Seruan Presiden Jokowi soal Benci Produk Asing

by | Apr 1, 2021 | Bisnis | 0 comments

produk asing - software akuntansi Finata

Produk Asing VS Produk Dalam Negeri

Baru-baru ini Presiden Jokowi membuat wacana benci produk asing dan mencintai produk dalam negeri. Sebagai pemimpin bangsa tentunya sangat bertanggungjawab untuk mendorong produk lokal atau hasil karya anak bangsa bisa mendapat tempat dan dicintai oleh bangsanya sendiri.

Namun kenyataannya masih banyak regulasi yang menghambat untuk mendorong membuat produk lokal yang valuabel, sehingga ini dimanfaatkan pihak asing untuk menjadikan market dalam negeri dari produk yang dimilikinya.

Berbicara produk tentunya tidak terlepas dari rangkaian proses didalam menghadirkannya dimana tentunya didalamnya termasuk pengorbanan sumber ekonomis atau sering disebut juga dengan biaya didalam menghadirkan produk tersebut.

Sementara produk yang valuable salah satunya dihasilkan oleh sumber daya yang kompeten.

Lantas mengapa produk asing bisa mendapatkan tempat di didalam negeri ?

Jawabannya tentu ada banyak alasan yang bisa dikemukakan, diantaranya karena produk asing tersebut memiliki harga yang relatif murah dan valuable di mata konsumen dalam negeri.

Apakah produk dalam negeri kita tidak mampu bersaing dari sisi harga dan valuable produknya ?

 

Seharusnya BISA !

 

Produk dalam negeripun bisa bersaing secara harga maupun valueable produknya.

Yang terpenting dari sisi regulasi pemerintah harus mampu mengantisipasi perang harga yang tidak wajar yang akan menyebabkan produk dalam negeri akan sulit untuk bersaing dengan produk asing.

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang regulasi harga namun akan membahasnya bagaimana harga produk mampu bersaing dan mempunyai valuable sehingga dapat diterima oleh market dalam negeri dengan pendekatan akuntansi.

Pentingnya Pemahaman Akuntansi

Perusahaan asing sudah lama mengenal akuntansi dan menerapkannya didalam menjalankan kegiatan bisnis mereka sehingga produk mereka mampu merambah pasar yang lebih luas lagi dan mampu bersaing dengan produk lokal yang ada dalam suatu negara.

Berdasarkan persamaan dasar akuntansi bahwa :

Aset = hutang + modal

atau

penggunaan dana (aktiva) = sumber dana (passiva).

Sistem Akuntansi

Bagaimana agar sumber dana ini dapat bertumbuh setiap periodenya maka akan digunakan untuk pengadaan aset ?

Aset merupakan kekayaan suatu entitas bisnis baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud yang digunakan untuk mencetak penjualan atau menghasilkan pendapatan.

Didalam mewujudkan aset ini agar mampu mencetak penjualan atau menghasilkan pendapatan, tentu saja dengan cara membuat atau menghasilkan produk yang valuable dan dibutuhkan oleh market atau pasar.

Bisnis yang baik dan mempunyai visi yang panjang, besar dan berkelanjutan. Maka perlu dibantu oleh suatu sistem yang baik agar dapat mewujudkan visi atau tujuan bisnisnya.

Salah satunya yaitu dengan membuat sistem pengelolaan keuangan sehingga aktivitas penggunaan dana atau penggunaan aset bisnis dapat diukur dan dipertanggungjawabkan.

Sebagai contoh untuk membuat suatu produk yang valuable tentunya memerlukan biaya atau pengorbanan sumber ekonomis. Semua biaya yang terjadi didalam membuat atau menghadirkan produk tersebut harus terukur sehingga akan diketahui berapa harga pokok dari produk yang dihasilkan sehingga dengan begitu akan dapat ditentukan berapa harga jual maupun margin keuntungan yang akan diperoleh dari produk tersebut.

Tanpa sistem pengelolaan keuangan yang baik tentunya ini akan menyulitkan bagi bisnis didalam menentukan kelayakan harga produk dengan baik dan benar.

Sesuaikan Dengan Jenis Bisnis Anda

Kembali kepada tujuan penggunaan dana atau aset bisnis ini yaitu untuk mencetak penjualan atau menghadirkan pendapatan. Sementara penjualan atau pendapatan nilainya dihasilkan dari komponen harga produk dikalikan dengan volume atau jumlah produknya.

Untuk menghasilkan penjualan yang maksimal maka suatu bisnis dapat memanfaatkan kedua komponen tersebut baik komponen harga produk maupun volume atau jumlah produk.

Suatu bisnis dapat saja mengambil margin keuntungan yang kecil, namun jumlah atau volume produk yang akan dijualnya dalam jumlah yang besar, begitupun sebaliknya suatu bisnis dapat memanfaatkan margin atau keuntungan yang besar namun jumlah atau volume yang dijualnya dalam jumlah yang lebih kecil.

Pilihan tersebut tergantung kepada visi dan model bisnis yang digunakan.

Namun dari apa yang telah disampaikan diatas yang paling terpenting untuk dapat menghasilkan suatu produk yang dapat bersaing secara harga dan memiliki valuable perlu digunakan sebuah sistem yang terintegrasi dengan baik khususnya terkait dengan pengelolaan keuangan. 

Software Finata sebagai salah satu software akuntansi yang terintegrasi yang mampu menghasilkan informasi laporan keuangan sekaligus diagnosis bisnis yang sedang dijalankan. Software Finata akan menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday