Perbedaan Keuangan dan Akuntansi yang Wajib Diketahui
Perbedaan Keuangan dan Akuntansi
Perbedaan Keuangan dan Akuntansi

Menjadi seorang pebisnis tidak cukup jika hanya mencatat uang keluar masuk saja, akan tetapi juga perlu mengetahui perbedaan keuangan dan akuntansi. Sehingga Anda bisa menyusun laporan keuangan bisnis sesuai dengan standar akuntansi dan pajak. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan keuangan dan akuntansi secara singkat.

Pengertian Akuntansi

Akuntansi merupakan suatu proses lengkap guna mengidentifikasi, mengklasifikasi, merekam, meringkas, melaporkan, menafsirkan dan menganalisis informasi terkait keuangan. bidang akuntansi seperti yang sudah diketahui ada beberapa jenis , yaitu : akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi manajemen, akuntansi pemerintahan dan pemeriksaan akuntansi.

Pengertian Keuangan

Keuangan merupakan bagian dari ilmu akuntansi itu sendiri yang mengatur bagaimana membuat perencanaan dan pengelolaan anggaran keuangan seperti pengeluaran maupun investasi dana yang efektif. Adapun aspek utama dari keuangan ialah nilai waktu dari uang yakni uang akan berubah dari waktu ke waktu. Hal ini akan membantu serta menganalisis anggaran guna memilih rencana investasi yang optimal untuk menurunkan faktor risiko kerugian bagi pihak perusahaan. 

Baca juga : Simak Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking

Perbedaan Keuangan dan Akuntansi

  • Perbedaan dari segi pengertian: Akuntansi merupakan suatu seni atau ilmu dalam hal pencatatan dan juga pelaporan transaksi keuangan suatu bisnis. Sedangkan keuangan merupakan ilmu dalam pengelolaan dana suatu bisnis.
  • Perbedaan dari segi karir: Profesional akuntansi menjadi akuntan, konsultan pajak dan auditor serta yang lainnya. Sedangkan keuangan menjadi bankir investasi, konsultan keuangan dan analisis keuangan.
  • Perbedaan dari segi tujuan: Akuntansi akan memberikan informasi laporan keuangan kepada pihak internal maupun eksternal suatu bisnis. Sedangkan keuangan akan memberikan informasi tentang keuangan kepada pihak internal perusahaan untuk kepentingan strategi di masa depan.
  • Perbedaan dari segi perangkat: Akuntansi meliputi laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca dan yang lainnya. Sedangkan bidang keuangan meliputi analisis rasio, leverage, manajemen modal kerja, penganggaran modal, dan analisis risiko lainnya.

Perbedaan Pokok Keuangan dan Akuntansi

Berikut ini adalah perbedaan keuangan dan akuntansi yang paling pokok:

  • Ruang lingkup akuntansi ialah penyimpanan catatan transaksi yang dilakukan secara sistematis. Sedangkan keuangan merupakan kegiatan dalam pengelolaan dana dengan cara yang paling baik.
  • Informasi mengenai akuntansi akan sangat berguna dan membantu pengguna laporan keuangan dalam memahami posisi keuangan bisnis. Sedangkan informasi keuangan akan berguna dalam meramalkan kinerja di masa depan.
  • Posisi bagian akuntan akan menggunakan laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca, dan lainnya. Sedangkan posisi bagian keuangan akan menggunakan analisis rasio manajemen modal kerja, analisis risiko, penganggaran modal, leverage, dan lainnya.

Baca juga : Perbedaan Cek dan Bilyet Giro yang Harus Diketahui

Mengelola Keuangan Secara  Lebih Bijak

Selain mengetahui perbedaan keuangan dan akuntansi, satu hal lagi yang tidak boleh disepelekan adalah pengelolaan keuangan. Hal ini akan menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan perusahaan maupun usaha Anda. Mendiagnosis kesehatan bisnis Anda agar profitnya bisa terus tumbuh secara stabil membutuhkan ketelitian dan keuletan.

Namun sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir dan bersusah payah karena telah hadir software keuangan Finata untuk mendiagnosis kesehatan bisnis supaya profit perusahaan Anda tumbuh secara stabil kemudian berkontribusi. Anda bisa mendiagnosis bisnis, data laporan lengkap utilisasi dan administrasi, dan reminder. 

Kontrol dan memantau keuangan menjadi lebih mudah. Mengelola data perusahaan, mencatat transaksi serta jurnal, membuat laporan keuangan, memantau produksi automatisasi bukan lagi hal yang sulit dengan Finata. Nah, tunggu apalagi, segera gunakan Finata!

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

software analisa keuangan bisnis