Pre Order : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

by | Jun 8, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

pre-order

Pre order pasti bukanlah kata yang asing untuk para penikmat berbelanja online. Pre order merupakan metode berbelanja yang banyak diminati oleh para pemilik toko online karena cara kerjanya yang sangat membantu dalam mendapatkan modal usahanya.

Dengan banyaknya masyarakat, tidak sedikit juga orang belum mengerti mengerti mengenai pre order itu. Nah disini refita akan membahasnya.

Pengertian Pre Order

Pre order adalah sistem pemesanan barang dimana barang tersebut belum diproduksi namun akan segera diluncurkan dan dijual. Pre order mengharuskan konsumen untuk membayar uang muka ataupun membayar penuh untuk barang yang belum diproduksi tersebut. Konsumen akan menerima barang yang dibeli pada saat barang telah tersedia dalam waktu tertentu.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bila pre order merupakan metode pembelian yang paling disukai oleh pebisnis. Hal ini dikarenakan karena pebisnis tidak memerlukan modal untuk dapat memproduksi barang yang akan dibuat.

Pre order juga diminati oleh konsumen yang memiliki ketertarikan tinggi kepada barang yang ditawarkan. Dikarenakan konsumen akan mendapatkan produk tersebut paling pertama daripada kebanyakan orang yang harus menunggu waktu resmi barang tersebut dijual. Selain itu juga dalam beberapa kasus barang yang di pre order merupakan edisi terbatas yang tidak akan diproduksi lagi dikemudian hari.

Kelebihan dan Kekurangan Pre Order

Setiap metode bisnis selalu ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Begitu pula dengan sistem pre order. Berikut penjelasannya :

– Kelebihan Pre Order

  • Meminimalisir Modal karena sistem ini pembeli diharuskan membayar uang muka atau penuh pada saat memesan.
  • Produk yang diproduksi pasti laku karena kita hanya perlu memproduksi sesuai dengan jumlah pembeli saja.
  • Jenis produk dapat beragam karena kita dapat menentukan sendiri produk apa yang akan diproduksi.

– Kekurangan Pre Order

  • Waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi biasanya akan memakan waktu lama, bahkan lebih lama daripada barang yang sudah ready stock. Hal ini biasanya menjadi masalah utama untuk konsumen yang ingin cepat-cepat mendapatkan produk tersebut. Penjual diharuskan mampu menangani pembeli yang merasa kurang puas karena harus menunggu dengan waktu yang lama.
  • Untuk bisnis retail, kadang mendapati kasus dimana stok dari supplier sudah habis ketika sistem Pre Order kita dibuka. Bila proses memperoleh barang baru sangat lama, Anda diharuskan membatalkan Pre Order ini dan mengembalikan uang muka atau seluruh uang yang telah dibayarkan oleh pembeli.

Saat Yang Tepat Untuk Pre Order

Pre order tentu sangat menarik bagi penjual maupun pembeli karena keduanya memiliki keuntungannya sendiri. Namun kapan sebaiknya pre order itu dijalankan?

– Saat memiliki produk baru

Untuk brand atau merk ternama, memiliki produk baru merupakan hal yang ditunggu oleh sebagian masyarakat penikmat merk kita. Pada saat meluncurkan produk terbaru ini akan banyak orang yang tertarik dan ingin menjadi orang pertama yang mendapatkan produk tersebut.

– Produk Premium terbatas

Pada saat hari raya besar seperti Idul Fitri, Natal, Ataupun hari besar lainnya tentu menjadi waktu yang tepat dalam membuat produk premium edisi terbatas yang menggunakan tema hari besar tersebut. Hal ini sangat menarik untuk konsumen, karena konsumen akan mendapatkan produk yang sangat jarang dimiliki oleh orang lain.

– Diskon untuk Produk yang Sudah Ada

Siapa disini yang tidak suka diskon? Hampir tidak akan ada orang yang menolak untuk mendapatkan diskon atau potongan harga. Momen ini juga dapat dimanfaatkan untuk penjualan produk dalam sistem pre order. Dengan memanfaatkan momen ini dapat meningkatkan penjualan di toko Anda.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday