Stok Barang: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

by | May 17, 2021 | Laporan Keuangan, Akuntansi | 0 comments

stok-barang

Pembuatan catatan pembukuan stok barang merupakan hal yang wajib dilakukan oleh sebuah usaha, terutama usaha yang bergerak dibidang manufaktur yang memproduksi barang. Pembuatan stok barang ini dapat dibuat dengan manual atau menggunakan aplikasi yang mempermudah proses pembukuan tersebut.

Memiliki laporan stok barang menjadi sangat penting pada saat usaha kita sering melakukan transaksi keluar masuknya barang dari gudang. Dengan adanya catatan pembukuan tersebut, dapat memudahkan usaha dalam melihat stok barang tersedia dan menentukan langkah selanjutnya dari jumlah stok barang tersebut.

Apa itu Stok Barang?

Secara singkat, stok barang adalah jumlah barang yang tersedia secara fisik dan siap untuk dijual. Proses pencatatan pembukan ini juga bisa disebut sebagai stok opname.

Tidak hanya untuk menghitung jumlah barang yang tersedia secara fisik, stok opname juga bisa membantu dalam perhitungan kas, aktiva, piutang, serta hutang dari perusahaan. Selain itu juga dengan catatan stok barang ini, perusahaan dapat menganalisis perkembangan perusahaan dan membandingkannya dengan tahun-tahun sebelumnya.

Cara Mengelola Stok Barang

Untuk membuat contoh laporan stok barang, ada beberapa hal yang mesti dilakukan.

Hal ini terkait dengan cara mengelola stok barang. Berikut adalah beberapa caranya:

  1. Mempersiapkan data : data adalah bagian yang sangat krusial, sehingga harus benar-benar dipastikan keakuratannya. Pastikan bahwa pengelola stok barang adalah orang-orang yang memang dapat dipercaya dan mengerti terkait dengan hal tersebut.
  2. Buat perkiraan persediaan : hal ini perlu dilakukan berdasar pada analisa data yang sudah pernah ada.
  3. Memberi kode barang : kode barang sangat penting dalam partai yang besar. Selain itu, kode juga akan memudahkan penyebutan barang supaya tidak terjadi salah kaprah.
  4. Pisahkan stok lama dan baru : agar semakin mudah mencatat dan mengecek barang.
  5. Mengecek sebelum menyimpannya : pengecekan perlu dilakukan sebelum barang masuk gudang.

Manfaat Stok Barang

Sebelum kita membuat contoh stok barang, ada baiknya kita mengetahui manfaat dari stok barang itu sendiri. Pencatatan stok barang memiliki banyak manfaat antara lain :

  • Mengetahui jumlah barang yang tersedia secara fisik di gudang
  • Menghindari kesalahan stok akibat kehilangan, kerusakan, atau bahkan penyelewengan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga stok dapat terkontrol dengan baik.
  • Membantu dalam perhitungan kas, aktiva, piutang, serta hutang perusahaan.
  • Membantu dalam pengambilan keputusan dari pemilik usaha terkait jumlah stok yang tersedia saat ini.

Contoh Stok Barang Sederhana Menggunakan Excel

Pembuatan stok barang tidaklah sulit, namun tentu saja ketelitian menjadi penting dalam proses pencatatan stok ini. Untuk contoh dari stok barang adalah sebagai berikut :

stok barang sederhana excel
stok barang sederhana excel
stok barang sederhana excel
stok barang sederhana excel

Metode pencatatan persediaan barang dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani.

Di jaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.