Select Page

Penipuan laporan keuangan merupakan salah satu masalah yang sering terjadi di sebuah perusahaan, terutama perusahaan yang baru berkembang. Sementara itu, perusahaan besar umumnya telah memiliki manajemen anti-fraud dan karyawan yang dapat melakukan fungsi pengawasan secara optimal.

Daftar isi:
1. Perketat Pelaksanaan SOP
2. Ciptakan Kultur Perusahaan yang Baik
3. Audit Internal Perusahaan
4. Gunakan Software Akuntansi yang Dapat Diandalkan

Sebagai pemilik bisnis, mengantisipasi terjadinya penipuan laporan menjadi langkah serius yang perlu Anda lakukan. Tidak hanya memengaruhi perkembangan bisnis, manipulasi data juga akan menyebabkan kerugian finansial. Agar perusahaan Anda terhindar dari kecurangan semacam itu, berikut adalah 4 tips cerdas yang bisa Anda terapkan.

1. Perketat Pelaksanaan SOP

Tujuan dibuatnya SOP adalah untuk menjamin perusahaan dijalankan dengan baik dan sesuai perencanaan. Jadi, jangan sampai SOP yang telah Anda tetapkan hanya menjadi pelengkap administrasi perusahaan. Jika demikian, arah perusahaan akan menjadi tidak terkendali dan muncul celah untuk praktik penipuan.

Memperketat SOP dengan cara mewajibkan semua karyawan untuk selalu disiplin dalam menjalankannya akan membuat penipuan atau fraud lebih mudah terdeteksi. Jika fraud terdeteksi lebih dini, kerugian perusahaan tentunya akan bisa dihindari dan Anda juga lebih mudah dalam menanganinya.

2. Ciptakan Kultur Perusahaan yang Baik

Kultur perusahaan yang baik akan mencegah karyawan untuk melakukan penipuan. Karenanya, penting untuk menanamkan visi dan misi kepada seluruh karyawan agar mereka mencintai nilai yang ingin dituju bersama-sama.

Tak hanya itu saja, lingkungan kerja yang menyenangkan juga berperan penting dalam membangun hubungan yang baik antara karyawan dan perusahaan. Dalam hal ini, Anda bisa mencontoh budaya kerja yang diterapkan oleh perusahan besar seperti Google atau Facebook. Misalnya dengan membebaskan jam masuk kerja, menghadirkan suasana kerja yang fun, menerapkan prinsip santai tapi produktif, serta memberikan waktu luang kepada karyawan untuk belajar dan mengembangkan kemampuannya.

3. Audit Internal Perusahaan

Audit internal sangat diperlukan untuk memastikan semua data yang ada di dalam laporan keuangan tercatat dengan benar. Dari internal audit, Anda selanjutnya bisa memeriksa keakuratan data serta mendeteksi kesalahan-kesalahan yang mungkin saja bisa terjadi. Frekuensi audit internal sendiri bergantung pada tiap perusahaan. Namun, agar Anda lebih mudah dalam mengantisipasi penipuan, ada baiknya audit internal dilakukan satu bulan sekali.

4. Gunakan Software Akuntansi yang Dapat Diandalkan

Penipuan laporan keuangan dapat dicegah semaksimal mungkin apabila  Anda memiliki sistem pembukuan yang mumpuni. Dalam hal ini, Finata bisa menjadi pilihan tepat untuk mengontrol proses bisnis di perusahaan Anda. Dengan Finata, Anda bisa mencatat transaksi keluar masuk dengan mudah, menyusun dan menganalisis laporan keuangan, mengelola data pelanggan maupun pemasok, hingga mendiagnosis kesehatan bisnis secara keseluruhan. Untuk info selengkapnya, kunjungi saja website Finata di www.finata.id

Jadi, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penipuan laporan keuangan. Semoga bermanfaat.