3 Tahapan Siklus Akuntansi Pencatatan Keuangan Perusahaan

by | Aug 31, 2020 | Akuntansi, Laporan Keuangan | 0 comments

Siklus akuntansi merupakan rangkaian proses dalam pengelolaan transaksi keuangan sebuah bisnis atau perusahaan sampai menghasilkan laporan keuangan. dimana prosesnya akan terus berulang dari satu periode waktu ke periode waktu berikutnya.

TAHAPAN SIKLUS  AKUNTANSI

Ada 3 tahapan dalam siklus akuntansi yaitu tahapan input, proses dan output. Tahapan input adalah tahapan dalam mencatat dokumen atau transaksi sesuai standar akuntansi. Dalam akuntansi hasil utama dari tahapan input ini adalah jurnal. Tahapan proses adalah tahapan untuk mengklasifikasikan jurnal keuangan yang selanjutnya dicantumkan dalam buku besar. Sedangkan tahapan output adalah tahapan yang menghasilkan laporan keuangan. Setidaknya ada 4 laporan keuangan utama yang dihasilkan dalam siklus akuntansi yaitu laporan laba/rugi, neraca, perubahan modal, dan laporan arus kas.

 

Tahapan sikuls akuntansi - Finata Software akuntansi dan keuangan bisnisTahapan siklus akuntansi

 

Tahapan Input

Berikut adalah pekerjaan yang harus dilakukan pada tahapan input dalam siklus akuntansi.

  1. Lakukan identifikasi transaksi keuangan

    Identifikasi transaksi keuangan dilakukan dengan cara memilih transaksi mana yang mempengaruhi pergerakan atau perubahan posisi keuangan perusahaan, dan transaksi mana yang tidak. Transaksi yang dicatat dalam akuntansi adalah yang mempengaruhi posisi keuangan perusahaan. Selain itu, transaksi yang dicatat harus memiliki bukti yang biasanya berupa nota, kuitansi, faktur, bukti kas keluar dan lain-lain.

  2. Lakukan input jurnal sesuai dengan transaksi keuangannya

    Input jurnal dilakukan secara berkala dan runtut sesuai kategori transaksinya apakah itu penjualan, pembelian, penyesuaian stok dan lain-lain. Jurnal adalah sebuah riwayat catatan transaksi dalam suatu periode akuntansi. Di dalam jurnal setidaknya terdapat informasi nama transaksi, nominal, hingga waktu transaksi berlangsung.

Tahapan Proses

  1. Pengklasifikasian akun atas catatan jurnal yang sudah dibuat
  2. Membuat ringkasan Saldo akun buku besar dan pengecekan saldo akun buku besar melalui neraca saldo atau trial balance
  3. Lakukan adjustment transaksi akhir periode

Tahapan Output

  1. Menyajikan laporan laba rugi
  2. Menyajikan laporan neraca keuangan
  3. Menyajikan laporan arus kas
  4. Menyajikan laporan perubahan modal

Siklus akuntansi yang berulang dan memakan waktu bisa disederhanakan menggunakan bantuan software Finata . Finata adalah software akuntansi dan keuangan bisnis yang membantu Anda dalam membuat laporan keuangan, hanya dengan menginput transaksi, laporan keuangan secara instan dibuat oleh Finata. Selain itu, dari laporan keuangan tersebut, Finata melakukan diagnosis laporan keuangan dan memberikan informasi yang bermanfaat untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis.

Untuk mempraktikkan siklus akuntansi dengan baik dan benar sesuai dengan teori di atas, bisa Anda pelajari di link ini. Selain siklus akuntansi, Anda juga akan belajar bagaimana cara membaca laporan keuangan, baik itu laporan keuangan arus kas, laporan keuangan perubahan modal, laporan neraca, hingga laporan laba rugi. Indikator yang bisa Anda analisa berupa analisa tingkat keuntungan, analisa kesehatan kas, analisa manfaat hutang, dan analisa efektivitas dan efisiensi kas dan operasional perusahaan.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download