Select Page

Harapan setiap pelaku usaha adalah dapat mencapai target omzet usaha yang telah ditetapkan sejak awal. Besar target bervariasi, bergantung pada perkiraan nilai potensi usaha tersebut. Biasanya, pelaku usaha akan bersikap optimis sehingga menetapkan omzet yang besar untuk bisnis yang dikelolanya.

Omzet 1 Miliar, Apakah Mungkin?

Berbicara mengenai angka, 1 miliar merupakan jumlah yang sangat fantastis. Apalagi bagi pelaku usaha mikro yang baru saja mulai membangun bisnis. Namun, ada banyak kisah sukses yang menjadi bukti bahwa mencapai omzet 1 miliar bahkan lebih bukan hal yang mustahil.

Salah satunya adalah Andreas Chaiyadi, owner PT. Dwi Aneka Kemasindo, yang awalnya bergerak di industri pengemasan menggunakan kotak karton. Saat ini, Andreas bahkan dapat mencapai omzet tahunan usaha hingga 184 miliar. Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengikuti jejak Andreas? Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan :

Kualitas produk yang stabil

Andreas dapat mereguk keuntungan usaha yang besar berkat order yang terus berulang dari para klien. Hal ini disebabkan oleh kualitas produk yang disediakan tidak mengecewakan. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu mengecek produk yang akan dipasarkan dan melakukan evaluasi jika ada yang belum sempurna.

Mempertahankan kualitas produk memang tidak mudah. Biasanya, hal tersebut juga diikuti dengan biaya produksi yang bertambah. Namun, dengan kualitas yang lebih baik, harga sedikit lebih tinggi tentu bukan masalah besar.

Berani melakukan ekspansi bisnis

Apabila bisnis sudah berada dalam tahap stabil, mulailah untuk melakukan ekspansi. Hal itulah yang dilakukan oleh Andreas. Ketika melihat bisnisnya bertambah besar, ia segera melakukan penambahan peralatan dengan kualitas yang lebih baik. Tempat produksi pun dipindahkan ke area yang lebih luas. Bukan hanya itu, jumlah karyawan terus ditambah. Layanan yang disediakan pun lebih beragam.

Meskipun demikian, keputusan ini tentu tidak boleh diambil secara asal atau terburu-buru. Lakukan perhitungan terlebih dahulu supaya ekspansi bisnis dapat menguntungkan, bukan justru merugikan perusahaan.

Menerapkan strategi pemasaran yang efektif

Sumber : Republika.co.id

Strategi pemasaran yang efektif perlu dilakukan untuk menembus omzet hingga 1 M bahkan lebih. Kondisi pasar dapat menjadi acuan bagi Anda untuk mempertimbangkan strategi terbaik yang sebaiknya diterapkan.

Nah, untuk mencapai omzet usaha yang diharapkan tersebut, para pelaku usaha mikro dapat memanfaatkan dukungan pengelolaan bisnis dari Finata. Software ini akan membantu Anda dalam pengelolaan keuangan, khususnya dalam hal perencanaan dan pembukuan di dalam perusahaan.

Apabila pengelolaan keuangan berjalan dengan baik, kinerja bisnis pun akan optimal. Dengan sistem berbasis web, Finata dapat diakses kapan pun dan di mana pun sehingga cocok bagi pelaku usaha masa kini. Yuk, pelajari lebih jauh tentang Finata di sini.