Wirausaha: Pengertian, Tujuan, dan Cirinya

by | May 20, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

wirausaha

Pengertian Wirausaha

Kewirausahaan atau Wirausaha dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah entrepreneurship. Secara sederhana, pengertian wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan yang berujung dengan dibentuknya sebuah usaha. Wirausaha kerap disebut juga wiraswasta dan dianggap memiliki definisi yang sama.

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

Para ahli juga memiliki definisi sendiri mengenai arti dari wirausaha, contohnya :

– Richard Cantillon (1775): 

kewirausahaan didefinisikan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu.

– J.B Say (1803): 

Wirausaha adalah pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

– Penrose (1963): 

kegiatan kewirausahaan mencakup identifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi.

– Harvey Leibenstein (1968, 1979): 

kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.

– Stein dan Jhon F.Burgess (1993):

Wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

Tujuan Wirausaha

– Mendukung Munculnya Usaha-usaha Kecil

Dengan berwirausaha, akan muncul banyak usaha-usaha kecil yang dapat membantu perekonomian masyarakat sekitarnya. Selain itu juga, dengan banyaknya usaha-usaha yang muncul, maka akan banyak juga pilihan masyarakat dalam mendapatkan barang/jasa yang diinginkan.

– Kesejahteraan Masyarakat Terangkat

Berwirausaha dapat meningkatkan kesejahteraan masyaraka. Apalagi pada saat pandemi seperti saat ini banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaannya. Dengan berwirausaha, diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat tersebut menjadi lebih baik lagi.

– Menumbuhkan Semangat Berinovasi

Wirausaha tidak hanya sekedar jual beli saja, namun juga membutuhkan inovasi agar usahanya semakin berkembang dan tidak tertinggal oleh jaman. Dengan berwirausaha, kita akan dituntut untuk berinovasi sebaik mungkin sehingga usaha kita akan tetap berjalan.

Baca juga : Hal yang perlu diperhatikan bagi social entrepreneur

Sifat Wirausaha

– Berprestasi

Seorang wirausaha adalah orang-orang yang berprestasi. Bukan hanya prestasi akademik tetapi prestasi non akademik. Memberikan lapangan kerja kepada orang lain juga merupakan prestasi tersendiri.

– Jujur

Sifat jujur adalah sifat wirausaha. Berprilaku jujur dapat meningkatkan kepercayaan dari kostumer kepada usaha kita dan membuat mereka nyaman dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

– Disiplin

Ya, seorang wirausaha itu disiplin. Mereka akan mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

– Kreatif dan Inovatif

Usaha akan selalu mengikuti jaman. Karena itu, seorang wirausaha dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha mereka agar selalu trendy untuk masyarakat.

– Berkomitmen Tinggi

Dengan berkomitmen maka seorang wirausaha akan tetap fokus pada pekerjaan mereka. Bila seorang wirausaha tidak memiliki komitmen, maka usaha mereka tidak akan bertahan lama.

– Mandiri dan Realistis

Seorang wirausaha itu mandiri dan realistis. Mereka bukanlah tipe orang yang manja dan selalu memikirkan suatu hal dengan melihat dari fakta yang sesungguhnya terjadi.

Mengapa Banyak yang Menjadi Wirausaha?

– Suka mengambil risiko

Seorang wirausaha adalah orang yang suka mengambil resiko. Mereka akan dengan senang hati mengucurkan dana besar agar usahanya dapat berkembang. Pengambilan resiko ini tentu disertai dengan kemampuan mereka dalam membaca situasi.

– Memiliki nyali dan pengalaman

Tanpa nyali dan pengalaman, seseorang tidak akan sulit untuk menjadi seorang wirausaha. Keberanian dalam bertindak berdasarkan pengalaman menjadi modal utama seorang wirausaha dalam mengambil keputusan.

– Mengagumi wirausaha lain

Setiap orang pasti memiliki orang yang mereka kagumi. Sama halnya dengan seorang wirausaha, mereka mengagumi wirausaha lain yang memiliki kemampuan menjalankan usahanya dengan baik. Dengan begitu, seorang wirausaha akan selalu belajar agar dapat berkembang lebih baik lagi.

– Ingin bebas

Mereka tidak suka dengan aturan yang mengharuskan mereka terkekang. Dengan berwirausaha, mereka berharap akan mendapatkan kebebasan dan terhindar dari rutinitas yang membosankan.

– Memiliki ide-ide Brilian

Seorang wirausaha memiliki ide-ide yang brilian. Mereka senang untuk membuat hal baru yang belum ada, atau setidaknya mereka akan terus mengembangkan hal yang sudah ada agar menjadi lebih sempurna.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.