Pengertian Likuiditas

Dalam menganalisa keuangan bisnis, tentu Anda memerlukan data-data di dalam laporan keuangan bisnis Anda. Tanpa data-data tersebut, Anda tidak bisa menganalisanya.

Begitu pula jika Anda hanya memiliki data-data laporan keuangan, tapi tidak tahu bagaimana cara menganalisanya. Semakin lengkap data di laporan keuangan yang Anda miliki, maka semakin cepat hasil analisa keuangannya.

Salah satu rasio keuangan bisnis yang harus Anda lakukan adalah rasio likuiditas. Rasio likuiditas ini disebut juga analisa kesehatan kas bisnis.

Pengertian Rasio Likuiditas

Likuiditas adalah kemampuan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek, seperti melunasi hutang dengan kepemilikan harta lancar perusahaan. Contoh kewajiban-kewajiban tersebut adalah membayar gaji karyawan, tagihan listrik, telepon, dan air. Likuiditas sendiri sangat sering ditemukan dalam ilmu akuntansi.

Likuiditas menjadi salah satu pedoman penting bagi navigasi dan keberlangsungan sebuah perusahaan. Salah satu indikator kesuksesan bagi sebuah perusahaan adalah kemampuan untuk mewujudkan visi dan misi bersama.

Rasio lancar bernilai paling tidak 100%, jika indikator perusahaan Anda ingin berada dalam kategori likuiditas yang sehat.

Demi meraih target likuiditas yang sehat tentunya sebuah perusahaan harus dapat memahami dan menentukan perencanaan yang matang. Pihak ketiga seperti lembaga keuangan pastinya akan mempertimbangkan tingkat likuiditas sebagai cerminan kemampuan sebuah perusahaan dalam memenuhi tanggung-jawabnya.

Semakin sehat tingkat likuiditas, semakin besar potensi untuk menarik pihak eksternal agar berkolaborasi lebih lanjut.

Baca juga : Pengertian Break Event Point

Perusahaan likuid adalah perusahaan yang sanggup memenuhi kewajiban. Sebaliknya, ketika sebuah perusahaan tidak mampu memenuhi kewajiban sebagaimana di atas, maka perusahaan tersebut dikategorikan sebagai perusahaan ilikuid.

Untuk mengetahui tingkat likuiditas perusahaan mendatangkan banyak manfaat, dapat dilihat dari tolak ukur bagi sebuah perusahaan untuk melunasi kewajiban jangka pendek, seperti hutang dan memenuhi ketersediaan dana tak terduga.

Selain itu, tingkat likuiditas dapat digunakan sebagai pedoman untuk evaluasi kinerja, efisiensi keuangan, dan menganalisa kondisi keuangan perusahaan dalam lingkup jangka pendek.

Perhitungan Rasio Likuiditas

Rasio likuiditas sendiri terbagi menjadi empat jenis, di antaranya:

1. Rasio Lancar

Rasio lancar ini merupakan perbandingan antara jumlah total aktiva lancar dengan kewajiban lancar.

2. Rasio Cepat

Rasio cepat merupakan perbandingan antara aktiva lancar dikurangi persediaan dengan kewajiban lancar.

3. Rasio Kas

Rasio ini didapatkan melalui membandingkan ketersediaan kas dengan kewajiban jangka pendek seperti hutang.

4. Rasio Perputaran Kas

Rasio ini didapatkan dengan membagi nilai penjualan bersih dengan modal kerja. Sementara modal kerja merupakan hasil pengurangan aktiva lancar dengan total hutang lancar.

Baca juga : Perbedaan Keuangan dan Akuntansi yang Wajib Diketahui

Di era digital sekarang ini, kecanggihan teknologi memberi dampak signifikan dan membawa perubahan dalam produktivitas serta output sebuah perusahaan. Salah satu teknologi yang digunakan adalah perangkat lunak.

Pengecekan kesehatan keuangan adalah salah satu usaha yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis agar keuntungan tetap stabil dan memberikan kontribusi pemasukan secara positif.

Berbagai masalah yang biasa ditemui adalah tunggakan hutang, jumlah pendapatan dan keuntungan yang cenderung tidak berkembang bahkan menurun, kondisi stok keuangan menipis, bisnis yang kehilangan arah, tagihan pajak, serta pemborosan biaya operasional.

Permasalahan tersebut jika dibiarkan maka akan mengganggu produktivitas bahkan konsistensi perusahaan. Di tengah kekhawatiran tersebut, Finata hadir sebagai solusi software keuangan usaha Anda. Finata menawarkan berbagai fitur lengkap yang menarik namun tetap mumpuni untuk bisnis keuangan potensial anda.

Finata memiliki fitur Master Data, Transaksi Bisnis, Laporan Lengkap, Utilisasi dan Administrasi, Diagnosis dan Reminder Hutang Piutang. Fitur-fitur tersebut dapat membantu anda untuk mengawasi dan mengontrol keuangan perusahaan.

Keamanan data Anda juga akan dijamin. Dengan penyimpanan yang bersifat privasi dan tidak dapat diakses pihak manapun termasuk Finata.

Pengertian likuiditas yang dipahami, direncanakan,dan dipenuhi dengan baik dapat menjadi tolak ukur penentu arah dan tonggak potensial keberhasilan. Serta masih banyak lagi manfaat tingkat likuiditas untuk keberlangsungan sebuah perusahaan.

Kunjungi Finata sebagai salah satu software keuangan usaha yang dapat berkontribusi memberikan hasil maksimal.