Select Page

Daftar isi:
1. Memberikan Informasi Terkait Kegiatan Keuangan
2. Sistem Akuntansi Membantu Anda untuk Mengambil Keputusan
3. Menyediakan Informasi untuk Pihak Eksternal

Dalam pengelolaan suatu unit usaha, akuntansi menjadi bagian penting yang tak bisa diabaikan. Secara singkat, akuntansi berperan dalam perhitungan dan analisis arus keuangan usaha. Lebih dari itu, penggunaan sistem akuntansi juga membawa sejumlah manfaat untuk perkembangan usaha Anda. Bagaimana caranya? Simak 3 manfaat akuntansi berikut ini.

1. Memberikan Informasi Terkait Kegiatan Keuangan

Inilah peran dasar dari akuntansi, yaitu menyediakan informasi dan jawaban terkait kegiatan keuangan. Terlebih untuk Anda yang menempati posisi manajerial, penggunaan sistem akuntansi akan mempermudah tugas Anda dalam menghasilkan laporan keuangan yang baik. Adapun manfaat pengelolaan laporan keuangan yang baik adalah bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi bisnis yang Anda jalankan. Lebih dari itu, laporan keuangan pun membantu Anda untuk menentukan strategi pemasaran seperti apa yang menguntungkan untuk bisnis.

2. Sistem Akuntansi Membantu Anda untuk Mengambil Keputusan

Peran kedua dari akuntansi dalam mengembangkan bisnis ialah membantu Anda untuk mengambil keputusan. Dalam pengambilan sebuah keputusan, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kondisi keuangan. Misalkan saja permintaan produk sedang tinggi. Dengan melihat kondisi keuangan, Anda bisa menentukan ke mana dana tersebut akan dialokasikan. 

Apabila pemasukan keuangan bisnis cukup banyak, Anda dapat mengalokasikannya untuk membeli aset yang mampu meningkatkan proses produksi. Sebaliknya, bila pemasukan lebih sedikit, alih-alih meningkatkan produksi, sebaiknya lakukan evaluasi untuk mengetahui penyebab turunnya keuntungan.

Selain itu, melalui laporan keuangan, Anda akan dimudahkan dalam mengambil keputusan lainnya, seperti berapa jumlah barang atau jasa yang harus disediakan serta kapan harus disediakan.

3. Menyediakan Informasi untuk Pihak Eksternal

Bukan hanya pihak internal yang diuntungkan dari penerapan akuntansi dalam manajemen keuangan, tetapi juga pihak eksternal seperti calon investor atau vendor. Sebagai contoh, ketika Anda ingin mengajukan pinjaman modal ke bank, faktor utama yang diperhatikan tentu laporan keuangan. 

Pun demikian apabila ada investor yang ingin menanamkan modal pada bisnis Anda. Hal pertama yang mereka pertimbangkan ialah menilai kinerja bisnis berdasarkan laporan keuangan. Bila kondisi keuangan bisnis stabil dan sehat, maka peluang investor untuk menanamkan modal pun terbuka lebar. 

Setiap usaha dengan omzet mencapai 4,8 miliar rupiah dalam 1 tahun, termasuk dalam kategori pengusaha kena pajak (PKP). Nah, untuk mempermudah proses pembayaran pajak, Anda bisa menerapkan sistem akuntansi untuk pembuatan laporan pajak yang selanjutnya diserahkan kepada pemerintah. 

 

Itulah 3 manfaat akuntansi yang akan Anda dapat untuk mengembangkan bisnis. Untuk memaksimalkan 3 manfaat di atas, tentu dibutuhkan sistem akuntansi yang cepat, mudah, dan benar. Untuk memaksimalkan sistem Akuntansi dalam usaha Anda, Anda dapat menggunakan Finata. 

Fitur-fitur yang disediakan Finata ini akan memudahkan Anda untuk mengelola sistem akuntansi, karena Finata telah dikembangkan untuk menyederhanakan transaksi secara mendasar dan hanya berfokus pada transaksi masuk atau transaksi keluar.  Yang kemudian menghasilkan berbagai laporan. Menariknya, hasil laporan keuangan tersebut akan memberi tahu kinerja keuangan bisnis Anda. 

Ingin tahu lebih banyak tentang Finata? Klik link berikut untuk informasi lebih lanjut.