, jurnal, beecloud, zahir, dan accurate.
  • Ingin bisnisnya berkembang pesat menggunakan analisa keuangan bisnis.
  • Mempunyai waktu yang terbatas untuk menganalisa dan biaya yang terbatas jika harus sewa jasa konsultan.

Tidak Cocok Untuk:

  • Tidak sadar tentang pentingnya analisa keuangan bisnis untuk mengembangkan dan mengamankan bisnis.
  • Tidak peduli jika terjadi kebocoran cash flow atau masalah keuangan bisnis lainnya.
  • Masih mampu sewa jasa konsultasi bisnis dengan biaya yang tinggi.

Butuh skill akuntansi, upaya yang besar, waktu yang lama dan biaya mahal untuk membuat dan memahami laporan keuangan. Sekarang saya tidak khawatir lagi karena sudah ada Finata.

Alif Fikri
Pemilik Restaurant, Jakarta

Sebelumnya saya bingung, kenapa bisnis untung tapi uang tidak ada, atau uang tersedia di bank tapi melihat laporan keuangan merugi. Setelah pakai Finata saya merasa terbantu menganalisa kesehatan kesehatan bisnis saya dengan mudah.

Deni Zulfiandi
Product CreatorBandung

Saya tidak mungkin bisa mengambil keputusan bisnis secara cepat dan tepat, tanpa dimudahkan memahami laporan keuangan dengan baik dengan Finata.

Asep Ruhiyat
Agen Pulsa & ListrikBandung

Berapa Biaya Langganan Diagnosis Finata?

Diagnosis Finata adalah add on yang dapat diaktifkan di software akuntansi seperti jurnal, zahir, beecloud, dan accurate. Add on dapat diaktifkan dengan langganan bulanan maupun tahunan.

Rp89.000.-

Biaya langganan bulanan

Rp890.000.-

Biaya langganan tahunan

Langganan diagnosis Finata sudah termasuk 40+ diagnosis bisnis

FAQ
(Frequently Asked Questions)

Apakah diagnosis Finata bisa digunakan pada kategori bisnis saya?

Tersedia lebih dari 40 rasio diagnosis Finata yang mengakomodir semua jenis bisnis, selama ada laporan keuangannya maka akan didapat hasil diagnosis bisnisnya.

Bagaimana jika saya belum menghasilkan laporan keuangan?

Anda bisa terlebih dahulu memulai pencatatan keuangan Anda melalui software akuntansi, Finata juga menyediakan layanan software untuk mencatat keuangan beserta laporannya. Bisa hubungi support kami untuk info lebih lanjut.

Mengapa saya butuh diagnosis bisnis dari Finata? saya bisa temukan cara analisa di Google

Pertanyaan bagus! Jawabannya sederhana: Dengan diagnosis bisnis dari Finata kamu tidak perlu memilah-milah, mengumpulkan informasi dari berbagai sumber lalu kemudian dipelajari, setelah paham masih harus analisa atau kalkulasi sendiri terhadap bisnis kamu, itu akan makan waktu banyak yang tentunya tidak efisien bagi bisnis kamu. Dengan Finata kamu tinggal baca hasilnya yang akan muncul setiap laporan keuanganmu terupdate.

Kenapa harus sekarang, saya masih fokus ngejar omzet bisnis?

Karena jika kamu menunda menganalisa kondisi keuangan bisnis kamu, kamu gak akan sadar jika telah  terjadi kebocoran keuangan, dan akan kesulitan mengantisipasinya. Dengan diagnosis bisnis Finata tidak akan mengganggu fokus kerja bisnis kamu kok, karena hasil diagnosisnya akan didapat secara instan.

Setelah saya dapat hasil diagnosisnya, lalu saya harus apa?

Pertama, kamu bisa menjadikan hasil diagnosis ini sebagai acuan tindakan atau keputusan di dalam bisnis.
Kedua, kamu bisa telusuri faktor apa saja yang belum optimal di dalam bisnis kamu.
Ketiga, kamu bisa menentukan strategi bisnis kedepan setelah melihat trend kondisi keuangan yang didapat dari hasil diagnosis bisnis.
Keempat, kamu bisa menjadikan hasil diagnosis bisnis sebagai value lebih bisnis kamu jika kamu hendak melakukan kerjasama atau strategic partnership dengan bisnis lainnya.

Bagaimana jika ada hal yang ingin saya tanyakan lebih jauh mengenai Finata?

Jika ada hal yang belum terjawab, kamu bisa menghubungi kami melalui:

Email: support@finata.id
WhatsApp: 08 11 22 33 010 
Telp: (022) 87886156

#BisnisAmanHidupNyaman

Jika kita bisa buat bisnis kita Aman dari sekarang dengan mudah, mengapa masih menunda?

PT. Reksa Finansial Tertata

Belajar Keuangan Bisnis bersama Kami

Facebook Group
Instagram
Youtube

Kontak Kami

support@finata.id

08 11 22 33 010 / (022) 87886156

Jl. Terusan Panyileukan No. 8
Bandung, Jawa Barat 40164