10 Tips Membangun Brand Awareness Perusahaan dengan Tepat

by | Feb 19, 2020 | Bisnis, Blog | 0 comments

Tips Membangun Brand Awareness Perusahaan
Tips Membangun Brand Awareness Perusahaan

Beberapa Tips Membangun Brand Awareness Perusahaan harus diperhatikan karena akan sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan omset penjualannya. Adanya Brand Awareness yang baik tidak sekedar mempengaruhi konsumen untuk membeli produk  perusahaan untuk yang pertama kalinya saja. Tetapi akan membuat para konsumen terus menerus membeli dari bisnis tersebut. Berikut ini tips-tips untuk membangun Brand Awareness Perusahaan.

10 Tips Membangun Brand Awareness Perusahaan

Iklan Konvensional

Salah satu Tips Membangun Brand Awareness Perusahaan yaitu melalui iklan konvensional. Iklan ini umumnya dalam bentuk hard selling dan melalui media konvensional, seperti televisi, reklame, televisi dan lain-lain.

Iklan konvensional menjadi iklan yang paling sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Iklan konvensional mampu memapar audien yang lebih banyak dan luas. Tidak heran jika iklan konvensional mampu menciptakan dan meningkatkan brand awareness.

Media Sosial

Media sosial dapat membantu dalam membangun brand awareness perusahaan. Bahkan kini menjadi bagian penting dari marketing sebuah brand. Dengan media sosial, tidak hanya fokus pada produk yang dijual perusahaan saja tetapi juga para konsumen. Media sosal mempermudah sebuah brand untuk dapat berinteraksi dengan para konsumen secara langsung.

Perusahaan yang mampu menciptakan brand experience yang sesuai dengan konsumen dan melibatkan mereka, maka akan sangat membantu dalam meningkatkan rasa percaya konsumen kepada brand perusahaan. Selain itu, berhasil membangun di media sosial juga akan membantu perusahaan dalam melihat reaksi dan respon para konsumen terhadap bisnis yang dijalankan.

 Content Marketing

Content marketing juga akan membantu perusahaan dalam membangun brand awareness. Content marketing akan memberikan informasi kepada pembaca bukan untuk menjual barang atau jasa perusahaan. Sehingga konten berisi informasi yang positif dan informatif yang melibatkan konsumen. Dalam membuat content marketing ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu konten menarik, relevan dan memiliki nilai.

Tujuan dari membuat content marketing yaitu membantu perusahaan untuk menekankan citra dan pesan dari bisnis yang dijalankan. Salah satu platform yang dapat Anda pilih untuk content marketing yaitu blog. Memiliki blog di website dapat membantu menetapkan Anda sebagai sumber informasi bagi konsumen dan ahli di bidangnya.

Video Marketing

Selain menggunakan media sosial dan content marketing, sebaiknya Anda juga menggunakan video marketing untuk membangun Brand Awareness Perusahaan. Video marketing pun kini menjadi salah satu cara yang ampuh dan populer untuk brand awareness. Hadirnya video marketing ini menjadi cara untuk mencapai calon pembeli yang lebih luas.

Baca juga : 7 Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Franchise

Dikabarkan bahwa video facebook live menerima sebanyak 8 milyar view per hari, sedangkan youtube menerima sebanyak 5 milyar view per hari. Berdasarkan statistik tersebut, dapat diketahui bahwa banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk menonton video online.

Video marketing yang dapat dibuat dalam bentuk explainer video, pre-roll video atau vlog video. Explainer video merupakan video yang berdurasi sekitar 1 hingga 2 menit dimana video tersebut menjelaskan informasi penting tentang produk yang dimiliki perusahaan. Pre-roll merupakan iklan yang biasanya muncul sebelum video yang akan ditonton. Sedangkan vlog video atau video blog yaitu video dengan optimasi keyword berusaha.

Merchandise

Sebagai tanda terimakasih kepada para konsumen, perusahaan dapat memberikan merchandise dengan nama perusahaan dan detail kontak. Merchandise yang dapat Anda pilih pun beraneka ragam dan dapat menyesuaikan dengan budget dari yang termurah hingga termahal.

Orang-orang biasanya suka ketika menerima merchandise yang unik dan personal. Pilihlah barang yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan maupun barang yang dapat dipakai sehari-hari oleh konsumen. Selain itu, pilihlah merchandise yang berkualitas karena akan mempengaruhi image brand perusahaan.

Mengadakan Event

Tips selanjutnya yaitu perusahaan dapat mengadakan sebuah event untuk membantu brand awareness. Mengadakan sebuah live event akan membantu dalam mendapatkan perhatian dari konsumen dan calon konsumen. Perusahaan dapat membuat event seperti launching produk baru, promosi, seminar dan lain-lain.

Sponsorship

Sponsorship juga akan membantu perusahaan dalam brand awareness. Dalam sebelum menjadi sponsorship, perusahaan harus pintar dalam memilih event dan memastikan bawah event tersebut relevan dengan target audience. Selain itu, event yang dipilih juga harus memiliki prinsip yang sama dengan perusahaan sehingga akan memberikan dampak yang baik untuk kedua belah pihak.

Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan strategi marketing melalui para influencer di media sosial untuk mempromosikan sebuah produk dari perusahaan. Media sosial yang sering digunakan yaitu youtube, twitter, facebook, blog, instagram dan sebagainya. Influencer yang dimaksud adalah orang-orang yang memiliki banyak follower atau teman di media sosial.

Para influencer biasanya sangat disukai dan dipercaya oleh para follower sehingga akan membantu mempengaruhi followers untuk mencoba dan membeli produk yang ditawarkan. Ada juga platform untuk membaca seluruh blog favorit dalam satu tempat yaitu bloglovin.

Baca juga : 10 Cara Meningkatkan Konversi Penjualan Pada Toko Online

Dalam bloglovin pernah mengadakan survey dengan 100 expert marketing tentang influencer marketing. Berdasarkan hasil survey tersebut, banyak brand yang memanfaatkan influencer marketing untuk meningkatkan brand awareness, memperkenalkan produk dan mencapai target audience. Orang jauh lebih mempercayai para influencer dibanding iklan dalam sebuah produk.

Freemium

Freemium berasal dari gabungan dua istilah yaitu free dan premium. Freemium memberikan kesempatan para pengguna untuk mencoba layanan secara gratis. Kemudian jika pengguna merasa perlu fitur lain atau upgrade, maka mereka harus membayar lebih. Meningkatkan brand awareness dengan model ini biasanya dilakukan oleh perusahaan software. Seperti trello, onedrive, spotify dan sebagainya.

Selain itu, selain pengguna dapat menikmati layanan secara gratis dan meningkatkan brand awareness, perusahaan juga akan mendapatkan pemasukan dari iklan yang dipasang. Ataupun ketika pengguna melakukan upgrade, perusahaan juga akan mendapatkan pemasukan.

Menciptakan Ketertarikan Emosional

Langkah untuk meningkatkan brand awareness lainnya yaitu dengan menciptakan ketertarikan emosional. Perusahaan harus menyampaikan spesifikasi produk atau jasa yang ditawarkan. Sampaikan juga pilihan warna, harga dan informasi produk atau jasa.

Namun sebaiknya perusahaan juga menambahkan kisah-kisah yang masih relevan dengan brand identity bisnis perusahaan. Pilihlah kisah yang mampu menyentuh emosi konsumen sehingga konsumen akan memiliki ketertarikan dan membeli produk yang perusahaan tawarkan.

Mendorong Word Of Mouth

Tips yang tidak kalah jitu untuk meningkatkan brand awareness yaitu mendorong word of mouth. Maksudnya adalah menggugah konsumen untuk menceritakan dan merekomendasikan merek produk atau layanan perusahaan kepada orang lain. Word Of Mouth ini dilakukan secara online maupun offline. Word Of Mouth memang tidak mudah dilakukan. Caranya yaitu dengan melakukan inovasi sehingga produk atau jasa memiliki nilai tambah dan menarik perhatian para konsumen.

Untuk memperlancar menjalankan bisnis yang Anda jalani, tentu membutuhkan Software Bisnis Finata yang akan membantu dalam mempermudah urusan keuangan. Didalam sofware ini terdapat berbagai fitur menarik yang tentunya akan membantu perusahaan dalam meningkatkan profit.

Beberapa Tips Membangun Brand Awareness Perusahaan tentu akan membutuhkan dana yang akan berhubungan dengan keuangan perusahaan. Finata mampu membantu menyelesaikan persoalan keuangan agar perusahaan tetap memperoleh keuntungan dan keuangan selalu sehat.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download