Surat Jalan & Delivery Order, Berikut Pengertian dan Contohnya

by | Apr 20, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

surat-jalan-delivery-order

Surat jalan merupakan kelengkapan yang dibutuhkan dalam proses pengiriman barang antar-perusahaan maupun dari pelaku usaha kepada konsumen. Meski dapat dibuat dalam bentuk yang berbeda sesuai kebutuhan perusahaan, surat jalan memiliki format dan rincian informasi tertentu yang harus selalu dicantumkan.

Pengertian Surat Jalan

Surat jalan adalah surat yang berperan sebagai dokumen yang memastikan legalitas muatan atau barang yang dikirim dalam jumlah besar. Surat jalan harus dibawa ketika melakukan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain. Surat jalan dibawa oleh supir ketika mengantarkan barang dan bisa menyerahkannya ketika ada pemberhentian oleh petugas lalu lintas karena suatu alasan. Dengan dibawanya surat jalan barang ini supir memiliki keterangan barang-barang yang dibawa dan memiliki legalitas atas barang-barang yang dibawa tersebut.

Komponen di Dalam Surat Jalan

Beberapa informasi yang terdapat dalam surat jalan barang adalah sebagai berikut:

  • Nama barang yang mengirimkan barang.
  • Jenis dan jumlah barang yang dibawa supir.
  • Keterangan.
  • Alamat tujuan barang.

Dengan informasi-informasi tersebut, surat jalan dapat dijadikan bukti legalitas kendaraan bermuatan agar dapat melintas di jalan. Surat jalan ini biasanya akan diminta oleh petugas lalu lintas ketika ingin mengetahui barang apa yang dibawa. Pengecekan dilakukan dengan cara menyesuaikan informasi yang terdapat dalam surat jalan barang dengan apa yang dibawa oleh supir. Jika terjadi kejanggalan antara informasi yang ada di surat dengan apa yang dibawa, petugas berhak menahan atau melakukan prosedur lebih lanjut yang diperlukan.

Warna Surat Jalan

Surat jalan memiliki peran yang penting, karenanya surat jalan biasanya dibuat dalam 3 sampai 4 rangkap. Setiap rangkapnya memiliki perbedaan warna seperti putih, merah, kuning, dan hijau. Perbedaan warna ini memiliki fungsinya masing-masing yaitu :

1. Putih

Lembar berwarna putih di dalam surat jalan berperan sebagai bukti bahwa barang pesanan telah diserahkan kepada pihak pembeli. Surat jalan berwarna putih juga akan dipakai sebagai dokumen penagihan oleh penjual untuk pihak pembeli di akhir bulan atau saat waktu pelunasan tagihan tiba.

2. Merah

Sedangkan lembar berwarna merah merupakan dokumen yang diberikan kepada pihak pembeli atau konsumen. Lembar warna merah inilah yang menjadi bukti dari pemesanan barang telah dilakukan dan juga barang telah diterima.

3. Catatan Laporan Transaksi

Untuk lembar berwarna kuning dan hijau pada surat jalan biasanya dijadikan sebagai catatan laporan transaksi. Baik untuk diberikan kepada karyawan ataupun supervisor yang menyampaikan perintah.

Pemahaman mengenai warna dari surat jalan cukup penting untuk diketahui agar tidak terjadi kesalahan dalam pengiriman dan transaksi menjadi lancar.

Delivery Order

Selain surat jalan, kita juga mengenal dokumen yang disebut delivery order. Delivery order adalah sebuah dokumen yang berperan sebagai surat perintah penyerahan barang yang telah dipesan dengan kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli yang ditujukan kepada bagian gudang sebuah perusahaan.

Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa delivery order merupakan surat jalan yang berasal dari para supplier. Delivery order terdiri dari 3 lembar kertas yang berwarna putih, merah, dan kuning.

1. Putih

Lembar pertama yang berwarna putih dijadikan sebagai bukti transaksi pembelian dan berperan untuk penagihan di kemudian hari.

2. Merah

Lembar kedua yang berwarna merah dijadikan arsip bagi pemesan barang dan nantinya akan digunakan sebagai patokan untuk penjualan barang ke pembeli atau konsumen.

3. Kuning

Lembar ketiga yang berwarna kuning dijadikan sebagai arsip bagi yang menerbitkan delivery order.

Contoh Surat Jalan

Berikut merupakan salah satu contoh surat jalan sederhana yang bisa dijadikan sebagai referensi :

contoh surat jalan
contoh surat jalan
contoh surat jalan
contoh surat jalan
contoh surat jalan
contoh surat jalan

Mengetahui mengenai surat jalan sangat diperlukan agar proses bisnis dan pengiriman barang menjadi lebih aman dan lancar. Dengan lancarnya bisnis, laporan keuangan merupakan suatu hal yang paling penting untuk dimiliki oleh setiap perusahaan.

Laporan keuangan perusahaan dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya.

Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Di jaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday