Purchase Order (PO) : Pengertian dan Manfaatnya

by | Apr 29, 2021 | Akuntansi, Bisnis | 0 comments

purchase-order

Mungkin kita sering mendengar kata PO atau Purchase Order. Tapi masih banyak dari kita yang tidak mengetahui sebetulnya apa itu PO?

Purchase Order atau PO ini bisa diartikan dalam bahasa indonesia sebagai pesanan pembelian. PO di dalam sebuah bisnis merupakan dokumen yang berisi permintaan atas kebutuhan stok barang dan dikirim dari pihak pembeli kepada penjual.

Yuk kita bahas.

Definisi Purchase Order (PO)

Pengertian singkat dari purchase order adalah pesanan pembelian. Pesanan pembelian ini dibuat oleh pembeli atau konsumen. Dimana nanti konsumen akan akan menyertakan sebuah dokumen berisi keterangan produk yang dia beli secara detail.

Pengertian lain bisa juga disebut sebagai kontrak perjanjian dimana penjual akan membantu pembeli untuk mendapatkan barang yang diinginkan, tetapi tentu saja sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh penjual itu sendiri. Jadi tidak bisa kita tiba-tiba minta barang yang tidak dijual oleh si penjual ya.

Jika dalam perusahaan yang memiliki beberapa departemen atau divisi, sebelum melakukan PO biasanya departemen yang memerlukan pengadaan barang memerlukan purchase requestion atau PR. Setelah dokumen PR disetujui oleh pemegang otoritas barulah diteruskan menjadi pesanan pembelian atau PO itu sendiri.

Informasi di dalam Purchase Order

Di dalam PO, dokumen diberikan oleh pelanggan atau pembeli kemudian diberikan dan direalisasikan oleh penjual. Informasi yang terkandung di dalam dokumen PO ini dibuat secara detail sesuai dengan permintaan dari pembeli. Informasi tersebut adalah sebagai berikut :

 

1. Identitas pembeli

Pelanggan diharuskan menyertakan identitas di dalam dokumen PO. Identitas ini tidak hanya sebatas nama, namun beberapa informasi identitas lain yang dibutuhkan untuk pengiriman. Anda tidak mau kan pesanan anda tertukar dengan orang lain?

2. Nomor Telepon

Nomor telepon wajib dicantumkan di dalam dokumen PO. Hal ini bermaksud agar penjual dapat memberikan informasi kepada pembeli tentang produk yang dipesan dari waktu ke waktu. Informasi yang diinfokan bisa saja berupa kendala, ketersediaan, atau hal lainnya.

3. Alamat

Sudah bisa dipastikan kalau alamat juga wajib untuk dicantumkan, karena ini berkaitan dengan pengiriman barang pada saat produk sudah siap dikirim. Alamat disini harus lengkap ya, isinya seperti Nama jalan, nomor rumah, kode pos, nama penerima, no.telp penerima, pokoknya selengkap mungkin ya.

4. Ekspedisi

Pilihan ekspedisi juga harus dicantumkan di dalam dokumen PO. Pilihan ekspedisi ini bermaksud agar pembeli dapat merasa nyaman dengan ekspedisi yang dia percayai sebagai jasa pengiriman barang.

5. Keterangan Barang

Merupakan Karakteristik dari produk yang dipesan. Karakteristik ini meliputi jenis produk, ukuran, warna, jenis, model, dan lainnya.

 

Setelah purchase order telah dibuat dan dikirim ke penjual, penjual kemudian memutuskan apakah akan menerima kontrak atau tidak. Jika purchase order atau PO diterima, artinya penjual telah setuju untuk menjual produk dan jumlah yang tercantum pada harga yang ditetapkan oleh pembeli.

Kemudian penjual akan mengeluarkan faktur (invoice) kepada pembeli berdasarkan pesanan pembelian.

Manfaat Purchase Order

Manfaat dari adanya dokumen PO adalah sebuah usaha atau bisnis bisa menentukan harga dan potongan sesuai keinginan penjual kepada pembeli dan mencatatnya secara terperinci.

Ketersediaan barang juga lebih jelas dan lebih aman sehingga tidak ada kekecewaan dari pelanggan karena barang yang diinginkannya habis. Usaha atau bisnis juga bisa terhindar dari penipuan. Sama halnya dari sisi pelanggan, potensi kemungkinan semakin kecil bahkan bisa tidak ada sama sekali karena semua tercatat secara detail.

Pembuatan dokumen purchase order sebetulnya sangat mudah dibuat menggunakan software aplikasi Finata. Selain dokumen PO, aplikasi Finata juga dapat membuat faktur, pembayaran uang muka, laporan keuangan, dan lain-lain. Bahkan aplikasi Finata merupakan satu-satunya aplikasi akuntansi yang dapat memberikan diagnosis kesehatan bisnis Anda.

Yuk tunggu apalagi? Cobain dulu aja, daftar gratis selama 14 hari koq..

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday