UKM: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

by | May 15, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

UKM - UMKM

Bekerja merupakan hal yang melelahkan, dan seringkali perusahaan tempat kita bekerja memberikan penghasilan yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Akhirnya banyak orang yang mencoba untuk mengganti pekerjaan untuk dapat menghasilkan penghasilan yang lebih banyak daripada sebelumnya.

Salah satu pengganti pekerjaan sebelumnya adalah berdagang. Banyak istilah dalam berdagang, dan salah satu istilah yang sering kita dengar adalah UKM. Lantas apa itu UKM?

Pengertian UKM

UKM merupakan singkatan dari Usaha Kecil dan Menengah, atau beberapa pihak ada yang menyebutnya UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Untuk pengertiannya, UKM adalah aktivitas usaha yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha milik perorangan. UKM berbeda dengan perusahaan besar dan dapat dilihat dari jumlah kekayaan bersih pemilik usaha dan hasil penjualan tahunan usahanya.

Menurut World Bank, Indonesia sendiri sumber penghidupan sangat bergantung pada sektor UKM. Dan kebanyakan usaha kecil ini terkonsentrasi pada sektor perdagangan, pangan, olahan pangan, tekstil dan garmen, kayu dan produk kayu, serta produksi mineral non-logam. Secara keseluruhan, sektor UKM diperkirakan menyumbang sekitar lebih dari 50% PDB (kebanyakan berada di sektor perdagangan dan pertanian) dan sekitar 10 % dari ekspor.

Data BPS pada tahun 2014 menunjukan bahwa UMKM berkontribusi besar dalam memberikan kesempatan kerja sebesar 96,99 persen terhadap pembentukan PDB sebesar 60,34 persen. UMKM juga berkontribusi dalam penambahan devisa negara dalam bentuk penerimaan ekspor sebesar 27.700 milyar dan menciptakan peranan 4,86% terhadap total ekspor.

Baca Juga : Tantangan utama umkm di bisnis era digital

Jenis UKM

Berdasarkan  Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008, UKM dibagi menjadi 3 jenis kelompok yaitu mikro, kecil, dan menengah. Adapun penjelasan mengenai kelompok tersebut akan kita jelaskan dibawah ini :

– UKM Mikro

Usaha mikro adalah jenis usaha terkecil pada UKM yang dimikili oleh perorangan atau badan usaha dengan kriteria memiliki kekayaan bersih maksimal Rp50 juta diluar tanah dan bangunan, dan penjualan tahuan tidak lebih dari Rp300 juta.

– UKM Kecil

Usaha Kecil adalah jenis usaha di dalam UKM yang dapat dimiliki oleh perorangan atau badan usaha dan bukan merupakan anak perusahaan atau cabang dari perusahaan menengah atau besar.

Kriteria usaha kecil adalah memiliki total kekayaan antara Rp50juta hingga Rp500juta diluar tanah dan bangunan dan penjualan tahunan antara Rp300juta hingga Rp2,5 milyar per tahun.

– UKM Menengah

Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri dan dapat dimiliki oleh peroranga atau badan usaha. Namun, usaha ini bukanlah anak atau cabang dari perusahaan besar.

Kriteria usaha menengah adalah memiliki total kekayaan berkisar antara Rp500 juta hingga Rp10 milyar diluar tanah dan bangunan, dan memiliki penjualan tahunan Rp50 milyar.

Baca Juga :  6 strategi bisnis umkm di tengah pandemi virus corona

Contoh UKM

Ada banyak bisnis UKM yang layak ditiru, contohnya adalah sebagai berikut :

– Usaha Kuliner

Usaha jenis ini adalah usaha yang tidak akan pernah mati, karena kebutuhan pokok dari manusia adalah makan. Usaha kuliner dapat dikembangkan menyesuaikan dengan tren yang ada dan dengan kualitas rasa, kebersihan, pelayanan, dan strategi pemasaran yang baik.

– Usaha Fashion

Fashion juga merupakan usaha yang tidak akan mati karena pakaian juga merupakan kebutuhan pokok manusia. Tren dari fashion ini biasanya sering berubah tergantung situasinya seperti pada saat idul fitri dan lainnya.

– Usaha Otomotif

Jenis usaha ini juga digemari oleh beberapa kalangan. Ada banyak penggemar otomotif di seluruh Indonesia mulai dari kalangan bawah hingga atas. Usaha ini juga bisa meliputi beberapa jenis seperti jual beli mobil, suku cadang, jasa penyewaan/rental, bengkel, bahkan hingga jasa cuci kendaraan.

– Usaha Agribisnis

Usaha ini sejalan dengan usaha kuliner, namun lebih menjadi pemasok dari bahan makanannya. Contohnya seperti ternak ayam potong, ayam petelur, budidaya tanaman, dll. Jenis usaha ini masih kurang populer di kalangan anak muda dan masih didominasi oleh para orang tua.

– Usaha kecantikan

Jenis usaha ini populer dengan target pasar adalah para wanita. Tidak bisa dipungkiri kalau wanita akan menghabiskan uangnya untuk mempercantik penampilan mereka. Contoh usaha paling mudah adalah salon. Dengan pelayanan dan hasil yang memuaskan, para wanita akan mengantri untuk datang ke salonmu.

Baca Juga : Aplikasi pengelolaan keuangan yang wajib dimiliki

Berkat kehadiran Finata, pembukuan bukan lagi hal yang sulit dikerjakan. Selain gampang dioperasikan, software akuntansi berbasis web ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang siap mempermudah segala aktivitas keuangan usaha Anda.

Selain menyusun pembukuan dan akuntansi sederhana, di sini Anda juga bisa membuat laporan fiskal pajak secara praktis, lengkap dengan analisisnya. Aplikasi/software Finata telah diatur untuk menyederhanakan transaksi secara mendasar dan hanya berfokus pada transaksi masuk atau transaksi keluar untuk kemudian menghasilkan berbagai laporan, dan yang terpenting dari hasil laporan keuangan memberi tahu kinerja keuangan bisnis Anda.

Finata, solusi cerdas untuk segala kebutuhan bisnis dan keuangan Anda!

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday