Prospek Artinya? Pengertian dan Cara Mendapatkan Prospek

by | Jul 5, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

prospek

Para pengusaha pasti sudah tidak asing dengan istilah prospek. Sebelum melakukan sebuah bisnis, pengusaha biasanya akan melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu apakah bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik atau sebaliknya.

Arti prospek menurut KBBI adalah suatu harapan atau kemungkinan. Bila diartikan secara sederhana, prospek ini berarti suatu potensi yang dimiliki untuk menghasilkan dampak tertentu. Bila dikaitkan dengan bisnis, dampak disini adalah suatu keuntungan untuk bisnis tersebut

Pengertian Prospek

Secara sederhana, prospek adalah calon pembeli/konsumen/pelanggan yang memiliki keinginan terhadap suatu produk atau jasa. Dimana calon pelanggan ini nantinya akan diharapkan dan memiliki kemungkinan untuk membeli barang atau jasa yang dimiliki oleh sebuah bisnis.

Pengertian Prospek Menurut Ahli

Beberapa ahli juga memiliki pengertian sendiri mengenai prospek ini, beberapa diantaranya adalah :

– Siswanto Sutojo : 1945

Prospek adalah suatu gambaran jelas terkait peluang dan juga ancaman dari suatu aktivitas pemasaran dan juga penjualan di masa yang akan datang.

– Bilson Somamora : 2001

Prospek adalah kelompok, organisasi, atau individu yang dinilai memiliki potensi dalam melakukan suatu pertukaran bisnis, atau calon pembeli yang memiliki kemauan pada suatu produk ataupun jasa.

– M Ridki Zarkasyi : 2013

Prospek adalah suatu gambaran keberlangsungan suatu ide di masa depan yang berupa peluang yang masih harus diadaptasikan dengan berbagai keterbatasan dan kondisi yang melingkupinya.

– Paul R. Krugman

Prospek adalah peluang yang timbul atas usaha seseorang yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan meraih kemungkinan.

– Djasmin

Prospek adalah kebijakan yang diambil perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang dengan cara memanfaatkan semua peluang dan mengatasi semua hambatan yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.

Istilah prospek lebih sering digunakan dalam dunia bisnis untuk menentukan kemungkinan-kemungkinan peluang dan risiko yang akan muncul dalam kegiatan pemasaran dan penjualan yang bersifat tidak pasti. Karena itulah definisi para ahli di atas merupakan definisi berdasarkan sudut pandang bisnis atau perusahaan.

Pengertian Prospek Menurut Penempatannya

Selain di dunia bisnis, istilah prospek juga digunakan di beberapa tempat lainnya. Tempat-tempat tersebut adalah sebagai berikut :

– Pekerjaan

Di dalam dunia kerja, dikenal dengan istilah prospek kerja. Prospek kerja adalah peluang kerja yang tersedia di masa depan. Contoh dari prospek ini adalah dokter dimana prospek untuk menjadi seorang dokter ialah mahasiswa jurusan kedokteran saja.

– Karir

Prospek karir adalah peluang bagi seorang karyawan untuk mendapatkan promosi dan jenjang karir yang lebih baik di dalam suatu perusahaan di masa yang akan datang.

– Usaha

Prospek usaha adalah gambaran tentang keberlangsungan suatu usaha di masa depan yang memiliki kemungkinan untuk menjadi lebih baik, bertahan di posisi saat ini, atau bangkrut.

– Ekonomi

Prospek ekonomi adalah suatu gambaran kondisi ekonomi pada suatu negara pada masa yang akan datang. Contoh prospek ini adalah bila suatu negara dilanda krisis, banyaknya hutang, dan sering terjadi peperangan maka prospek ekonomi di negara tersebut sangalah buruk.

Cara Menemukan Prospek atau Calon Pelanggan

Mencari calon pelanggan merupakan pekerjaan yang sulit. Para marketing bekerja keras dalam menemukan cara untuk dapat menarik pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Namun, ada beberapa cara yang biasanya dilakukan oleh para marketing dalam mencari calon pelanggan ini. Beberapa cara tersebut adalah :

– Tokoh Masyarakat

Di dalam suatu daerah pasti memiliki seorang tokoh masyarakat yang disegani. Tokoh masyarakat tersebut dapat seorang tokoh agama, tokoh sosial, atau lainnya.
Dengan meminta bantuan dari tokoh masyarakat tersebut dalam mencari prospek untuk bisnis yang ditawarkan. Tapi jangan lupa untuk memberi tanda jasa pada tokoh tersebut bila prospek membeli produk atau jasa Anda.

– Demo di Tempat

Cara ini dilakukan dengan mengunjungi dan meminta izin pada pemilik tempat terlebih dahulu. Dengan melakukan demo di tempat yang ramai maka kita akan mudah dalam mengenalkan produk atau jasa kita secara langsung kepada calon pelanggan.

– Keliling

Keliling atau dikenal dengan kata canvassing adalah kegiatan pada marketing dengan cara berkeliling dalam menawarkan produk yang dijual. Metode ini dilakukan dengan cara berkeliling di suatu daerah bisa dengan membawa brosur, dan mengenalkan langsung kepada calon pelanggan.

Hal yang Harus Diperhatikan pada Prospek

Setelah Anda mengetahui pengertian dan cara menemukan prospek, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal untuk dapat menarik hati prospek Anda tersebut. Hal ini dilakukan agar semua kegiatan yang Anda lakukan menjadi maksimal.

– Komunikasi

Komunikasi merupakan hal paling dasar yang akan dilakukan dengan calon pelanggan kita. Dengan melakukan komunikasi dengan baik dan sopan maka diharapkan akan tercipta suatu kepercayaan terhadap diri Anda dari calon pelanggan. Komunikasi disini dapat berupa obrolan secara langsung, telepon, media sosial, ataupun email.

– Membangun Hubungan yang Personal

Langkah selanjutnya adalah membangun hubungan dengan prospek. Hubungan transaksi jual beli adalah hubungan bisnis yang dilakukan secara formal. Namun, ada baiknya Anda menjalin suatu pertemanan dengan prospek Anda tersebut.

Tujuan dari hal ini adalah menciptakan suatu kedekatan emosi yang dapat membuat prospek lebih mempercayai Anda. Metode pendekatannya adalah dengan mendekati prospek secara personal dan berbicara mengenai hal personal di luar hal bisnis.

– Menjadi Orang yang dapat dipercaya

Sebaik-baiknya produk atau jasa yang Anda tawarkan tetap tidak akan diminati oleh prospek bila Anda tidak dapat dipercaya oleh prospek tersebut.

Anda perlu melakukan pelayanan, kualitas, dan komunikasi dengan baik agar prospek dapat mempercayai Anda dan juga produk/jasa yang Anda tawarkan.

Itulah beberapa hal yang mungkin perlu diketahui tentang prospek. Mendapatkan prospek adalah hal yang sulit, namun mempertahankannya akan jauh lebih sulit. Kepercayaan dari prospek kepada kita adalah hal yang perlu dipertahankan agar prospek tidak berpaling ke lain pihak.

Segala macam jenis kegiatan perusahaan membutuhkan sistem akuntansi yang baik. Dengan adanya sistem akuntansi dan laporan keuangan yang baik diharapkan segala bisnis perusahaan tersebut tetap sehat dan terus berguna bagi kepentingan banyak orang.

Membuat laporan keuangan merupakan hal yang sulit bagi kebanyakan orang. Kesalahan dalam membuat dan membaca laporan keuangan dapat berakibat fatal bagi bisnis yang sedang dijalani. Karena itu Finata hadir untuk mempermudah kita dalam membuat dan membaca laporan keuangan tersebut.

Dengan fitur diagnosis bisnis yang dimiliki oleh Finata, pemilik usaha akan mendapatkan notifikasi mengenai kesehatan usaha. Notifikasi inilah yang akan menjadi patokan yang akan membantu pemilik usaha dalam pengambilan keputusan untuk usahanya.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday