Prakerja : Pengertian, Sumber Dana dan Efektivitasnya

by | Aug 30, 2021 | Blog | 0 comments

prakerja

Dalam mendukung perekonomian di Indonesia, pemerintah menyelenggarakan program kartu prakerja. Kartu prakerja ini dinilai akan efektif dalam menekan jumlah pengangguran dan korban PHK akibat minimnya ilmu yang dimiliki oleh masyarakat.

Namun, sejak krisis dan pandemi Covid-19 pada awal 2020 lalu, kegiatan perekonomian dan sosial terkena imbas yang sangat signifikan sehingga memaksa pemerintah dalam mempercepat realisasi program pembagian dan pengadaan kartu prakerja ini.

Apa itu Kartu Prakerja?

Dilansir dari wikipedia, Kartu Prakerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan. Kartu tersebut dipromosikan oleh Joko Widodo pada masa kampanye Pemilihan umum Presiden Indonesia 2019, bersama dengan KIP Kuliah dan Kartu sembako murah.

Sebagai contoh, dalam sebuah kampanye Pemilu 2019 lalu di Senayan, 10 Maret 2019, ia akan menjalankan program ini jika ia terpilih sebagai presiden sebagai jalan bagi para pendaftarnya untuk memasuki dunia kerja. Selain memberdayakan, kartu tersebut juga dinyatakan dapat menanggulangi kemiskinan. Kartu tersebut juga dinilai efektif untuk Industri 4.0.

Setiap pemohon atau pendaftar yang telah lulus seleksi dan mendapatkan atau memegang Kartu Prakerja secara langsung dapat mengikuti berbagai kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja mereka.

Kartu tersebut hanya dikhususkan bagi anak muda yang baru tamat SMA/SMK atau perguruan tinggi dan diberi tunjangan untuk biaya pelatihan kerja dalam jangka waktu 6-12 bulan saja.

Juru Debat BPN Prabowo-Sandi, Ledia Hanifa menilai program tersebut bisa membuat ketergantungan karena pemegang kartu tetap digaji meskipun belum mendapat pekerjaan.

Badan Pusat Statistik merilis hasil temuan yang mengindikasikan bahwa 66% pemegang Kartu Prakerja adalah mereka yang merupakan golongan pekerja penuh, bukan golongan pencari kerja atau korban PHK. Namun demikian, BPS menyatakan bahwa meskipun mereka bekerja, namun mengalami penurunan jam kerja sehingga dapat dikatakan sebagai pekerja paruh waktu.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Manfaat & Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Dengan mengeluarkan Kartu Prakerja 2020 yang lebih awal di bulan April ini mengingat dampak pandemi corona yang besar terhadap perekonomian Indonesia, maka pemerintah berharap kartu ini akan memberikan manfaat dan solusi seperti :

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.
  • Mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai. 
  • pelatihanMenjadikan komplemen dari pendidikan formal.
  • Insentif Pasca Pelatihan.

Beberapa Syarat dan Benefit mendaftar Program Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:

  • Program Kartu Prakerja adalah program pelatihan yang dibiayai oleh pemerintah.
  • Semua orang yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah / kuliah dapat mendaftar.
  • Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu akan mendapatkan insentif dalam bentuk biaya setiap bulannya. Adapun total yang didapatkan tergantung pada saat semester prakerja dibuka dengan bentuk terdiri dari Biaya pelatihan sebesar, Insentif Pasca pelatihan sebesar selama 4 Bulan, dan insentif survey keberkerjaan.
  • Informasi Lengkap syarat dan ketentuan bisa cek di https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan

Sumber Dana Kartu Prakerja

Dalam pesan singkat kepada Tempo, Kamis, 7 Maret 2019, Ace memberi tahu bila anggaran dan kebijakan ini dapat dilakukan dengan dua hal.

Pertama, ujar Ace, program kartu anyar itu bisa dibiayai melalui skema anggaran negara. Sebabnya, pendidikan keahlian dan vokasi sejatinya sudah banyak dilakukan di berbagai kementerian, misalnya Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perindustrian, hingga Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Kartu Prakerja itu, menurut Ace, dapat mengintegrasikan dan menyempurnakan program-program yang telah ada.

Selain melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Ace berujar pemerintah juga bisa menggandeng pihak swasta yang membutuhkan tenaga kerja terampil siap pakai. Dunia usaha dan industri, kata dia, bisa dilibatkan untuk mempersiapkan SDM yang dibutuhkan. Dengan demikian, ia meuturkan program kartu prakerja bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga mendorong perekonomian yang lebih mandiri.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Efektivitas Kartu Prakerja di Tengah Pandemi Covid-19

Menurut Yoshua Consuello, pengurus Moot Court Community (MCC) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, dalam artikelnya “Analisis Efektifitas Kartu Pra-kerja di Tengah Pandemi Covid-19”, mendedah program yang digulirkan pemerintah dalam merespons keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19 itu.

Kartu Prakerja diluncurkan dengan dasar Peraturan Presiden Nomor 36 tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja melalui Program Kartu Pra-Kerja. Kartu sakti di era pemerintahan Joko Widodo ini memberikan dana bagi pesertanya.

Kartu Prakerja pada awalnya untuk mempersiapkan tenaga kerja dengan berbagai macam soft skill. Tujuan awal ini berubah ketika Covid-19 melanda Indonesia, banyak perusahaan yang gulung tikar, banyak pekerja yang di-PHK. Angka pengangguran meningkat. Pemerintah akhirnya memutuskan meng-cover orang-orang yang terkena PHK akibat pandemi Corona.

Yoshua Consuello mengatakan, ditinjau dari kacamata Konstitusi, program Kartu Prakerja merupakan wujud pengimplementasian pasal 27 Ayat (2) UUD 1945 bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. 

Namun bentuk Kartu Prakerja dinilai sebatas memberikan penghidupan layak bukan menyediakan lowongan kerja. Pemerintah tidak memberi jaminan apakah setelah mengikuti rangkaian kegiatan yang terdapat dalam program Kartu Prakerja, akan mendapat pekerjaan atau tidak.

Termasuk jaminan yang diberikan terhadap para pekerja/buruh yang sudah di PHK oleh pemilik perusahaan, apakah mereka akan mendapatkan pekerjaannya kembali setelah badai Covid-19 ini berakhir.

Ia lalu menganalisis data dari Badan Pusat Statistik (BPS) tentang tingkat pengangguran terbuka per-Februari 2018 sebesar 5,13%. Angka ini tergolong besar karena menjadi salah satu indeks yang menjadi tolok ukur bagi sebuah negara yang masih terjebak ke dalam kesejahteraan dan kemiskinan.

Pengangguran sendiri kerap bersinggungan dengan kemiskinan. Menurut BPS, seseorang dikatakan miskin bila tidak mampu memenuhi kebutuhan dasarnya. Kata Yoshua Consuello, kemiskinan di Indonesia masuk ke dalam jenis kemiskinan struktural yang terjadi karena struktur sosial yang timpang, yang tidak menguntungkan bagi golongan yang lemah. Salah satu penyebab kemiskinan struktural ialah ketidaktepatan kebijakan di bidang lapangan kerja atau lowongan kerja.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday