Select Page

Salah satu manfaat laporan keuangan yakni menjadi bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan bisnis. Sebagai hasil dari proses akuntansi, laporan keuangan merupakan pertanggungjawaban kegiatan perusahaan sekaligus sebagai informasi posisi keuangan perusahaan.

Dari hasil laporan tersebut, pelaku usaha dapat melakukan evaluasi terhadap strategi bisnis yang telah diterapkan selama ini. Selanjutnya, pelaku usaha dapat mengubah atau menyempurnakan strategi yang digunakan sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih optimal.

Dasar Pengambilan Keputusan Bisnis

Hal yang termasuk dalam keputusan bisnis adalah segala keputusan yang berkaitan dengan kemajuan sebuah perusahaan. Keputusan yang baik akan menghasilkan dampak yang positif bagi perusahaan. Untuk mengambil keputusan terbaik, ada beberapa dasar penting yang harus dipahami.

1. Keputusan harus bersifat rasional

Karena sejumlah alasan, pelaku usaha bisa jadi mengambil keputusan yang tidak rasional. Keputusan ini sering kali berdasarkan faktor subjektivitas, tanpa mempertimbangkan berbagai faktor yang memengaruhinya. Untuk menghindari kesalahan, keputusan bisnis sebaiknya dipikirkan secara matang oleh lebih dari satu orang. Diskusi untuk mempertimbangkan baik buruknya keputusan tersebut perlu dilakukan.

2. Keputusan harus berlandaskan data

Data merupakan nafas dalam pengambilan keputusan bisnis. Data tersebut bisa berupa laporan catatan keuangan perusahaan atau pengalaman yang pernah dihadapi dalam perjalanan bisnis. Berdasarkan data-data tersebut, pelaku usaha lebih mudah untuk menentukan tindakan usaha yang terbaik dan paling tepat.

3. Keputusan harus bersifat profesional

Konsep pengambilan keputusan lainnya berkaitan dengan profesionalitas. Seorang pengambil kebijakan tidak boleh menentukan sebuah keputusan hanya berdasarkan kebutuhan pribadi atau kelompok tertentu. Namun, keputusan bisnis sebaiknya mencakup kesejahteraan bersama dan diambil demi kemajuan perusahaan.

4. Keputusan harus diambil oleh pemilik wewenang

Dalam sebuah perusahaan, ada orang-orang yang berwenang atau memiliki tanggung jawab paling besar terhadap pengembangan bisnis. Merekalah yang harus mengambil keputusan usaha berdasarkan masukan atau ide dari berbagai sumber.

Sebagai pengambil keputusan dalam perusahaan, pimpinan atau manajer juga perlu mendapatkan laporan keuangan. Selain itu, pihak-pihak yang perlu mengetahui laporan keuangan perusahaan adalah pihak ekstern perusahaan, misalnya investor, pemerintah, dan pemberi pinjaman.

Untuk mendapatkan informasi mengenai laporan keuangan tersebut, pelaku usaha dapat memanfaatkan software bisnis berbasis web, yaitu Finata. Software ini memberikan keleluasaan kepada pelaku bisnis karena dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Fitur utama yang tersedia yaitu diagnosis kesehatan usaha, akan membantu Anda mengecek posisi dan kondisi keuangan perusahaan. Dengan demikian, Anda pun dapat membuat keputusan bisnis lebih cepat. Tertarik untuk mencoba?