Pengertian Kartel, Karakteristik, Keuntungan dan Kekurangan

by | Mar 19, 2020 | Bisnis, Blog | 0 comments

Pengertian Kartel
Pengertian Kartel

Pengertian Kartel bisa anda ketahui dari penjelasan berikut ini. Kartel yaitu sekelompok produsen independen yang memiliki tujuan menetapkan harga, membatasi kompetisi dan suplai barang. Kartel dilarang hampir semua negara berdasarkan hukum anti monopoli.

Kartel biasanya dilakukan oleh pelaku usaha dalam rangka mendapatkan power maker. Nah power maker ini akan memungkinkan anda dapat mengatur harga dengan cara membatasi produk yang beredar dipasaran. Pengaturan ketersediaan barang ini dilakukan secara bersama-sama dan pembagian wilayah penjualan.

Pengertian Kartel Menurut Para Ahli

Menurut Samhelson dan Narhaus (2001) menyatakan bahwa kartel adalah organisasi yang terbentuk dari sekumpulan perusahaan independen yang memproduksi produk sejenis. Sekumpulan perusahaan tersebut bekerja sama untuk menaikkan harga dan membatasi produksi. Intinya yaitu membatasi output dan menaikkan harga

Richard Posner seorang pakar hukum legal menyatakan bahwa kartel merupakan suatu kesepakatan atau kontrak persaingan para penjual untuk mengatur harga penjualan. Intinya menaikkan harga dan membatasi produksi. Pengertian Kartel oleh Posner ini menekankan pada aspek moralitas. Praktik kartel sebenarnya tidak diinginkan oleh anggotanya kecuali mereka mendapatkan keuntungan yang lebih dari kontrak tersebut.

Menurut Undang-undang No 5 Tahun 1999 tentang monopoli dan persaingan usaha. Menyatakan bahwa pelaku usaha dilarang untuk bekerjasama dengan pengusaha lainnya untuk mempengaruhi harga dengan cara mengatur produksi suatu pemasaran jasa atau barang. Hal tersebut dapat mengakibatkan adanya praktek monopoli atau persaingan yang kurang sehat.

Praktek kartel di Indonesia merupakan suatu tindakan yang melanggar hukum karena akan membentuk perilaku monopoli persaingan perusahaan yang tidak sehat. Pasar persaingan yang memiliki konsumen yang cukup besar tapi hanya memiliki produsen yang sedikit menjadikan mudahnya praktek monopoli.

Ciri-ciri Kartel

KBBI menuliskan tentang kartel yang memiliki dua ciri yang menyatu yaitu

  1. Persetujuan sekelompok perusahaan yang bertujuan untuk menaikkan harga Barang tertentu.
  2. Adanya organisasi perusahaan-perusahaan  yang memproduksi barang sejenis.

Inti dari pengertian KBBI tersebut yaitu kelompok dalam suatu kartek terdiri dari kumpulan perusahaan besar yang memproduksi barang sejenis bertujuan untuk mengendalikan harga. Misalnya saja sebuah industri memiliki 3 produsen atau perusahaan yang memegang tuga besar pangsa pasar. Setidaknya mereka memiliki 60% pangsa pasar dari produk yang dijual.

Perusahaan tersebut bertempat tinggal sama memungkin satu dengan yang lainnya saling kenal dan akan menjalin komunikasi atau relasi. Komunikasi tersebut akan menjadikan saling pengertian dengan membagi wilayah konsumen berdasarkan kategori produk. Perusahaan A fokus di Indonesia bagian Barat, Perusahaan B fokus di Indonesia bagian timur.

Baca juga : Beli Atau Sewa Properti Menjadi Lebih Mudah Bersama Finata

Karakteristik dari Kartel

Secara umum berikut ini karakteristiknya

  1. Adanya campur tangan dari senior perusahaan atau penjabatan eksekutif perusahaan.
  2. Terdapat persekongkolan di antara para pelaku usaha
  3. Melakukan penetapan harga dan penetapan produksi.
  4. Menggunakan asoaiaai untuk menutupi persekongkolan tersebut
  5. Adanya ancaman untuk anggota yang melanggar kesepakatan yang sudah ada di perjanjian.
  6. Mekanisme kompensasi untuk perusahaan yang memiliki produksi lebih besar berupa saham, uang dividen lebih besar dan lainnya.
  7. Adanya distribusi informasi laporan keuangan, jumlah penjualan dan produksi.

Jenis- Jenis Kartel

Kartel dapat dibedakan menjadi beberapa jenis diantaranya yaitu

  1. Kartel syarat

Adanya kesepakatan syarat-syarat yang seragam dalam hal pembayaran, pembungkusan barang dan penyerahan.

