Select Page

Di dalam dunia Bisnis, keuangan merupakan salah satu aspek yang paling penting bagi setiap pelaku bisnis, tak terkecuali pemilik UMKM yang baru saja merintis dan ingin mengembangkan bisnisnya agar lebih cepat sukses. Pemilik bisnis perlu adanya strategi yang tepat dalam mengelola keuangan bisnis. Kunci dari suksesnya suatu bisnis bukan hanya dari cara meraih untung pada penjualan, tatapi juga pada pengelolaan keuangan pada bisnis tersebut.

Berikut ini merupakan tips untuk mengelola keuangan bisnis:

1. Atur anggaran pengeluaran dengan bijak

Dalam melakukan suatu bisnis perlu adanya suatu perencanaan untuk penggunaan uang, tanpa ada perencanaan yang baik maka akan terjadi kesulitan mengatur pengeluaran sehingga berdampak pada kelangsungan bisnis. Sesuaikan target penjualan dan pemasukan dengan pengeluaran. Hindari menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak akan meningkatkan menguntungkan.

2. Membuat Catatan Keuangan

Catatan keuangan merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh pembisnis. Keuntungan memiliki catatan keuangan sangat banyak. Informasi dalam catatan keuangan dapat digunakan untuk mengetahui omzet usaha, menentukan strategi usaha ke depan nya, dan membandingkan dengan biaya lainnya.

3. Melakukan Perputaran Arus Kas dengan Efektif

Untuk memastikan arus kas mengalir dengan lancar, pelaku bisnis UMKM tidak hanya harus ketat dalam mengelola pengeluarannya. Pelaku bisnis UMKM harus ketat juga dalam mengelola pemasukan. Kelola keuangan bisnis dengan benar dan diberi rincian dengan baik. Keuntungan yang diperoleh tidak disarankan dalam rekening tabungan saja. Alangkah baiknya jika keuntungan tersebut diputar untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar lagi. Misalnya ditempatkan ke salah satu instrumen investasi.

4. Memiliki Dana Darurat

Dalam dunia bisnis, semua hal bisa terjadi tanpa diduga. Mungkin sewaktu – waktu dapat mengalami kerugian akibat omzet yang menurun atau mengalami musibah. Kejadian tak terduga seperti ini dapat membuat usaha menjadi kolaps dan terancam bangkrut. Di sinilah diperlukan dana darurat yang sudah disimpan sejak awal.

5. Mengelola Arus Kas

Agar perputaran UMKM lancar perlu diperhatikan pengelolaan utang dan persediaan produk. Utang yang belum dibaur dan persediaan produk yang menumpuk akan membuat perputaran kas terhambat. Oleh karena itu, disarankan harus pandai mengontrol pengeluaran pada perusahaan. Jika pendapatan menurun, maka harus mengurangi pengeluaran untuk menanggulanginya.

6. Gunakan Solusi Software Keuangan

Dengan adanya teknologi, kini proses akutansi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan praktis. Softwere akutansi online adalah salah satu teknologi yang dapat membantu proses akutansi sekaligus dapat mengontrol keuangan tanpa perlu adanya kesalahan pada laporan keuangan.

Dengan adanya teknologi, kini proses akutansi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan praktis. Softwere akutansi online adalah salah satu teknologi yang dapat membantu proses akutansi sekaligus dapat mengontrol keuangan tanpa perlu adanya kesalahan pada laporan keuangan.

Finata adalah satu-satunya software akutansi online yang aman, praktis, dan dapat diandalkan dalam mengelola laporan keuangan. Dengan fitur Finata, keuangan bisnis dapat dicatat secara otomatis dan akurat melalui sistem.