Pentingnya Analisis Laporan Keuangan. Kenapa Begitu?

by | Dec 2, 2020 | Akuntansi | 0 comments

analisis-laporan-keuangan

Membuat laporan keuangan dan analisis laporan keuangan yang rapi, terperinci, dan sistematis serta menganalisisnya menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Dari hasil analisis laporan keuangan tersebut, perusahaan dapat mengetahui dan menilai kinerja perusahaan selama ini. Selain itu, juga dapat menjadi acuan untuk menentukan langkah-langkah bisnis yang harus diambil di kemudian hari.

Jenis Laporan Keuangan

Setiap perusahaan harus membuat laporan keuangan secara rapi, terperinci, dan sistematis. Laporan keuangan ini memiliki fungsi yang sangat penting, di antaranya:

  • Memberikan gambaran tentang keadaan perusahaan.
  • Menjadi bentuk tanggung jawab perusahaan pada jajaran direksi, para pemegang saham, para stakeholder, dan pihak manajemen.
  • Menjadi bukti kredibilitas perusahaan untuk membuat calon investor yakin menanamkan sahamnya.
  • Menjadi indikator perusahaan dalam melakukan pengambilan keputusan, evaluasi, dan perencanaan.

Umumnya, ada 5 jenis laporan keuangan penting yang dibuat oleh perusahaan sesuai dengan standar akuntansi keuangan di Indonesia. Kelima jenis laporan keuangan tersebut adalah sebagai berikut. Kamu juga bisa melihat definisi tentang laporan keuangan di sini.

  • Laporan Arus Kas

Dengan adanya laporan arus kas, perusahaan dapat mengetahui keluar dan masuknya kas yang terjadi pada periode tertentu. Selain itu, laporan ini juga dapat menjadi indikator jumlah cash flow pada periode selanjutnya.

  • Laporan Laba Rugi

Dengan adanya laporan laba rugi (income statement), Anda dapat mengetahui keadaan perusahaan yang dijalankan dalam kondisi laba atau rugi. Selain itu, para pemegang saham juga dapat mengetahui kinerja perusahaan tersebut. Untuk membuat laporan ini, ada 2 bentuk yang dapat Anda gunakan, yaitu single step dan multiple step.

Di dalam pembuatan laporan laba rugi, ada beberapa elemen yang harus dicatatkan, yaitu pendapatan / revenue (penambahan pemasukan atau aktiva), kerugian / loss (penurunan ekuitas yang disebabkan oleh adanya transaksi periferal), keuntungan / profit (penambahan ekuitas yang disebabkan oleh adanya investasi atau transaksi periferal), serta kewajiban / expense (penggunaan aktiva atau pengeluaran).

  • Laporan Neraca

Laporan neraca (balance sheet) yang dibuat oleh perusahaan berfungsi sebagai laporan untuk menganalisis fleksibiltas dan likuiditas perusahaan, mengetahui keadaan keuangan perusahaan, serta memprediksi aliran kas di kemudian hari. Dalam pembuatannya, ada 2 bentuk yang digunakan, yaitu horizontal (skontro) dan vertikal (stafel).

  • Laporan Perubahan Modal

Bagi para investor, laporan ini sangalah krusial dan penting untuk mengetahui modal yang dimiliki bertambah atau tidak. Jika perusahaan mengalami laba, modal para investor akan bertambah. Tetapi jika perusahaan mengalami kerugian, modal para investor akan berkurang.

Di dalam laporan perubahan modal, terdapat 2 jenis modal berdasarkan sumbernya. Pertama, laba yang didapatkan dan dipertahankan dalam bisnis. Kedua, modal yang diinvestasikan ke dalam bisnis oleh pemiliknya.

Baca juga: Pentingnya Laporan Perubahan Modal atau Ekuitas Pada Perusahaan

Catatan Laporan Keuangan

Pembuatan catatan laporan keuangan berfungsi sebagai penjelasan lebih rinci tentang hal-hal yang ada di dalam laporan keuangan lainnya.

– Komponen Dalam Laporan Keuangan

Ada beberapa komponen penting yang harus dicatatkan. Nantinya, komponen-komponen tersebut akan digunakan untuk melakukan analisis laporan keuangan.

  • Arus Kas

Arus kas adalah keseluruhan data yang berisi keluar dan masuknya uang perusahaan.

  • Aset

Aset adalah seluruh hak yang dapat digunakan untuk operasional perusahaan meliputi gedung, tanah perusahaan, dan lain-lain.

  • Ekuitas

Ekuitas adalah modal yang dimiliki oleh perusahaan dan dapat dibagikan pada para pemegang saham.

  • Kewajiban

Kewajiban meliputi gaji karyawan, tunjangan pensiun karyawan, utang jangka panjang, dan utang lancar.

Metode Analisis Laporan Keuangan

Untuk bisa meraih hasil yang akurat dalam menjalankan suatu analisis laporan dari keuangan, setidaknya memiliki 4 metode yang bisa digunakan dari suatu perusahaan, di antaranya:

  • Metode Komparatif

Metode komparatif adalah metode yang dilakukan dengan cara membandingkan angka-angka atau pos-pos yang signifikan dan relevan dalam laporan keuangan pada periode yang berbeda.

  • Metode Analisis

Metode analisis adalah metode yang dilakukan dengan menggunakan grafik atau tren sehingga memerlukan pengetahuan statistik.

  • Metode Common Size Financial Statement

Metode common size financial statement adalah metode yang dilakukan dalam bentuk presentasi dengan membandingkan data keuangan periode tertentu.

  • Metode Index Time Series

Metode index time series adalah metode yang dilakukan dengan menggunakan indeks 100 pada tahun yang dipilih.

Baca juga: 10 Tips Belajar Akuntansi Dasar Mudah Dan Menyenangkan

Alasan Pentingnya Analisis Laporan Keuangan

Melakukan analisis laporan keuangan secara terperinci memang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Tujuannya adalah untuk :

  • menganalisis keuangan suatu perusahaan lebih mendalam dan lebih luas (understanding);
  • memilih kemungkinan adanya peluang berinvestasi (screening);
  • memprediksi kondisi keuangan perusahaan di masa depan (forecasting);
  • memberikan suatu penilaian dari prestasi atau juga kinerja pada karyawan yang bekerja di dalam perusahaan (evaluation); dan
  • melihat kemungkinan adanya masalah pada suatu perusahaan, seperti pada divisi keuangan atau divisi lainnya (diagnosis).

Bagi perusahaan dan pihak-pihak yang terkait, melakukan analisis laporan keuangan sangatlah penting. Adapun alasan pentingnya melakukan analisis laporan keuangan adalah sebagai berikut.

  • Dapat memberikan kepercayaan yang kuat pada para pelanggan sehingga tidak merasa dirugikan saat harus terikat kontrak dalam jangka waktu panjang.
  • Dapat memberitahukan keadaan perusahaan untuk para karyawan sehingga lebih percaya dan lebih senang bekerja di perusahaan tersebut.
  • Dapat menjadi evaluasi kondisi keuangan untuk perusahaan tersebut sehingga lebih mudah dalam mengambil langkah-langkah bisnis di kemudian hari.
  • Dapat menjelaskan keadaan keuangan perusahaan untuk calon investor sehingga dapat memperhitungkan keuntungan yang akan diperoleh jika berinvestasi pada perusahaan yang bersangkutan.
  • Dapat lebih dipercaya oleh para pemegang saham sehingga dapat memiliki peluang saham yang ditanam memiliki nilai tinggi.

Melakukan analisis laporan keuangan secara terperinci memang sangat penting untuk melihat keadaan perusahaan dan menjadi acuan dalam pengambilan langkah-langkah bisnis di kemudian hari. Pembuatan laporan keuangan dan analisis laporan keuangan dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya.

Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Di jaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday