9 Tips Memilih Software Akuntansi Secara Tepat Sebelum Membelinya

by | Feb 14, 2020 | Blog, Software Akutansi | 0 comments

Tips Memilih Software Akuntansi
Tips Memilih Software Akuntansi

Tips Memilih Software Akuntansi menjadi poin yang harus Anda perhatikan agar akuntansi usaha Anda dapat berjalan sehat. Kesalahan memilih software akuntansi akan sangat berpengaruh dengan jalannya usaha yang sedang Anda geluti. Software akuntansi yang tepat akan memenuhi kebutuhan perusahaan dan akuntan dalam mengelola data keuangan secara lebih efektif dan efisien. Berikut beberapa tips memilih software akuntansi dengan benar dan tepat.

Beberapa Tips Memilih Software Akuntansi

  • Tingkat Keamanan Data

Tips Memilih Software Akuntansi yang harus Anda perhatikan yaitu mengenai tingkat keamanan data. Pastikan bahwa software akuntansi yang akan digunakan memiliki jaminan keamanan data yang kuat. Anda dapat menanyakan hal tersebut kepada developer penyedia software dari pembobolan data secara offline maupun online.

Keamanan data pada software akuntansi berbasis offline tergantung dari pihak perusahaan itu sendiri. Karena software akan diinstall di komputer dan data pun juga disimpan didalamnya. Namun jika software akuntansi online, tanyakan secara lengkap pada developer tentang cara penyimpanan dan cara melindungi data. 

  • Memilih Software Offline atau Online

Teknologi yang kini semakin maju menjadikan perkembangan software akuntansi pun juga ikut berkembang pesat. Kini telah banyak beredar software akuntansi dalam dua basis yaitu offline dan online. Anda dapat memilih yang menurut Anda tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Software akuntansi offline berarti cara kerja dari software harus memasukkan data tersebut langsung dari komputer pusat yang sudah terintegrasi dengan sistem program. Tetapi jika Anda memilih software akuntansi online, Anda dapat memasukkan data maupun mengendalikan software tersebut dimana saja asalkan memiliki kode akses. 

  • Akses Mudah

Apabila Anda memilih software akuntansi online, maka pastikan bahwa software yang Anda pilih memiliki akses yang mudah. Sekarang ini banyak software akuntansi berbasis cloud yang berguna untuk memudahkan pengguna dalam mengakses software tersebut. Pengguna dapat mengakses software dimanapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Baca juga : Faktor Penyebab Inflasi yang Perlu Dipahami

Akses yang mudah dalam software akuntansi tidak hanya berbasis cloud saja. Pilihlah software akuntansi yang juga dapat diakses di platform dan gadget apapun. Sehingga Anda dapat memantau dan mengetahui kondisi keuangan perusahaan dimanapun dan kapanpun.

  • Fitur Back Up Data

Seperti yang kita ketahui bahwa akuntansi selalu berkaitan atau berhubungan dengan Microsoft Excel dalam memasukkan data maupun membuat laporan keuangan. Oleh karena itu, sebaiknya software akuntansi yang Anda pilih juga menyediakan layanan fitur impor dan ekspor berupa excel.

Selain memudahkan kita dalam dalam memasukkan data maupun membuat laporan, fitur ini juga berfungsi untuk memastikan keamanan data ketika ada hal yang tidak terduga seperti bug atau kesalahan sistem pada software.

  • User Friendly

Tips selanjutnya dalam memilih software akuntansi yaitu mudah dalam mengaksesnya atau lebih kita kendal user friendly.Antara satu vendor dengan vendor lainnya tentu memiliki sistem pengoperasian dan tampilan antarmuka yang berbeda. Pilihlah Software Akuntansi yang tampilannya simple sehingga mudah dipahami oleh orang yang ahli akuntansi maupun orang yang tidak terlalu memahami dunia akuntansi.

Selain itu, software akuntansi yang user friendly akan mengurangi biaya pengeluaran pemilik usaha dalam biaya pelatihan untuk karyawannya dan tujuan usaha pun akan semakin mudah dicapai dalam waktu yang lebih singkat.

  • Layanan Customer Support

Jangan lupa untuk memperhatikan dukungan customer support. Pastikan vendor penyedia software juga memberikan layanan customer support yang memadai. Sehingga jika ada kendala dalam pengoperasian, maka layanan customer support akan membantu Anda. Selain itu, adanya layanan customer support juga akan membantu menyelesaikan kendala lain seperti software akuntansi yang membutuhkan perbaikan di kemudian hari.

Sebelum memilih software akuntansi, Anda dapat menguji layanan customer baik atau tidaknya yaitu dengan menghubungi nomor yang tertera di website. Perhatikan bagaimana cara mereka dalam merespon Anda termasuk kategori fast atau slow respon. Semakin ramah dan semakin cepat dalam memberikan solusi kepada Anda, maka software akuntansi tersebut pun semakin baik.

  • Skalabilitas

Banyak pengusaha yang sering melakukan kesalahan dalam memilih software akuntansi yaitu tidak memperhatikan skalabilitas. Ketika bisnis mulai berkembang, maka perangkat lunak yang digunakan pun mengalami kegagalan karena tidak dapat mengatasi kemajuan input data sesuai kriteria perusahaan yang lebih maju.

Baca juga : Jenis Jenis Badan Usaha yang Ada di Indonesia

Anda diharuskan untuk memindahkan data dari software akuntansi lama menuju software akuntansi yang baru. Perlu Anda ketahui bahwa perpindahan data ini tidak semudah yang dibayangkan. Oleh karena itu, Anda harus memilih software akuntansi yang memiliki skala dengan kebutuhan bisnis sekarang hingga kedepannya. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan dan tidak perlu melakukan perpindahan data.  

  • Harga dan Biaya Tambahan

Semakin tinggi harga yang ditawarkan, biasanya semakin banyak juga fitur dan layanan yang diberikan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena kini banyak vendor yang menawarkan software akuntansi dengan harga  yang terjangkau dengan berbagai fitur didalamnya. Harga akan semakin terjangkau dengan cara pembayaran bulanan.

Selain harga, Anda juga harus memperhatikan dan memastikan biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk software akuntansi tersebut. Tanyakan kepada vendor software apakah ada biaya tambahan atau tidak di kemudian hari. Karena ada beberapa pengalaman bahwa ada beberapa software yang menuntut penggunanya untuk mengeluarkan biaya tambahan agar dapat menggunakan layanan atau fitur pada software.

  • Ketersediaan Fitur dengan Kebutuhan

Pilih software akuntansi yang memiliki kesediaan fitur sesuai dengan kebutuhan sehingga Anda tidak mengeluarkan biaya terlalu banyak. Kini software akuntansi memiliki banyak fitur dan layanan, dari pengelolaan data utang piutang, faktur, piutang, neraca saldo, berbagai laporan dan lain-lain.

Biasanya semakin banyak fitur dan layanan pada software akuntansi maka harga dari software akuntansi tersebut pun akan semakin mahal. Oleh karena itu, sebaiknya memilih software yang memiliki ketersediaan fitur sesuai dengan kebutuhan, bukan sekedar lengkap dan banyak saja.

Finata, Sebagai Jawaban Software Akuntansi yang Tepat

Salah satu software akuntansi terbaik yang dapat Anda pilih yaitu Finata. Pengelolaan menggunakan software yang satu ini akan membantu kesehatan keuangan pada bisnis yang Anda jalani baik dalam skala kecil maupun besar. Seluruh kegiatan keuangan akan dipermudah dengan Finata karena ada berbagai fitur menarik yang akan memanajakan Anda.

Fitur yang ada di dalamnya seperti master data, laporan lengkap, transaksi bisnis, utilitasi & administrasi, diagnosis bisnis dan reminder. Selain fiturnya lengkap sesuai dengan kebutuhan, Finata juga memiliki tampilan yang simpel dan user friendly. Sehingga para akuntan ahli maupun orang yang belum begitu memahami software akuntansi pun akan paham dan mudah menggunakannya.

Beberapa Tips Memilih Software Akuntansi tersebut harus Anda perhatikan dan dijalankan agar software yang Anda pilih berguna dan membantu menyelesaikan pekerjaan Anda. Finata dengan berbagai fitur lengkap dan harga terjangkau siap untuk membantu menjalankan bisnis Anda di bidang akuntansi.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download