Rencana Anggaran Biaya (RAB) : Pengertian, Rincian, dan Cara Membuatanya

by | May 22, 2021 | Keuangan, Blog, Laporan Keuangan | 0 comments

RAB-rencana-anggaran-biaya

RAB atau Rencana Anggaran Biaya merupakan hal yang dibuat untuk menentukan perkiraan biaya yang akan dikeluarkan dalam melakukan suatu kegiatan dalam bisnis. Pembuatan RAB ini bertujuan agar biaya dari setiap kegiatan dapat dianggarkan secara baik.

Untuk membuat RAB ini sebetulnya sangat mudah. Dengan bermodalkan Microsoft Excel saja kita sudah dapat membuat RAB dengan baik dan mudah untuk dipahami. Tidak hanya menggunakan Microsoft Excel, dengan menggunakan secarik kertaspun kita bisa membuat RAB ini bila kita sudah memahami konsepnya.

Pengertian RAB

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rencana anggaran biaya (RAB) atau dikenal dengan cost planning adalah perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk suatu kegiatan di dalam sebuah bisnis.

Bisa diartikan bila RAB dapat mengetahui total perkiraan biaya yang dibutuhkan dalam mengerjakan suatu kegiatan baik itu membangun rumah, membangun gedung, penyediaan barang, dan lainnya dari awal hingga selesai.

Rincian yang Wajib Ada di Dalam RAB

  • Uraian pekerjaan. Jika pekerjaan konstruksi biasanya terdapat sub jenis pekerjaan misalnya pekerjaan persiapan, galian, urugan dan pekerjaan pondasi beton.
  • Volume pekerjaan (Unit). Jika di dalam pengadaan barang biasanya digunakan satuan unit. Sedangkan untuk pekerjaan konstruksi kebanyakan dihitung dalam satuan meter persegi (m2), meter kubik (m3), atau unit.
  • Harga satuan. Jika pengadaan barang cukup mengalikan harga satuan dengan unit barang sehingga ditemukan biaya belanja modal. Sedangkan untuk pekerjaan konstruksi dipisah menjadi dua bagian, yaitu harga jasa atau harga jasa berikut materialnya. Kemudian, kalikan volume pekerjaan dengan harga satuan pekerjaan.
  • Total upah pekerja. Upah pekerja ini umumnya hanya untuk pekerjaan jasa konstruksi saja, yaitu didapatkan dari biaya per jam x estimasi waktu pekerjaan x total pekerja.
  • Total material.

Grand Total, yaitu jumlah harga yang didapatkan dari penjumlahan total upah dengan total material atau perkalian volume dengan total upah.

Cara Membuat RAB Sederhana

Membuat RAB sederhana sangatlah mudah, berikut adalah langkah-langkah membuat RAB sederhana

1. Membuat Judul

Buatlah judul di bagian atas tengah lembar kerja RAB.

2. Membuat Tabel

RAB menggunakan format tabel dimana data-data akan tersusun. Jumlah tabel disini biasanya terdiri dari Nomor, nama pekerjaan, volume, satuan, harga satuan, harga total. Tetapi jumlah tabel ini dapat berubah tergantung dari kebutuhan sesuai dengan pekerjaan.

membuat RAB

3. Isi Tabel

Langkah berikutnya adalah mengisi data untuk tabel yang tadi dibuat. Masukan data sesuai kolom pada tabel.

membuat RAB

4. Harga total, Sub total dan Grand Total

Pengisian untuk Harga total adalah harga satuan dikalikan dengan volume. Kemudian untuk Sub total dan grand total adalah jumlah dari harga yang berada di atasnya, Sub total didapatkan dari penjumlahkan harga total, dan Grand total didapat dari penjumlahan seluruh Sub total yang ada.

Bila anda membuat RAB secara manual pada secarik kertas, Anda tinggal menghitungnya menggunakan kalkulator ataupun hitung secara manual. Namun, bila anda menggunakan Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan rumus yang tersedia di Microsoft Excel.

Rumusnya cukup mudah, bisa dilihat di bawah ini :

Harga Total : =C5*E5

Sub Total : =F5+F6+F7+F8+… atau bisa juga dengan menggunakan =SUM(F5:F8)

Grand Total : =F10+F17

Sebetulnya rumus ini sudah tidak asing lagi bila Anda sudah biasa menggunakan Microsoft excel, Bila tidak ada kemungkinan Anda akan sedikit bingung melihat rumus tersebut.

Membuat Rencana Anggaan Biaya bisa dibuat secara sederhana terlebih dahulu.  Anda bisa memantau perkembangan usaha dari tertibnya laporan keuangan yang disiplin. Perusahaan yang beranjak mapan mungkin bisa mencari tenaga yang ahli di bidang keuangan. Namun sebagai pemula Anda bisa juga membuatnya sendiri secara sederhana dengan panduan yang ada. Sekarang, segeralah membuat Rencana Anggaan Biaya dengan panduan cara membuat Rencana Anggaan Biaya Sederhana.

Di jaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita. Gunakan Aplikasi Akuntansi Finata untuk mempermudah pekerjaan akuntansi dan juga mendiagnosis kesehatan bisnis Anda.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.