Pengertian dan Jenis PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan)

by | May 27, 2021 | Akuntansi, Keuangan | 0 comments

psak-pernyataan-standar-akuntansi-keuangan

Banyak hal yang harus kita ketahui saat mendalami ilmu akuntansi. Dalam ilmu akuntansi, kita mengenal istilah PSAK yang merupakan singkatan dari Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Sebagai seorang akuntan, kita diwajibkan untuk mempelajari mengenai PSAK tersebut.

Kali ini Refita akan membahas tentang PSAK ya.. Silahkan disimak.

Pengertian Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, PSAK merupakan singkatan dari pernyataan standar akuntansi keuangan. Standar ini merupakan pedoman atau prosedur wajib seorang akuntan dalam membuat laporan keuangan akuntansi.

PSAK menetapkan dasar-dasar komponen dalam penyajian laporan keuangan yang bertujuan untuk membandingkan laporan keuangan tersebut dengan laporan keuangan sebelumnya atau laporan keuangan lain.

Selain itu, PSAK juga memberikan informasi penting terkait laporan keuangan aset perusahaan, liabilitas ekuitas, kontribusi dari pemilik, distribusi kepada pemilik, laba rugi, hingga laporan arus kas perusahaan.

PSAK ditetapkan dan disusun oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) berdasarkan situasi dan kondisi yang sedang berlangsung dan disepakati oleh institut dan lembaga resmi di Indonesia.

5 Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia

Terdapat 5 standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia. 5 poin tersebut diterbitkan oleh 3 Dewan Akuntansi di Indonesia yaitu :

  • Dewan Standar Ikatan Akuntansi Indonesia atau DSAK IAI telah menerbitkan 3 standar akuntansi,
  • Dewan Akuntansi Syariah menerbitkan 1 standar akuntansi, dan
  • Komite Standar Akuntansi Pemerintah (KSAP) menerbitkan 1 acuan standar.

Standar akuntansi tersebut telah diterapkan oleh entitas di Indonesia baik yang berstatus swasta ataupun lembaga negara. Berikut adalah standar akuntansi tersebut :

1. PSAK – IFRS

Standar akuntansi yang pertama adalah PSAK-IFRS. PSAK-IFRS adalah singkatan dari Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan – International Financial Report Standard.

PSAK-IFRS ini digunakan oleh seluruh badan usaha yang memiliki jenis akuntansi publik. Badan usaha tersebut biasanya terdaftar sebagai emiten di pasar modal. Contoh entitas yang menggunakan standar ini yaitu :

  • BUMN
  • Perusahaan Dana Pensiun
  • Lembaga Perbankan

2. PSAK-ETAP

PSAK-ETAP merupakan singkatan dari Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan – Entitas Tanpa Asuransi Publik. Jenis standar ini biasanya digunakan oleh entitas atau badan usaha yang mempunyai akuntansi publik namun tidak signifikan.

ETAP ini dibuat hanya untuk memberikan tujuan umum kepada pengguna eksternal saja. Standar ETAP ini merupakan penyederhanaan dari Standar IFRS. Penyederhanaan ini dikarenakan pada standar ETAP tidak menyajikan laporan laba rugi yang komprehensif, serta tidak adanya penilaian untuk aset tetap dan aset tidak berwujud.

3. PSAK-Syariah

PSAK-Syariah adalah salah satu standar akuntansi yang diterbitkan oleh Dewan Akuntansi Syariah. Standar berbasis syariah ini tergolong baru yang bertujuan untuk menyelenggarakan lembaga berbasis syariah yang ada di Indonesia.

Pengembangan standar akuntansi ini dibuat berdasarkan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Standar akuntansi ini diterapkan pada lembaga-lembaga dengan basis syariah seperti Bank syariah, badan zakat, dan lainnya.

4. PSAK-EMKM

EMKM ini Merupakan PSAK Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah merupakan standar akuntansi yang diterbitkan untuk entitas yang belum mampu memenuhi persyaratan sesuai standar akutansi ETAP.

Entitas yang menggunakan SAK-EMKM sebagai pedoman penyusunan laporan keuangan dapat membuatnya secara eksplisit serta tanpa terkecuali mengenai kepatuhan pada SAK-EMKM di catatan laporan keuangan.

5. SAP

SAP adalah singkatan dari Standar Akuntansi Pemerintah yang merupakan standar akuntansi yang diterbitkan oleh Komite SAP. Tujuan dari SAP adalah menciptakan susunan laporan keuangan untuk menjamin transparasi, partisipasi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dengan baik.

Pembuatan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) atau Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) mengacu pada jenis ini.

Pembuatan Laporan Keuangan Wajib Mengikuti PSAK yang Berlaku

Sejak tahun 2020, PSAK 71, 72, dan 73 wajib diimplementasikan. PSAK 71 merupakan instrumen yang mengatur tentang keuangan, PSAK 72 merupakan instrumen yang mengatur tentang pendapatan dari kontrak dengan konsumen, dan PSAK 73 merupakan instrumen mengenai sewa-menyewa.

Laporan yang disusun sesuai dengan PSAK membuat pengguna laporan keuangan lebih mudah untuk membandingkannya dengan laporan sebelumnya atau laporan yang lain. Karena itu, PSAK menjadi hal yang wajib dibuat oleh perusahaan.

Bagi Anda yang sekarang ini tengah bingung mencari sebuah jasa yang mampu membantu organisasi bisnis. Mulai dari perencanaan, pengendalian kinerja hingga penyediaan platform pengelolaan bisnis, Finata adalah pilihan yang sangat lengkap.

Ada banyak sekali keunggulan yang ditawarkan oleh jasa ini salah satunya yaitu adanya fitur koreksi fiskal yang akan membuat laporan keuangan perusahaan Anda lengkap dengan analisisnya.

Jadi tunggu apalagi! Segera pilih Finata dan nikmati berbagai keuntungannya.  Demikian sedikit ulasan singkat tentang definisi akuntansi beserta fungsi dan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday