Pentingnya Brand Identity sebagai Aset dalam Profitabilitas

by | Feb 26, 2021 | Bisnis | 0 comments

Brand identity merupakan bagian yang tak bisa terlepaskan dari sebuah merek. Sebab, apakah dengan adanya itu sesuai dengan visi idealisme dari sebuah produk yang bisnis Anda miliki?

Karena seperti yang telah Anda ketahui saat ini, segala hal bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Tidak bisa dipungkiri jika informasi, berita, kegiatan dan bahkan dalam menyelesaikan tugas sekalipun, kita dituntut untuk bekerja lebih cepat. Sehingga membutuhkan kemudahan dalam penggunaan aplikasi, software, jaringan, kecepatan koneksi, dan fasilitas pendukung teknologi lainnya.

Di samping itu, kalau dalam sebuah bisnis, tentu Anda harus menyesuaikan kebutuhan konsumen atau target market Anda. Padahal kebutuhan dan keinginan konsumen ini selalu berubah.

brand-identity

Apakah Brand Identity sudah sesuai target?

Pertanyaannya, apakah peran brand identity perusahaan Anda sudah sesuai untuk merepresentasikan sebuah visi atas bagaimana merek tersebut dipersepsikan oleh audience yang disasar?

Jadi point yang dimaksud di sini adalah target audience dari produk  Anda merupakan cerminan dari brand identity yang Anda terapkan. Perusahaan dapat mempublikasikan identitas merek yang padu, berbeda, dan relevan bahkan target yang disasar akan sesuai nantinya. Sehingga brand identity pun dapat dijadikan sebagai nilai jual bagi perusahaan Anda.

Banyak manfaat dari penerapan brand identity yang padu, di antaranya dapat membangun preferensi di pasar, menambah nilai barang, dan dapat menentukan harga premium di pasar.

Adanya identitas merek ini, sangatlah penting dalam proses pembangunan sebuah merek, serta mendefinisikan identitas perusahaan Anda. Ketika persepsi identitas yang disampaikan perusahaan jelas dan seragam, maka akan sampai pada benak konsumen.

Agar brand identity ini menjadi keunggulan, maka harus dipelihara, didukung, direncanakan dengan baik, dan dijaga kegunaannya secara ketat.

 

Baca juga : Kenali Pentingnya Peran Akuntansi dalam Bisnis

Teori Identitas Merk

Dikemukakan oleh Kapferer (2008) di dalam bukunya, teori identitas merek memiliki indikator sebagai berikut:

  1. 1
    Physique: Aspek fisik dari suatu merek atau sebuah fitur objektif yang dapat dilihat.
  2. 2
    Personality: Aspek ini menjelaskan karakter dari sebuah produk jika diibaratkan manusia.
  3. 3
    Culture: Kebudayaan baik yang diciptakan mempunyai nilai yang dijadikan pedoman baik oleh perusahaan, merek itu berasal dan pelanggan yang dilayani olehnya.
  4. 4
    Relationship: Cara penyampaian komunikasi nilai suatu produk dari suatu perusahaan kepada konsumennya.
  5. 5
    Customer reflection: merupakan indikator yang mencerminkan bagaimana seorang pelanggan ingin dipandang ketika menggunakan merek tersebut. Karena pelanggan memiliki ekspektasi yang ditimbulkan dari penggambaran merek tersebut dalam kegiatan penyampaian (dari iklan).
  6. 6
    Self image: Pandangan individu ketika berinteraksi dengan merek tersebut. Jika seorang individu menggambarkan dirinya sebagai seorang pebisnis yang sukses maka individu tersebut akan memakai produk yang menggambarkan kesuksesannya.

Mengapa Brand Identity itu Penting?

Inovasi seakan terus bergerak dari satu merek ke merek yang lain. Maka penting brand identity untuk sampai ke benak konsumen. Konsumen pun saat ini diberikan banyak pilihan lantaran pelaku industrinya semakin banyak. Itulah fenomena yang tengah terjadi.

Persaingan industri menjadi semakin kompetitif dengan munculnya produk barang  atau jasa yang hampir memiliki kesamaan karakteristik antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Sehingga membuat persaingan pasar menjadi semakin penuh, sesak dan seolah sama saja tidak ada perbedaan.

Jika konsumen memiliki keinginan dan kebutuhan dari sebuah produk yang praktis, mudah, dapat dimengerti, dan sangat worth it untuk digunakan. Maka saatnya Anda sebagai pelaku bisnis perlu mengelola laporan keuangan bisnis dan melakukan diagnosis bisnis menggunakan software akuntansi, Finata.

Finata membantu Anda mengelola keuangan secara efektif dan efisien. Sehingga waktu Anda tidak terbuang sia-sia dan memberikan service excellent kepada konsumen Anda.

Finata juga menyediakan informasi akuntansi setiap perusahaan sehingga laporan keuangan hadir secepat yang Anda butuhkan.

Tak hanya itu saja, Finata mampu mengantisipasi dan menangani krisis finansial lebih dini, mendapatkan banyak ide strategi, meningkatkan keuntungan usaha, dan menyajikan laporan keuangan dengan akurat, cepat, dan lengkap.

Hanya dengan software keuangan bisnis, Finata, Anda bisa menyusun laporan keuangan sekaligus menganalisis kinerja bisnis Anda.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday