Simak Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking

by | Mar 2, 2020 | Blog, Keuangan | 0 comments

Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking
Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking

Tips aman bertransaksi melalui internet banking perlu diketahui agar terindah dari berbagai bentuk kejahatan yang mungkin saja terjadi sejarah dari. Berbagai risiko mungkin saja terjadi, namun kewaspadaan adalah hal yang harus dilakukan. Setiap ada celah dan kesempatan bukan tidak mungkin hadir niat pelaku untuk mengambil sejumlah uang dari rekening yang bersangkutan. Menerapkan berbagai tips saat bertransaksi melalui internet banking berikut ini akan membantu agar lebih aman.

Ketiklah URL Internet Banking dengan Benar

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah mengaktifkan url internet banking secara benar. Hal ini dilakukan guna menghindari anda untuk membuka situs internet banking yang salah. Perlu diperhatikan ulang jangan mengklik email guna membuka situs internet banking karena pada kebanyakan modus hal tersebut bisa mencuri data-data Anda. Maka agar lebih aman apabila anda mengetikkan URL pada bilah alamat perusahaan secara benar.

Menggunakan hypertext transfer protocol secure ( https ) yang berguna mentransmisikan informasi komputer dengan server mereka. Teknologi ini menggunakan koneksi yang sudah terenkripsi sehingga transfer data aman.

Baca juga : Perbedaan Cek dan Bilyet Giro yang Harus Diketahui

Keyboard Virtual

Apakah anda pernah mendengar mengenai perangkat lunak yang bisa melacak kata kunci. Perangkat lunak tersebut sangat memungkinkan bagi para pengguna guna melacak akun pada saat kita menekan tombol pada komputer. Perangkat lunak tersebut akan merekam dalam tombol demi tombol yang difungsikan secara khusus. Perangkat lunak ini seringkali disalahgunakan oleh para pelaku tindak kejahatan untuk melakukan tindakan kriminal. Guna mengantisipasi hal tersebut cobalah untuk selalu menggunakan keyboard virtual pada perangkat anda untuk memasukkan user ID dan password. Apalagi anda sedang berada di sebuah cafe yang memanfaatkan wi-fi gratis.

Mengganti Password Secara Berkala

Berikutnya, tips aman bertransaksi melalui internet banking ialah membiasakan untuk mengganti password atau kata sandi internet banking setiap 45 ataupun 60 hari sekali. Buatlah kata sandi atau password yang kuat menggunakan kombinasi antara abjad, angka dan simbol. Kata sandi haruslah unik. Jangan pernah menggunakan password yang sama untuk beberapa situs web yang Anda miliki. Hal ini memudahkan para pelaku tindak kejahatan sedapat menebak password Anda. Hindari pula untuk menggunakan tanggal lahir, nomor registrasi kendaraan ketika membuat password.

Gunakan Komputer Pribadi Saat Mengakses Internet Banking

Guna melindungi Informasi pribadi maupun keuangan Anda, sebaiknya Anda menggunakan komputer pribadi atau Ponsel pintar milik pribadi untuk mengakses akun Anda. Jangan pernah mengakses akun dari tempat yang umum misalnya cafe internet maupun komputer bersama. Hal tersebut sangat rentan untuk terjadinya penipuan online. Apabila anda memiliki keperluan mendesak yang mengharuskan anda memakai komputer umum gunakan saja mode penyamaran ( incognito ) pada browser yang tidak menyimpan riwayat penjelajahan data.

Baca juga : Pengertian Amnesti Pajak dan Manfaatnya

Pantau Akun Secara Teratur

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi apabila ada perubahan yang mencurigakan. Setiap sesudah melakukan transaksi selalu cek kondisi login. Jika ada transaksi yang tidak anda lakukan maka segera informasikan kepada pihak bank. Lihatlah dengan seksama waktu dan tanggal terakhir melakukan login setiap kali mengakses. Apabila melihat aktivitas yang mencurigakan melakukan tindakan secara cepat untuk melindungi akun.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis, internet banking akan sangat memudahkan dalam berbagai transaksi yang dilakukan. Mengetahui tips aman bertransaksi melalui internet banking sudah pasti harus Anda aplikasikan. Apalagi mengingat waktu yang harus anda maksimalkan secara efektif dan efisien. Meski demikian Anda tidak perlu melupakan satu hal penting lainnya adalah mengelola keuangan Anda secara benar. Tanda agar bisa tetap menjaga profit bisnis agar tetap stabil.

Menggunakan software keuangan Finata, kebutuhan akan pengelolaan keuangan bisnis bisa dengan cepat dan efisien terbantu. Harga yang terjangkau dan banyaknya fitur yang akan didapatkan membuat Anda memudahkan untuk memanajemen keuangan secara lebih baik. Segera gunakan Finata sekarang juga. 

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Perbedaan Keuangan dan Akuntansi yang Wajib Diketahui - Finata - […] Baca juga : Simak Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday