Perbedaan Akuntansi dan Keuangan dalam Manajemen Keuangan Bisnis

by | Aug 26, 2021 | Bisnis, Keuangan, Laporan Keuangan | 0 comments

manajemen-keuangan-bisnis

Tahukah Anda? Apa perbedaan antara manajemen keuangan dengan manajemen akuntansi? Mungkin sekilas terdengar sama atau tidak ada bedanya, karena sama-sama membahas tentan uang. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan.

Nah ayo kita bahas..

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Pengertian Manajemen Keuangan Bisnis

Manajemen keuangan atau sering disebut pembelanjaan merupakan semua aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mendapatkan dana dengan biaya yang murah. Manajemen keuangan ini juga berhubungan dengan penggunaan dan pengalokasian dana secara efisien, serta bagaimana laba perusahaan akan didistribusikan.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, penting bagi pelaku bisnis untuk memanage keuangan bisnisnya dengan baik sehingga seluruh proses kegiatan bisnis mampu menciptakan profitabilitas yang terus tumbuh eksponensial.

Fungsi Manajemen Keuangan Bisnis

Manajemen keuangan bisnis memiliki beberapa fungsi, antara lain :

  1. 1
    Keputusan pendanaan sebagai strategi struktur modal paling besar atau paling kecil.
  2. 2
    Keputusan investasi yang akan dilakukan dalam bentuk seperti yang diinginkan perusahaan.
  3. 3
    Keputusan dividen yang merupakan pembagian laba untuk investor atau pemegang saham.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Perbedaan Manajemen Keuangan dan Manajemen Akuntansi

  1. 1
    Akuntansi memanfaatkan pandangan tentang kondisi keuangan perusahaan dari masa lalu dan saat itu. Sedangkan dari sisi keuangan berupa posisi laporan keuangan, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.
  2. 2
    Pada akuntansi penekanan lebih kepada pembuatan keputusan yang memfokuskan pandangan ke arah masa depan. Sedangkan dari sisi keuangan penekanan pada aspek tinjauan yang pada umumnya memiliki wawasan historis (apa yang telah terjadi).
  3. 3
    Akuntansi lebih terkonsentrasi dengan hal yang harus dilakukan perusahaan saat ini  dan dari mana perusahaan harus mengevaluasi untuk tindakan perbaikan ke depannya. Sedangkan tujuan utama dari sisi keuangan adalah untuk mempertanggung jawabkan apa yang terjadi pada perusahaan di masa lalu.

Tentunya, sebagai pelaku bisnis perlu melakukan banyak tindakan yang efektif dan efisien untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Salah satunya dengan manajemen keuangan perusahaan dengan baik dan benar sesuai dengan standar akuntansi dan pajak. Mulai dari pencatatan laporan keuangan hingga analisa kinerja bisnisnya.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi dalam melakukan pencatatan dan pembukuan keuangan bisnis Anda, karena semuanya bisa dilakukan dengan cepat, anti ribet, dan secara otomatis hingga memaknai angka-angka di laporan keuangan bisnis Anda.

Hal itu bisa Anda lakukan dengan bantuan software analisa keuangan, Finata. Untuk informasi lebih lengkap tentang software Finata, silakan kunjungi website kami ke www.finata.id atau hubungi Admin Finata ke nomor WhatsApp 08112233010.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday