Siklus Akuntansi Perusahaan: Pengertian dan Tahapannya

by | Mar 17, 2021 | Akuntansi, Bisnis | 0 comments

siklus-akuntansi-perusahaan

Pengertian Siklus Akuntansi Perusahaan

Siklus adalah putaran waktu yang di dalamnya terdapat rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur.

Akuntansi merupakan seni mencatat, mengklasifikasi, meringkas dan mengikhtisarkan transaksi bersifat keuangan dan menyajikannya kedalam bentuk laporan keuangan.

Perusahaan merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan  yang kegiatannya untuk melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi sebuah kebutuhan ekonomis.

Dari ketiga pengertian tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa siklus akuntansi perusahaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara berulang dalam suatu periode terkait dengan pencatatan, pengklasifikasian dan pengihktisan transaksi yang bersifat keuangan yang terjadi dalam suatu perusahaan.

Jenis Perusahaan

Sebelum masuk kedalam tahapan dari siklus akuntansi, perlu diingatkan lagi bahwa didalam akuntansi bahwa jenis usaha atau perusahaan ini terbagi kedalam 3 kategori:

– Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa ini merupakan suatu entitas bisnis yang menjalankan aktivitasnya untuk menghasilkan pendapatan dari sektor jasa tanpa adanya produk fisik yang   dioleh atau diperjualbelikan. contoh : perusahaan jasa konsultan, perusahaan otobis , bimbingan belajar dll.

 

– Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan suatu entitas bisnis yang menjalankan aktivitasnya dengan melakukan jual-beli produk atau barang secara fisik tanpa melalui proses pengubahan atau pengolahan/produksi. contoh : mini market/super market, grosir, dll.

 

– Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur merupakan suatu entitas bisnis yang menjalankan aktivitasnya dengan melakukan pengolahan atau produksi produk fisik dari mulai bahan baku, barang setengah jadi sampai dengan barang jadi. contoh : industri tekstil, garmen, dan lain lain.

 

Dari ketiga jenis perusahaan tersebut bahwa secara siklus akuntansi hampir memiliki persamaan baik dari proses mencatat, mengklasifikasi, mengikhitisarkan sampai menyajikan laporan keuangannya. Perbedaannya yaitu pada perusahaan jasa tidak adanya pengelolaan persediaan barang sementara pada perusahaan dagang dan manufaktur terdapat pengelolaan persediaan barang.

Tahapan Siklus Akuntansi Perusahaan

Bagaimana tahapan dalam siklus akuntansi perusahaan? Berikut langkah-langkahnya :

– Melakukan Identifikasi Transaksi

Didalam proses identifikasi transaksi ini kita akan berpatokan kepada dokumen transaksi yang telah terjadi.Pada umumnya transaksi yang ada dalam suatu perusahaan terdiri atas :

  • Transaksi pembelian,
  • Transaksi penjualan,
  • Penerimaan kas serta pengeluaran kas.

– Proses Mencatat Transaksi Keuangan

Untuk dapat melakukan pencatatan transaksi keuangan tersebut setidaknya kita perlu mempersiapkan kode akun transaksi sesuai jenis transaksi yang telah terjadi. Untuk memudahkan dalam proses mencatat transaksi serta mengklasifikasikan transaksi tersebut.

Ada dua cara mencatat transaksi keuangan yang telah terjadi yaitu dengan menggunakan jurnal umum atau menggunakan jurnal khusus.

Untuk perusahaan yang jenis transaksi keuangannya tidak terlalu banyak dalam setiap periode nya dapat memilih pencatatan transaksi keuangannya dengan menggunakan jurnal umum.

Namun apabila untuk perusahaan yang jenis transaksi nya banyak dalam suatu periode dan, memerlukan rincian dari pencatatan transaksi keuangannya maka dapat mencatat transaksi keuangannya dengan menggunakan jurnal khusus.

Setidaknya ada 4 jenis jurnal umum yaitu :

  • Jurnal pembelian,
  • Jurnal penjualan,
  • Jurnal penerimaan kas,
  • Jurnal pengeluaran kas.

– Proses Melakukan Klasifikasi Atas Pencatatan Transaksi Keuangan

Untuk dapat melakukan proses klasifikasi dari catatan transaksi keuangan ini maka kita akan membuatkan buku besar dari setiap transaksi keuangan yang telah tercatat didalam jurnal umum ataupun didalam jurnal khusus.

Sebagai contoh transaksi yang berhubungan dengan transaksi pembayaran melalui kas atau rekening bank. maka seluruh transaksi yang berhubungan dengan akun kas atau bank ini akan di klasifikasi kedalam sebuah buku besar kas atau bank sehingga dapat diketahui besaran saldonya.

– Proses melakukan ikhtisar transaksi keuangan

Didalam proses ikhtisar ini yaitu dengan membuat daftar ringkasan saldo dari buku besar yang sudah dibuat dalam bentuk daftar neraca saldo atau trial balance.

– Melakukan proses pencatatan jurnal penyesuaian

Beberapa transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu periode perlu dilakukan pencatatan jurnal penyesuaian seperti :

  • Pencatatan transaksi penyusutan,
  • Aset tetap perusahaan,
  • Biaya yang masih harus dibayar,
  • Pendapatan yang diterima dimuka,
  • Perlengkapan kantor/pabrik yang telah terpakai serta biaya yang dibayar dimuka.

– Mempersiapkan Neraca Lajur atau Kertas Kerja Keuangan

Pada tahapan ini maka perusahaan akan menyiapkan kertas kerja keuangan atau sering disebut juga dengan neraca lajur dimana berisi tentang :

  • Saldo neraca saldo,
  • Nilai jurnal penyesuaian,
  • Neraca saldo setelah penyesuaian,
  • Laporan laba rugi serta laporan neraca.

– Melakukan Proses Pencatatan Jurnal Penutup

Transaksi yang terkait dengan akun pendapatan, biaya serta prive/dividen sehingga akan menghasilkan laporan keuangan perusahaan perlu dilakukan pencatatan jurnal penutupnya.

– Melakukan Jurnal Pembalik

Perlu dilakukan jurnal pembalik untuk transaksi yang dibuat didalam jurnal penyesuaian seperti biaya yang masih harus dibayar, pendapatan diterima dimuka, biaya dibayar dimuka serta perlengkapan kantor/pabrik yang terpakai.

Setidaknya 8 tahapan tersebut yang akan berulang setiap periodenya didalam perusahaan yang akan membentuk sebagai siklus akuntansi perusahaan.

Nah, bagi Anda yang sekarang ini tengah bingung mencari sebuah jasa yang mampu membantu organisasi bisnis. Mulai dari perencanaan, pengendalian kinerja hingga penyediaan platform pengelolaan bisnis, Finata adalah pilihan yang sangat lengkap.

Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh jasa ini salah satunya yaitu adanya fitur koreksi fiskal yang akan membuat laporan keuangan perusahaan Anda lengkap dengan analisisnya.

Jadi tunggu apalagi! Segera pilih Finata dan nikmati berbagai keuntungannya. Fokusnya adalah pada pengembangan software bisnis yang menitikberatkan para UMKM di Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday