Perbedaan Antara Customer, Client, Consumer

by | Jul 13, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

customer - software akuntansi Finata

Bila Anda berada di dunia bisnis Anda pasti sudah tidak asing bila mendengar istilah customer, consumer, dan client dalam menyebut pihak yang membeli produk atau jasa yang dijual. Secara garis besar, ketiga istilah tersebut memang memiliki pengertian yang serupa. Namun ternyata ada beberapa perbedaan di dalam penempatan istilah tersebut dalam menentukan target pasar untuk pemasaran produk.

Customer (Pelanggan)

Menurut wikipedia, customer atau pelanggan adalah individu atau rumah tangga atau perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan dalam ekonomi.

Menurut kamus bahasa inggris Oxford, pengertian costumer ini dibagi menjadi dua, yaitu :

  • Seseorang atau sebuah organisasi yang membeli sesuatu dari sebuah toko atau bisnis
  • Seseorang dengan tipe tertentu

Costumer atau pelanggan biasanya membeli barang bukan untuk dikonsumsi sendiri melainkan untuk dipakai/digunakan/dikonsumsi oleh consumer atau konsumen sebagai pengguna akhir.

Consumer (Konsumen)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Konsumen adalah pemakasi barang hasil produksi. Barang hasil produksi ini bisa berupa pakaian, makanan, dan lainnya. Jadi bisa dikatakan kalau konsumen adalah orang yang memakai atau mengkonsumsi suatu produk.

Konsumen tidak selalu orang yang melakukan transaksi pembelian produk tersebut, atau secara singkat consumer tidak selalu customer. Karena konsumen hanyalah orang yang menkonsumsi saja bukanlah orang yang membeli.

Contoh singkat adalah seorang ibu yang membeli produk bayi. Ibu disini dikatakan sebagai customer atau pelanggan, sedangkan consumer atau konsumen adalah sang bayi.

Client (Klien)

Istilah client lebih kepada bisnis antara perorangan dengan perusahaan. Client dapat dikategorikan ketika perusahaan bergerak di bidang jasa, contohnya seperti jasa Event Organizer (EO) yang pengguna jasanya dikategorikan sebagai client.

Dalam kamus Oxford, pengertian client adalah seseorang yang menggunakan layanan dari seorang profesional atau organisasi. Jadi istilah client ini lebih terkait pada bisnis bidang jasa.

Setelah kita mengetahui perbedaan customer, consumer, dan client di atas, kami harap dapat mencapai tujuan bagi perusahaan Anda untuk terus profit dengan dengan menekan cost. Namun kepuasan pelanggan tetap menjadi nomor satu sehingga mereka bisa menjadi pelanggan loyal.

Untuk dapat tetap produktif dalam fokus memberikan good service kepada pelanggannya, saat ini telah hadir Finata, solusi dalam pekerjaan Anda untuk memudahkan mengontrol aktivitas keuangan bisnis secara realtime tanpa membuang waktu.

Pengelolaan keuangan bisnis pun bisa efektif dan efisien sambil fokus berkomunikasi kepada pelanggan yang potensial.

Semua itu bisa dilakukan hanya dengan software Finata, membuat laporan keuangan jadi lebih mudah, Intuitif dan cepat. Selain itu juga bisa melakukan diagnosis kesehatan keuangan bisnis Anda agar terus tumbuh eksponensial.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 31 Juli 2021
Hanya Rp 199.000,-
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
Hanya Rp 199.000,-
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Diskon 60%+60% Khusus Selama PPKM
DISKON TERBATAS !! Sampai dengan 20 Juli 2021
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday