Strategi Melakukan Peramalan Bisnis untuk Melejitkan Pertumbuhan Bisnis Anda

by | Mar 4, 2021 | Bisnis | 0 comments

strategi-peramalan-bisnis

Tahukah Anda apa perbedaan antara peramalan dengan perencanaan? Keduanya jelas berbeda. Rencana adalah penentuan apa saja hal yang akan dilakukan oleh perusahaan pada waktu yang akan datang. Sedangkan, peramalan hanya perkiraan apa yang akan terjadi, namun belum tentu dapat dilaksanakan saat itu juga.

Dalam mengambil keputusan berbisnis tentunya melalui proses yang rumit dengan penuh pertimbangan. Begitu juga dengan forecasting atau peramalan bisnis tidak semata-mata semudah membalikkan telapak tangan. Banyak tindakan dari bisnis yang harus diputuskan dan ditetapkan sebagai bagian dari strategi suatu perusahaan.

Sebelum melakukan forecasting atau peramalan bisnis harus diketahui terlebih dahulu persoalan apa yang menjadi dasar tindakan tersebut dilakukan. Pasalnya, suatu keputusan itu berpengaruh terhadap keadaan masa depan yang penuh dengan risiko dan ketidakpastian. Meskipun begitu, adanya peramalan bisnis ini juga sangatlah penting, terlepas dari banyaknya risiko dan ketidakpastian tadi.

Jenis-jenis Peramalan Bisnis

Seperti yang dijelaskan oleh Herjanto, pada bukunya yang berjudul Manajemen Operasi tahun 2008, beliau menjelaskan bahwa berdasarkan horizon waktunya, peramalan atau forecasting dibagi menjadi 3 jenis yaitu: peramalan jangka pendek, peramalan jangka panjang, dan peramalan jangka menengah.

Dengan begitu, peramalan dapat dilakukan untuk jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang. Selanjutnya untuk peramalan jangka pendek biasanya digunakan untuk merencanakan pembelian, penjadwalan kerja, jumlah tenaga kerja, penugasan kerja, dan tingkat produksi.

Untuk peramalan jangka menengah misalnya mencakup penjualan, anggaran produksi, anggaran kas, dan analisis bermacam-macam operasi. Sedangkan untuk jangka panjang digunakan untuk merencanakan produk baru, pembelanjaan modal lokasi atau pembangunan fasilitas serta penelitian pengembangan.

 

baca juga : sukses lewat memahami dan mengendalikan laba rugi

Metode Peramalan Bisnis

Ada beberapa metoda peramalan yang digunakan untuk memperkirakan perkembangan bisnis yang terjadi di masa depan yang terkait dengan perubahan pasar, lingkungan dan teknologi, di antaranya:

  • Metoda kualitatif: metode yang menggabungkan intuisi, emosi, pengalaman pribadi dan sistem nilai dari keputusan (decision maker) untuk membuat suatu ramalan.
  • Metoda kuantitatif: model matematika yang didasarkan pada data historis dan variabel kausal untuk menggambarkan permintaan (demand).

Berdasarkan metode di atas, perusahaan yang hendak melakukan peramalan bisnis akan menggunakan salah satu metode tersebut. Namun dalam praktiknya, kombinasi dari keduanya ternyata lebih efektif.

Perlu Anda ketahui, untuk dapat melakukan metode peramalan kuantitatif dibutuhkan data dan historis dari aktivitas bisnis yang sudah dilakukan.

Saat ini sudah hadir Finata, satu-satunya software akuntansi keuangan bisnis juga bisa melakukan pencatatan keuangan sekaligus analisis diagnosis bisnis Anda. Anda bisa mengelola laporan keuangan lebih mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengecek kesalahan input data, karena semua fitur-fiturnya terintegrasi satu sama lain.

Mulai dari input data master perusahaan, pencatatan transaksi, laporan keuangan, pengelolaan produksi dan persediaan barang, pajak, payroll, diagnosis kesehatan bisnis, dan kinerja keuangan lainnya.

Untuk itu, Anda bisa mengakses fitur lengkap Finata sekarang, dan dapatkan full support penggunaan dengan kontak nomor WhatsApp Admin Finata ke 08112233010.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.