Pengertian Remunerasi
Pengertian Remunerasi

Pengertian remunerasi mungkin tidak diketahui oleh banyak orang awam. Namun untuk para pelaku bisnis, istilah ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Remunerasi adalah bonus yang diberikan kepada suatu perusahaan atau bisnis kepada para karyawannya yang telah berjasa. Kebijakan remunerasi sendiri biasanya ditetapkan oleh masing-masih perusahaan sesuai dengan pendapatan. Hal ini juga bisa dianggap sebagai pemberian apresiasi kepada para karyawan atas capaian kerja yang telah dilakukan.

Dengan memberikan remunerasi kepada para karyawan, perusahaan akan mendapatkan loyalitas dari para karyawannya. Selain itu, perusahaan juga bisa mendapatkan sumber daya manusia yang baik untuk menunjang target perusahaan. Karyawan juga akan semakin termotivasi memberikan kinerja optimal untuk mendapatkan remunerasi atau bonus kerja. Dengan ini, perusahaan juga dapat berperan dalam memberikan kesejahteraan bagi para karyawan. Jika perusahaan memberikan kesejahteraan, maka karyawan akan memberikan keuntungan pada perusahaan secara maksimal.

Pengertian Remunerasi Menurut Para Ahli

Para ahli banyak yang berpendapat mengenai arti kata remunerasi itu sendiri. Diantaranya ada pendapat dari Rosenberg pada tahun 1983. Dia mengatakan bahwa remunerasi adalah gaji dan segala bentuk dukungan finansial yang diberikan perusahaan kepada karyawannya. Selanjutnya di tahun 1983, Komarrudin berpendapat remunerasi adalah bentuk balas jasa dari perusahaan kepada karyawannya yang berprestasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian remunerasi adalah imbalan baik berupa jasa maupun materi dari perusahaan kepada para karyawan.

Remunerasi adalah suatu hal wajar yang diberikan oleh para perusahaan kepada karyawannya. Kerja keras yang mereka dedikasikan kepada perusahaan atau suatu bisnis perlu untuk diberikan apresiasi.

Jenis Remunerasi Karyawan

Memberikan remunerasi kepada para pegawai haruslah mempertimbangkan beberapa kondisi. Hal ini sangat penting untuk membuat keuangan perusahaan tetap stabil dan tidak mengalami kerugian. Dengan demikian, hubungan antara perusahaan dan karyawan akan selalu terjaga dengan baik. Kondisi keuangan harus diperhatikan sebelum memberikan remunerasi kepada para karyawan. Ditambah jika Anda memiliki karyawan dengan jumlah yang cukup besar, maka kondisi keuangan harus sangat diperhatikan.

Baca juga : Aset dalam Akuntansi : Pengertian, Jenis dan Siklus Hidup

Pertimbangan Gaji Karyawan

Sesuaikan gaji yang diberikan dengan kemampuan kerja karyawan tersebut, jangan sampai masalah ini membuat perusahaan atau bisnis merugi. Karyawan dengan tingkat pekerjaan yang sulit sangat wajar untuk mendapatkan remunerasi atau bonus. Namun jika kinerja tidak baik, sebaiknya gaji dan remunerasi bisa disesuaikan. Ini sangat penting dilakukan agar karyawan merasa dihargai atas kerja kerasnya dalam membuat perusahaan atau bisnis menjadi maju.

Pertimbangan Karyawan Berprestasi

Tunjangan atau remunerasi kepada karyawan yang berprestasi penting untuk dilakukan untuk memberikan motivasi. Dengan hadirnya karyawan yang berprestasi, perusahaan atau bisnis Anda akan maju dengan pesat. Keuntungan ini akan kembali kepada perusahaan ataupun bisnis yang sedang dijalani. Sebaiknya, pisahkan lagi anggaran untuk memberikan tunjangan karyawan berprestasi berdasarkan bidang dan tingkat kesulitannya.

Pertimbangan Kenaikan Gaji

Pastikan Anda bekerjasama secara cermat dan teliti dengan team keuangan untuk mendiskusikan kenaikan gaji karyawan. Jika memang keadaan keuangan perusahaan atau bisnis sudah baik dan stabil, maka Anda bisa memberikan kenaikan gaji sebagai bentuk remunerasi. Kenaikan gaji ini pasti sangat dinantikan bagi karyawan yang berdedikasi terhadap perusahaan atau bisnis Anda.

Indikator Mendapatkan Remunerasi

Ada beberapa indikator yang harus diperhatikan sebelum memberikan remunerasi. Tunjangan atau bonus ini bisa ditetapkan oleh perusahaan untuk diberikan harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Remunerasi biasanya diberikan tanpa membebani karyawan dengan pajak atau karyawan diberikan bebas pajak. Sebagai pemilik atau pemimpin perusahaan dan bisnis, Anda harus pintar menilai kinerja karyawan. Ini adalah salah satu faktor yang bisa membuat karyawan Anda mendapatkan remunerasi menarik.

Remunerasi ini sendiri telah diatur oleh hukum di Indonesia, jadi Anda harus berhati-hati jika tidak ingin melanggar hukum. Kebijakan ini juga sangat diperhatikan oleh serikat buruh, sehingga Anda harus memberikan peraturan remunerasi yang jelas pada perusahaan Anda. Penilaian yang sangat objektif harus diterapkan sehingga remunerasi bisa tepat sasaran. Selain ditujukan kepada pegawai swasta, remunerasi juga diberikan kepada pegawai negeri atau pegawai BUMN. Hal ini sudah diatur dalam beberapa Undang-Undang dan peraturan presiden.

Baca juga : Deflasi Berikan Dampak Positif dan Negatif Pada Keuangan

Pengertian remunerasi yang sudah jelas diharap dapat membantu Anda dalam memajukan nilai perusahaan atau bisnis baik besar maupun UMKM. Dengan pengetahuan yang jelas, ini akan mendekatkan dan membuat hubungan antara Anda dan karyawan menjadi lebih baik. Karena faktor keberhasilan suatu perusahaan atau bisnis juga terletak di tangan para karyawan yang terus bekerja secara maksimal. Jika sudah mengetahui dengan jelas, maka memberikan remunerasi tidak akan memberikan efek negatif bagi Anda ataupun bisnis yang sedang berjalan.

Cara Mengatur Pembagian Remunerasi dengan Mudah dan Cermat

Bagi Anda yang saat ini sudah memikirkan cara memberikan remunerasi namun ragu, kini ada cara yang mudah. Anda tidak perlu menyewa akuntan publik untuk mengatur keuangan Anda sebab Finata hadir membantu. Finata menawarkan beberapa fitur unggulan di tengah arus teknologi yang maju ini. Menggunakan Finata, Anda dapat mengakses laporan keuangan dimanapun dan kapanpun tanpa harus menunggu waktu kerja. Dengan software bisnis yang satu ini, Anda dapat dengan mudah melihat riwayat transaksi keuangan secara detail dan jelas.

Finata juga mampu memberikan diagnosa terkait keuangan Anda yang stabil ataupun sedang bermasalah. Sehingga langkah Anda untuk memberikan remunerasi kepada karyawan tidak akan salah waktu. Finata hadir dengan tampilan yang intuitif, mudah, dan cepat sehingga dapat membantu siapapun tanpa mengenal usia. Selain itu, Finata juga mampu membuat pengingat tentang utang piutang sehingga keuangan Anda akan jelas. Finata bisa Anda gunakan sebagai aplikasi yang membantu Anda dalam memberikan remunerasi kepada para karyawan.

Mengapa Harus Finata Untuk Mengatur Keuangan?

Jika karyawan dibebaskan dari pembayaran pajak atas remunerasi yang di dapatkan, Anda tidak perlu khawatir. Sebab Finata juga bisa menghitung jumlah pajak yang harus Anda bayarkan tanpa kesalahan. Inilah canggihnya kemajuan teknologi yang harus selalu dipergunakan sebaik mungkin. Tidak perlu lagi menggunakan karyawan banyak untuk menghitung keuangan Anda, sebab Finata saja sudah cukup membantu Anda. Waktu Anda yang berharga juga tidak akan terbuang sia-sia sebab Finata akan dengan mudah membantu kesulitan Anda dalam mengatur keuangan.

Dengan mengetahui pengertian remunerasi dan menggunakan Finata, Anda akan mendapatkan kemudahan dan keuntungan. Karena selain harga yang terjangkau, Finata juga bisa membebaskan Anda dari masalah keuangan yang sulit dikendalikan. Walaupun bisnis Anda masih tergolong usaha kecil, Finata sangat bisa untuk Anda gunakan dalam menghemat jumlah karyawan. Kemudahan teknologi bisa didapatkan hanya dalam genggaman tangan Anda. Untuk info lebih lanjut Anda dapat mengunjungi website resmi Finata dan segera hubungi untuk penawaran harga menarik yang ditawarkan.