Perusahaan Manufaktur: Pengertian dan Jenisnya

by | Jun 22, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

perusahaan-manufaktur

Perusahaan di Indonesia sangatlah banyak. Jenis perusahaan tersebut juga beragam, salah satunya adalah perusahaan manufaktur. Perusahaan manufaktur cukup banyak di Indonesia karena didukung dengan jumlah penduduk yang banyak pula.

Namun apa sih sebenarnya perusahaan manufaktur itu?

Pengertian Perusahaan Manufaktur

Secara singkat, perusahaan manufaktur adalah salah satu jenis badan usaha yang mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

Biasanya perusahaan manufaktur sering dikaitkan dengan pabrik yang mengoperasikan mesin, peralatan, teknik rekayasa, dan tenaga kerja. Dimana semua perlengkapan tersebut dipadukan agar dapat menghasilkan suatu produk setengah jadi atau produk jadi sesuai dengan tipe perusahaannya.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa wilayah yang ditetapkan sebagai daerah industri yang di dalamnya terdapat macam-macam perusahaan manufaktur. Contoh daerah tersebut antara lain Cibitung, Cikarang, hingga Pulogadung.

Jenis Perusahaan Manufaktur

Ada banyak sekali jenis perusahaan manufaktur di seluruh dunia. Perusahaan manufaktur ini bergerak di bidangnya masing-masing untuk mendapatkan hasil terbaik untuk dipasarkan. Beberapa contoh jenis perusahaan manufaktur adalah sebagai berikut :

– Makanan

Industri makanan adalah industri yang paling dibutuhkan karena merupakan hal primer dalam kehidupan makhluk hidup. Pada jenis perusahaan ini, bahan baku yang diperlukan umumnya berasal dari hewan dan sayuran kemudian diolah menjadi makanan.

Produk dari perusahaan industri makanan ini akan dijual ke perusahaan dagang dan pedagang grosir/pengecer untuk dapat dijual kembali kepada konsumen.

– Otomotif

Kebutuhan transportasi tidak kalah penting dalam kehidupan di jaman modern seperti saat ini. Perusahaan industri otomotif merupakan perusahaan yang berfokus pada teknologi yang dimanfaatkan untuk menjadi alat transportasi. Perusahaan otomotif ini juga selalu mengembangkan teknologi terbaru untuk diaplikasikan pada produk baru yang akan diproduksi.

Perusahaan industri otomotif memiliki produk seperti mobil, sepeda motor, dan alat transportasi lain sesuai tipe perusahaan tersebut.

– Elektronik

Perusahaan industri elektronik hampir serupa dengan perusahaan otomotif sebelumnya. Perusahaan elektronik juga mengembangkan dan mengaplikasikan teknologi terbaru untuk produk yang diproduksi. Produk dari perusahaan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat di era modern saat ini.

Contoh produk yang diproduksi oleh perusahaan industri elektronik adalah televisi, komputer, laptop, handphone, dispenser, kulkas, AC, dan lainnya.

– Tekstil dan Garmen

Merupakan perusahaan industri yang bekerja dengan menggunakan bahan baku dari kapas dan benang. Perusahaan ini mengolah bahan baku tersebut untuk dijadikan kain. Setelah itu perusahaan ini juga akan memproduksi pakaian seperti baju, celana, dan lainnya dari kain tersebut.

Industri ini membutuhkan banyak tenaga kerja sehingga menjadi jenis perusahaan  yang memiliki tenaga kerja terbanyak di Indonesia. Selain karena pakaian merupakan kebutuhan dasar bagi manusia, perubahan jenis fashion yang sangat cepat juga membuat jenis perusahaan ini selalu berproduksi.

– Kerajinan

Industri kerajinan merupakan jenis perusahaan yang banyak di Indonesia. Perusahaan ini umumnya hanya berskala kecil ataupun menengah saja.

Namun dalam nilai devisa yang dihasilkan, perusahaan industri kerajinan ini mempunyai peran yang cukup besar dalam memajukan perekonomian Indonesia karena hasil dari industri kerajinan ini mayoritas adalah kebutuhan untuk konsumsi luar negeri atau ekspor.

Bahan baku dari jenis industri ini beragam, mulai dari bahan yang berasal dari pepohonan, plastik, kaca, dan lainnya. Banyak juga industri ini yang memperoleh bahan baku dari barang bekas yang ramah lingkungan untuk didaur ulang dan dijadikan produk baru dengan nilai jual yang tinggi.

Metode Penjualan Manufaktur

Setiap perusahaan memiliki metode produksi, pemasaran, dan penjualan yang berbeda-beda. Namun, secara garis besar metode penjualan dari perusahaan manufaktur adalah sebagai berikut :

– Make to Stock

Metode ini sangat umum digunakan oleh perusahaan. Cara kerja metode ini adalah perusahaan membuat atau memproduksi produk untuk disimpan menjadi stok sebelum menjual produk tersebut. Metode ini biasanya dilakukan oleh perusahaan otomotif, elektronik, dan beberapa perusahaan lainnya.

– Make to Order

Metode ini adalah metode yang umumnya digunakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang furniture. Perusahaan yang menggunakan metode ini akan memproduksi barang sesuai dengan permintaan dari konsumen. Dengan kata lain, metode ini tidak akan memproduksi produk untuk dijadikan stok.

– Make to Assemble

Metode ini adalah campuran dari dua metode sebelumnya. Perusahaan yang menggunakan metode ini biasanya akan membuat stok sesuai dengan desain awal yang ditetapkan. Namun, stok tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan permintaan dari konsumen.

Misalnya sebuah perusahaan elektronik yang membuat laptop. Desain awal yang dijual adalah yang sudah ditetapkan, namun spesifikasi dari laptop tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan permintaan dari konsumen.

Contoh Perusahaan Manufaktur

Ada banyak perusahaan manufaktur di Indonesia hingga tidak akan muat bila dituliskan semuanya di dalam artikel ini. Beberapa contoh perusahaan manufaktur yang terkenal adalah :

  • Astra International, Tbk
  • FPNI atau Titan Kimia Nusantara
  • MAIN atau PT Malindo Feedmill Tbk
  • IKBI atau Sumi Indo Kabel Tbk
  • Ades atau Akasha Wira International Tbk

Perusahaan manufaktur merupakan jenis perusahan yang sangat dibutuhkan oleh kita. Karena dengan adanya perusahaan ini, kita dapat menikmati berbagai jenis produk yang selalu berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi.

Perusahaan manufaktur sendiri tidak akan berkembang bila tidak memiliki manajemen yang baik. Semakin baik perusahaan dalam mengambil keputusan untuk kemajuan perusahaan, maka semakin baik juga perusahaan tersebut.

Pengambilan keputusan itu sendiri tidak luput dari laporan keuangan perusahaan tersebut. Dengan menggunakan laporan keuangan yang baik, maka pengambilan keputusan juga akan semakin baik.

Software Akuntansi Finata hadir untuk memberikan solusi tersebut. Aplikasi Finata ini dapat membantu setiap perusahaan dalam menyusun laporan keuangan dengan baik. Selain itu, aplikasi Finata juga dapat mendiagnosis kesehatan suatu perusahaan berdasarkan laporan keuangan yang telah tersedia.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday