Perusahaan Jasa: Pengertian, Karakteristik, dan Jenisnya

by | Jun 21, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

perusahaan-jasa

Seiring dengan perkembangan jaman dan pertumbuhan tekhnologi, serta kebutuhan yang mempengaruhi hubungan antar manusia semakin banyak. Perusahaan jasa merupakan salah satu jenis perusahaan yang mengalami perkembangan tersebut.

Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang kegiatan produksinya menyediakan barang ataupun jasa bagi konsumen. Lalu sebetulnya apa sih perusahaan jasa itu? Lalu apa saja contohnya?

Pengertian Perusahaan Jasa

Secara singkat, perusahaan jasa adalah unit usaha yang didirikan oleh perseorangan atau kelompok dengan tujuan untuk mendapatkan laba dari pelayanan jasa yang ditawarkan.

Perusahaan jasa melakukan kegiatan bisnisnya dengan menawarkan untuk membantu konsumen dengan keahlian yang dimiliki.

Karakteristik Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa memiliki beberapa ciri-ciri yang terlihat. Contoh ciri-ciri tersebut adalah :

– Menjual Jasa

Perusahaan jasa menjalankan bisnisnya dengan menjual jasa, baik jasa tersebut menjadi sebuah produk yang manfaatnya dirasakan oleh konsumen ataupun hanya berupa jasa tanpa produk fisik.

– Produk yang dijual bukan produk fisik

Perusahaan jasa tidak menjual barang atau produk fisik. Walaupun hasil akhirnya adalah produk fisik, namun yang dijual adalah jasa untuk pembuatan produk fisik tersebut.

– Hasil jasa tidak dapat disamakan

Tidak seperti barang yang akan dijual dalam bentuk yang serupa, jasa adalah hal yang tidak dapat disamakan. Jasa yang diberikan dapat berbeda dari kualitas pelayanan dan kemampuan dari penyedia layanan.

– Tidak memiliki Harga Pokok Produksi

Karena tidak memiliki produk fisik yang dijual, perusahaan jasa tidak memiliki harga pokok produksinya. Jenis perusahaan ini tidak membutuhkan bahan baku produksi sehingga pada laporan keuangannya tidak memberikan informasi mengenai HPP.

– Tidak ada standar Harga

Kebutuhan dari konsumen akan selalu berbeda, maka harga yang diberikanpun akan berbeda pula. Harga jasa tidak berpatok dan akan disesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen itu sendiri.

Jenis Perusahaan Jasa dan Contohnya

Dengan banyaknya kebutuhan dari masing-masing orang, maka jenis dari perusahaan jasa sangatlah banyak dan beragam.

Berikut adalah beberapa contoh perusahaan jasa yang paling familiar :

– Jasa Keuangan

Keuangan merupakan hal yang dibutuhkan oleh perekonomian di setiap negara karena berkaitan langsung dengan uang yang merupakan alat tukar utama di seluruh dunia.

Perusahaan jasa keuangan merupakan perusahaan yang bergerak dalam kepengurusan finansial masyarakat.

Contoh dari perusahaan jasa keuangan adalah Bank, Pegadaian, Perusahaan Asuransi.

– Jasa Transportasi

Transportasi adalah sarana pembantu manusia untuk dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Transportasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menghemat waktu untuk mencapai tujuannya. Transportasi dibagi menjadi 3 jenis yaitu transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara.

Contoh dari perusahaan jasa transportasi adalah PT.KAI sebagai penyedia jasa transportasi darat menggunakan kereta api. Lalu transportasi laut seperti PELNI yang merupakan jasa transportasi laut menggunakan kapal ferry. Dan Garuda Indonesia yang merupakan salah satu penyedia jasa transportasi udara terbesar di Indonesia.

– Jasa Telekomunikasi

Perusahaan ini bergerak di bidang telekomunikasi yang berurusan dengan komunikasi. Cakupan dari jenis perusahaan ini cukup luas meliputi jasa pengiriman barang, jasa penerjemah, jasa penulisan, jasa internet, dan lainnya.

Contoh dari perusahaan jasa telekomunikasi adalah Penyedia layanan telepon dan internet seperti Telkom, XL. Lalu ada juga bidang jasa kurir seperti JNE, TIKI, dll.

– Jasa Pendidikan

Pendidikan adalah hal penting untuk setiap manusia. Dengan mendapatkan pendidikan yang baik maka manusia tersebut akan semakin berilmu. Peran jasa pendidikan dapat membantu sekolah dalam menambah ilmu tersebut.

Contoh dari perusahaan jasa pendidikan adalah Lembaga Bimbingan belajar.

– Jasa Kesehatan

Terakhir, ada jasa kesehatan. Walaupun ditempatkan pada posisi terakhir, namun jasa kesehatan adalah yang paling utama saat ini. Bagaimana tidak, bila tubuh kita sakit maka hal yang terbaik yang akan kita lakukan adalah tidur tanpa aktivitas apapun.

Jasa kesehatan mempunyai peran besar dalam membantu kita untuk dapat selalu sehat dan mengobati kita dikala sakit.

Kesehatan sendiri bukan hanya kesehatan secara fisik, namun juga mental. Kesehatan mental dapat membantu tubuh kita untuk menjaga imunitasnya.

Contoh dari perusahaan jasa kesehatan adalah rumah sakit, puskesmas, klinik, BPJS.

Perusahaan jasa banyak ditemui di masyarakat saat ini karena jasa merupakan hal yang dapat dilakukan oleh siapapun tergantung dari keahliannya masing-masing. Konsumen dari perusahaan jasapun bermacam-macam dari masyarakat umum, perusahaan kecil, perusahaan besar, hingga ke pemerintahan.

Namun, setiap jenis perusahaan tentu harus dilengkapi dengan laporan keuangan yang baik di dalamnya. Dengan adanya laporan keuangan yang baik, maka perusahaan akan dapat mengambil keputusan terbaik sesuai dengan keadaan yang terjadi pada saat itu.

Aplikasi Akuntansi Finata adalah salah satu penyedia jasa aplikasi akuntansi dalam mempermudah pembuatan laporan keuangan tersebut. Finata juga dapat membantu perusahaan dalam mendiagnosis kesehatan suatu bisnis dengan menganalisa setiap laporan keuangan yang telah tersedia.

Mau coba aplikasi Finata? Yuk daftar disini.. Kamu akan dapat mencoba aplikasi akuntansi finata secara GRATIS selama 14 hari.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday