Select Page

Perubahan merupakan suatu hal yang pasti dan dapat terjadi kapan saja, termasuk di dunia bisnis. Perubahan atau transformasi semakin berpeluang untuk terwujud karena adanya perkembangan teknologi. Salah satu di antara perubahan tersebut adalah transformasi digital, yaitu perubahan yang terkait dengan penerapan teknologi digital di seluruh bagian kehidupan masyarakat.

Daftar Isi:
1. Proses Transformasi Digital
2. Tantangan dan Peluang

Transformasi digital menciptakan banyak peluang yang bermanfaat bagi perkembangan perusahaan. Selain itu,  ada pula sejumlah tantangan yang harus dihadapi. Nah, bagaimana cara untuk menjawab tantangan tersebut?

1. Proses Transformasi DIgital

tantangan bisnis di era digital

Transformasi digital memunculkan peluang sekaligus tantangan bisnis yang mau tidak mau harus dihadapi oleh para pelaku usaha masa kini. Transformasi digital merupakan suatu subproses kemajuan teknologi yang didahului oleh adanya digitasi dan digitalisasi.

Digitasi adalah proses konversi ke dalam bentuk digital dari informasi analog. Secara teknis, digitasi berarti perubahan dari bentuk sinyal, gambar, suara, atau benda menjadi serangkaian angka. Konversi ini terjadi pada sejumlah industri, mulai dari media, bisnis keuangan, perawatan kesehatan, dan telekomunikasi.

Adapun digitalisasi merupakan proses yang terjadi karena perubahan teknologi. Beberapa fenomena yang terjadi akibat proses digitalisasi adalah Big Data, Revolusi Industri 4.0, Internet of Things, dan sebagainya. Sementara itu, transformasi digital adalah seluruh efek digitalisasi yang dialami oleh masyarakat. Jadi, digitasi memungkinkan terjadinya digitalisasi dan selanjutnya mendorong transformasi digital.

2. Tantangan dan Peluang

tantangan bisnis di era transformasi digital

Transformasi digital yang terjadi pada lingkup bisnis berpengaruh terhadap banyak aspek. Perusahaan yang memutuskan untuk menjawab tantangan ini harus siap dengan perangkat dan sistem yang digunakan. Selain itu, sumber daya manusia yang direkrut juga diharapkan memiliki kemampuan digital yang memadai.

menjawab tantangan transformasi digital

Terkait perangkat dan sistem, belum semua perusahaan memiliki kesadaran untuk memanfaatkan teknologi demi menghadapi tantangan transformasi digital. Padahal, penggunaan teknologi dapat membuat proses pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah dan efektif. Ini merupakan peluang yang sering diabaikan oleh para pelaku bisnis.

Nah, salah satu strategi untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan memanfaatkan software pendukung, khususnya dalam membuat perencanaan maupun pembukuan di perusahaan. Saat ini, para pelaku bisnis, termasuk UMKM, dapat memilih Finata sebagai solusi atas tantangan akuntansi tersebut. Dengan sistem yang berbasis web, Finata dapat digunakan kapan saja dan di mana saja.

Ada sejumlah fitur bermanfaat yang tersedia di software ini, mulai dari penyusunan laporan keuangan hingga pengelolaan pajak perusahaan secara online. Dengan sejumlah keunggulan tersebut, Anda sebagai pelaku usaha akan lebih siap menghadapi tantangan bisnis pada masa kini, khususnya karena transformasi digital. Untuk mengulik lebih jauh mengenai Finata, Anda bisa berkunjung ke sini.