Tips Sukses Berbisnis ​Online, Dijamin Ramai Pelanggan!

by | Nov 12, 2020 | Bisnis | 0 comments

Di era digital seperti saat ini, semakin banyak pengusaha yang memasarkan produknya melalui internet. Berbisnis online nyatanya memang memiliki banyak keuntungan ketimbang bisnis konvensional. Selain biayanya lebih murah, berbisnis online juga lebih terukur dan memiliki jangkauan yang luas.

Semakin banyak pelaku bisnis yang menyadari pentingnya pemasaran online, semakin besar juga persaingan bisnis di internet. Para pebisnis harus menjalankan strategi yang tepat untuk mendapatkan banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Cara Sukses Berbisnis Online

Jika Anda baru ingin memulai ataupun merambah ke bisnis online, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini. Dijamin, pelanggan bisnis Anda akan semakin ramai!

  1. Membuat Website Profesional

    Meskipun Anda bisa menggunakan platform media sosial atau marketplace untuk memasarkan produk, namun tetap saja Anda membutuhkan website khusus untuk bisnis Anda. Dengan memliki website, otomatis bisnis Anda akan dilihat lebih profesional oleh para customer.

    Anda juga memerlukan domain dan hosting untuk website bisnis Anda. Domain adalah alamat atau nama website Anda, sementara hosting adalah tempat penyimpanan data website Anda. Biasanya, domain dijual sepaket dengan hosting.

    Setelah memiliki website, pastikan Anda mengisi website Anda dengan produk yang dijual maupun konten yang menarik. Misalnya, konten promosi, artikel yang berhubungan dengan produk, dan lainnya. Pastikan gambar-gambar yang Anda gunakan tidak pecah (​high resolution ​ ), dan konten-konten Anda adalah asli, bukan hasil​ copy-paste ​ dari website lain.

    Beberapa website memiliki fitur ​e-commerce ​ , yakni fitur yang memungkinkan transaksi dilakukan secara langsung melalui website. Menggunakan fitur ​e-commerce akan menambah nilai website maupun perusahaan Anda.
  1. Berjualan di Marketplace

    Setelah Anda memiliki website profesional khusus untuk bisnis Anda, yang tak kalah penting adalah berjualan di marketplace. Marketplace adalah tempat para pembeli berkumpul untuk membeli barang atau jasa yang dibutuhkan. Bergabung di online Marketplace dapat diibaratkan membuka toko di mal.

    Ada dua jenis Online Marketplace, yakni Marketplace B2B dan Marketplace B2C. Pastikan Anda memilih marketplace yang tepat untuk produk Anda. Jika produk Anda adalah produk B2C yang dijual secara eceran ke perseorangan, maka sebaiknya Anda memasarkan produk Anda di Marketplace B2C.

    Namun jika produk Anda adalah kebutuhan industri, konstruksi, atau dijual ke perusahaan lainnya dalam jumlah besar (B2B), maka sebaiknya Anda ke Marketplace B2B seperti ​Indotrading​. Sebagai Platform B2B terbesar di Indonesia, Indotrading.com juga menyediakan ​jasa digital marketing​ seperti Search Engine Optimization (SEO) dan Google Ads.
  1. Memasang Iklan Online

    Apakah Anda sering melihat iklan produk tertentu muncul saat sedang ​scrolling ​ di Instagram? Atau saat membuka suatu website, Anda menemukan iklan berupa banner di website tersebut? Itulah yang dinamakan iklan online.

    Anda bisa memasang iklan online di berbagai platform media sosial maupun mesin pencari. Di media sosial misalnya memasang iklan di Facebook, Instagram, Twitter, dan bahkan Tiktok. Sementara itu, di mesin pencari seperti Google, Anda pun bisa memasang iklan online Anda dalam bentuk Google Search Ads maupun Google Display Network.

    Sesuaikan produk dan kebutuhan Anda sebelum menentukan platform paling tepat untuk beriklan. Jika Anda memilih media sosial sebagai platform Anda, pastikan Anda membuat konten yang menarik untuk menarik pengunjung ke website Anda. Jika produk Anda adalah B2B, maka beriklan di Google adalah pilihan yang tepat.
  1. Influencer Marketing

    Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, Anda bisa mencoba berinvestasi dengan endorsement ​ . Biaya yang Anda keluarkan untuk membayar public figure mengiklankan produk Anda di media sosial mereka mungkin cukup besar, namun hasilnya pun bisa berkali-kali lipat menguntungkan.

    Di era digital ini, informasi yang beredar sangat banyak.​Customer bisa jadi bingung menentukan pilihan dan timbul ketidakpercayaan. Namun dengan ​influencer marketing ​ , Anda bisa mendapatkan kepercayaan ​customer ​.

    Namun sekali lagi, sesuaikan dengan produk dan tujuan Anda. Tidak semua produk dan industri cocok menggunakan cara ini. Jika Anda sudah yakin bahwa influencer marketing adalah pilihan yang tepat, jangan lupa untuk memeriksa Engangement Rate (ER) ​influencer/public figure yang Anda pilih.
  1. Menggunakan Google Bisnisku

    Google Bisnisku adalah fitur untuk menampilkan informasi lengkap bisnis, mulai dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan, alamat email perusahaan, jam operasional, website perusahaan, foto kantor, hingga ​review ​ pelanggan.

    Google Bisnisku adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang sudah memiliki toko​offline ​ . Meskipun online marketing berkembang begitu pesat, namun kombinasi online marketing dengan toko fisik tentu akan lebih menambah nilai usaha Anda. Kepercayaan pelanggan pun otomatis meningkat karena toko Anda dapat ditemukan dan dikunjungi secara langsung.

Di atas adalah beberapa tips sukses mengembangkan bisnis online. Anda bisa mencobanya satu per satu agar performa bisnis Anda di internet semakin baik. Semoga berhasil!

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download