Pengertian Rasio Keuangan dan Jenisnya

by | Feb 26, 2020 | Blog, Keuangan | 0 comments

Pengertian Rasio Keuangan
Pengertian Rasio Keuangan

Bagi sebagian besar orang khususnya yang bekerja di bagian keuangan tentu sudah tidak asing dengan istilah rasio keuangan. Secara umum, pengertian rasio keuangan di artikan sebagai sebuah indikator yang digunakan sebagai media analisis secara lebih mendalam terhadap sebab terjadinya sebuah masalah. Tujuan utama perhitungan rasio keuangan sendiri yaitu untuk memudahkan dalam menentukan kebijakan dalam menjalankan kegiatan operasional. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang definisi dari rasio keuangan beserta jenisnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Definisi Rasio Keuangan

Perlu diketahui, sebelum membuat sebuah laporan keuangan maka seorang akuntan wajib untuk mengetahui terlebih dahulu rasio keuangan perusahaan. Beberapa dari Anda mungkin masih belum mampu menjelaskan dengan benar makna sebenarnya rasio keuangan. Secara teori rasio keuangan merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menganalisis dan juga mengukur kinerja perusahaan. Cara perhitungannya sendiri menggunakan parameter kondisi kesehatan keuangan perusahaan tersebut.

Dengan adanya rasio keuangan ini tentu saja akan sangat membantu perusahaan dalam upaya analisis perhitungan secara sistematis. Biasanya untuk data-data yang digunakan untuk analisis rasio keuangan yakni neraca, laporan laba-rugi, laporan arus kas dan laporan lainnya. Lalu mengapa harus menggunakan rasio keuangan? Hal tersebut karena agar dapat membandingkan pos-pos dalam laporan keuangan sehingga hasilnya bisa diterima atau logis.

Baca juga : Pengertian Cashflow Beserta Jenisnya

Jenis-Jenis Rasio Keuangan

Setelah memahami tentang definisi atau pengertian rasio keuangan beserta manfaatnya, maka Anda juga harus mengetahui tentang jenis-jenisnya. Secara umum rasio keuangan bisa digolongkan menjadi empat kelompok. Diantaranya yaitu:

  • Rasio Likuiditas

Rasio Likuiditas merupakan sebuah rasio yang menunjukkan kemampuan atau kesanggupan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Kewajiban yang dimaksud di sini yaitu utang jangka pendek yang dimiliki oleh perusahaan. Sebuah perusahaan bisa dikatakan liquid apabila ia mampu membayar kewajiban atau hutang jangka pendeknya. Sedangkan untuk perusahaan yang tidak mampu membayar kewajiban atau hutang jangka pendeknya maka akan disebut sebagai perusahaan Ilikuid.

  • Rasio Lancar

Untuk jenis rasio yang satu ini yaitu membandingkan antara aktiva lancar dengan hutang lancar. Selain itu tujuan dari rasio ini yaitu memberikan informasi terkait kemampuan aktiva lancar dalam menutup hutang lancar yang ditanggung perusahaan. Nah, bagi Anda yang masih bingung, yang termasuk ke dalam aktiva lancar yakni kas, piutang dagang, persediaan dan lain sebagainya. Sedangkan yang masuk dalam kategori hutang lancar yaitu hutang dagang, hutang wesel, hutang bang, utang gaji dan lain sebagainya.

Baca juga : 10 Tips Memilih Bisnis Franchise dengan Tepat

  • Rasio Cepat

Jenis rasio ini sering digunakan untuk mengukur bagaimana kemampuan perusahaan dalam membayar dan menutup kewajiban lancar dengan menggunakan aktiva lancar. Namun perlu diketahui, hal tersebut dilakukan tanpa harus memasukkan nilai persediaannya. Jadi, bisa dikatakan dalam rasio ini terjadi perimbangan antara jumlah aktiva lancar yang mana dikurangi dengan hutang lancar dan persediaan.

  • Rasio Kas

Tujuan utama rasio kas adalah untuk membandingkan antara kas dan aktiva lancar yang mana bisa dengan mudah menjadi uang kas dengan hutang lancar. Selain itu rasio kas juga bisa menunjukkan seberapa besar porsi jumlah kas ditambah dengan setara kas dan kemudian dibandingkan dengan total aktiva. Perlu diketahui, semakin besar rasionya maka hasilnya pun akan semakin baik.

Setelah mengetahui tentang pengertian rasio keuangan beserta jenis-jenisnya, tentu Anda sudah bisa membedakan masing-masing jenisnya, bukan? Untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menghitung sendiri rasio keuangan perusahaan, maka Anda bisa menggunakan jasa yang menyediakan software akuntansi. Salah satu jasa penyedia software aplikasi yang sudah berpengalaman adalah Finata. Finata hadir untuk membantu Anda menangani masalah keuangan dengan mudah dan cepat. Dengan Finata Anda tidak perlu takut salah hitung karena dijamin memberikan hasil yang memuaskan. Jadi tunggu apalagi? Segera konsultasikan kebutuhan Anda sekarang juga!

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download