  • Kartel harga

adanya kesepakatan harga minimum barang yang boleh dijual. Anggota tidak diperbolehkan untuk menjual harga barang dibawah harga minimum tersebut

  • Kartel produksi

adanya kesepakatan jumlah barang yang diproduksi setiap anggotanya. Hal ini bertujuan agar produksi tidak berlebihan yang nantinya akan menurunkan harga barang tersebut

  • Kartel rayon

adanya kesepakatan daerah penjualan untuk setiap kartel. Sehingga tidak akan terjadi persaingan antar anggota kartel

  • Kartel Pool

kartel pembagian keuntungan yang dikumpulan dalam kas yang sama setelah itu dibagi pada anggotanya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

  • Sindikat penjualan

Kesepakatan anggota kartel yang menyerahkan barang produksinya dijual dengan satu harga.

Keuntungan Dan Kelemahan Kartel

Keuntungan yang didapatkan dengan menjadi anggota kartel yaitu

  1. Meminimalisirkan resiko penjualan barang dan resiko kapital anggotanya karena penjualan sudah diatur dan dijamin jumlah yang diproduksi.
  2. Adanya kedudukan monopoli kartel di pasar menyebabkan posisi yang baik untuk menghadapi persaingan.
  3. Kartel dapat menerapkan rasionalisasi agar harga barang jualan memiliki harga yang stabil.

Berikut ini beberapa kelemahan yang dimiliki dengan adanya kartel.

  1. Adanya perjanjian yang sudah disepakati menjadikan anggita kartel tidak dapat bebas karena jika melanggar akan mendapatkan sanksi
  2. Kartel dianggap suatu hal yang merugikan masyarakat karena harga yang ditawarkan semakin naik
  3. Memungkinkan adanya persaingan kartel berupa penyelundupan antar anggota.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kartel memiliki dampak negatif dan dampak positif untuk masyarakat dan juga perusahaan. Di Indonesia sendiri sudah ada Undang-undang yang mengatur bahwa tidak diperbolehkan monopoli. Hanya saja jika kartel ini dijalankan secara sehat, dapat menguntungkan konsumen dan juga produsen.

Baca juga : 9 Ide Bisnis Pinggir Jalan dengan Keuntungan yang Menjanjikan

Jika membicarakan bisnis tidak akan ada habisnya. Banyak bisnis yang bisa anda inginkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Apalagi sekarang kemajuan teknologi semakin canggih. Beragam informasi dapat diperoleh dengan mudah dan cepat. Selain itu anda juga bisa terhubung dengan banyak orang di lain negara.

Bisnis bukanlah sekedar bisnis yang hanya memiliki kemampuan untuk menjualnya saja tanpa adanya pengelolaan keuangan. Dalan berbisnis setidaknya anda harus mengenal pengelolaan keuangan, karena keuangan menjadi tolok ukur dari kemajuan berbisnis. Nah, sekarang anda dimudahkan dengan adanya pengelolaan keuangan yang berupa software.

Anda hanya perlu sedikit mengetahui sedikit mengenai akuntansi. Selanjutnya anda serahkan pada Software Akuntansi. Salah satu software yang dikeluarkan oleh Finata.id yang dapat memudahkan anda untuk mengelola keuangan. Anda juga dapat melihat keuangan bisnis anda normal atau dibawah standar. Jika ada penurunan anda juga dapat segera menyelesaikan.

Kenapa harus memilih Finata?  Karena Dengan Finata anda dapat menjalankan bisnis lebih efisien dan efektif sehingga anda akan tetap fokus untuk perkembangan bisnis. Nah apa saja keuntungan yang anda peroleh dari Finata?  Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan.

  • Cepat

Anda tidak perlu membuat laporan secara manual maupun menyewa akuntan untuk membuat laporan keuangan anda. Dengan software akuntansi anda tidak hanya dapat membuat laporan laba rugi, jurnal,  transaksi, pajak, hutang piutang dengan mudah dan cepat.

  • Intuitif

Platform yang disediakan oleh Finata memiliki panduan yang jelas untuk menginput transaksi masuk dan keluar hanya dengan satu klik.

  • Mudah

Finata merancang ratusan fitur dengan satu kemudahan sehingga pemula ataupun yang sudah ekspert lebih mudah untuk mememahaminya.

Keuntungan tersebut dapat menjadikan anda lebih menghemat biaya dan juga waktu. Apalagi jika keuangannya bermasalah tentunya harus penyelesaian. Jika anda setiap akan membukukan laporan harus menyewa akuntan tentunya akan menambah biaya. Apalagi jika pemula tentunya dana.

Apakah aman data privacy bisnis apalagi berupa keuangan diberikan pada perusahaan lain? Mungkin sejenak anda akan terlintas pikiran tersebut. Tenang saja, data yang anda masukkan ke dashboard akan terkunci aman. Bahkan karyawan finata sendiri tidak akan tahu mengenai data tersebut. Jadi anda jangan khawatir mengenai sistem privacy dari Finata.

Masih banyak hal dan Pengertian Kartel yang bisa anda pahami dilain artikel ini. Kartel dilihat dari segi umum termasuk monopoli, tapi jika dilihat dari segi lain kartel juga dapat membantu mempermudah bisnis. Tapi untuk pengelolaan keuangan anda dapat merekomendasikan Finata.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

software analisa keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis - 7 kesalahan fatal pebisnis

Download