Pengertian dan Perbedaan Antara B2B dan B2C

by | Aug 3, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

b2b-dan-b2c

B2B merupakan singkatan dari Business to Business merupakan salah satu jenis bisnis yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Berbeda dengan B2C yang merupakan hubungan antara sebuah bisnis dengan konsumen secara langsung, B2B merupakan jenis bisnis antar perusahaan.

Pengertian Business to Business (B2B)

Secara singkat, Business to Business adalah sebuah transaksi produk atau jasa yang diberikan oleh suatu bisnis dan diperuntukan untuk bisnis lainnya. Business to Business tidak diperuntukan untuk menjalankan transaksi dengan konsumen, melainkan dengan bisnis lain yang membutuhkan produk atau jasa kita tersebut.

Sedangkan B2C merupakan kebalikan dari B2B. B2C adalah transaksi produk atau jasa yang diberikan oleh suatu bisnis yang diperuntukan langsung kepada konsumen.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Contoh Bisnis Business to Business (B2B)

Biasanya perusahaan B2B lebih dekat pada sektor industri , sedangkan B2C lebih berfokus pada pengguna atau pelanggan. Pendekatan pemasaran digital pada kedua jenis perusahaan tersebut akan berbeda, yang terkait dengan karakter saluran pemasaran digital

Beberapa contoh jenis perusahaan yang menerapkan sistem Business to Business adalah sebagai berikut :

– Industri Otomotif

Industri otomotif merupakan salah satu jenis perusahaan yang menerapkan sistem bisnis B2B. Dalam melakukan pembuatan produk otomotif, perusahaan ini membutuhkan berbagai macam peralatan spare part yang dijual oleh perusahaan lain.

– Industri Cleaning Service

Jasa cleaning service juga menerapkan bisnis B2B. Industri ini hanya menawarkan jasa untuk bersih-bersin saja, sedangkan peralatan mulai dari sabun, alat pel, alat sapu, dan lainnya merupakan hasil pembelian secara langsung ke perusahaan lain.

Selain itu beberapa perusahaan cleaning service menawarkan jasanya untuk digunakan oleh manajemen gedung, mall, perkantoran, dan tempat-tempat lainnya.

– Industri Kreatif

Memasuki era industri 4.0, migrasi binis konvensional ke dunia digital menjadi suatu yang lumrah. Semakin banyak perusahaan yang berlomba-lomba memanfaatkan teknologi digital, baik untuk mempertahankan eksistensi maupun untuk melakukan ekspansi.

Oleh karena itu, bisnis dengan spesialiasasi dalam pengembangan web, desain web, SEO, pengembangan perangkat lunak, database, dan pembuatan situs menjadi yang paling banyak diburu saat ini. Tentu saja, itu menjadi peluang besar bagi perusahaan Business to Business.

International Business Machine atau IBM adalah salah satu perusahaan Business to Business yang popular untuk kategori ini. Menyandang status sebagai raksasa multinasional tekonologi, IBM menawarkan berbagai layanan kepada perusahaan mitranya, satu di antaranya adalah komputasi awan

Perbedaan B2B dan B2C

Ada beberapa perbedaan antara B2B dan B2C. Perbedaan ini memiliki peran besar dalam menentukan strategi yang akan dijalankan oleh suatu perusahaan. Beberapa perbedaan tersebut antara lain :

  • B2b Lebih berfokus pada penjualan kepada pelaku bisnis lainnya, sedangkan B2C berfokus pada konsumen akhir.
  • B2B menjual produk dengan keuntungan yang lebih kecil dibandingkan dengan B2C, namun jumlah Quantity produk yang dijual oleh B2B lebih besar karena biasanya ada minumum order dari masing-masing perusahaan.
  • Klien bisnis B2B adalah klien bisnis yang logis. Klien ini perlu mempertimbangkan banyak hal serta keuntungan jangka panjang sebelum membeli produk. Maka tak jarang, ada banyak pihak yang dimintai pertimbangan.
  • Praktik bisnis B2B dan B2C memiliki hubungan antara penjual dan pembeli yang berbeda. Sifat kontras ini sedikit banyak dipengaruhi oleh motivasi dan proses pembuatan keputusan.
  • Dalam strategi marketing, B2B kerap menggunakan strategi marketing untuk meningkatkan reputasinya. Biasanya, B2B menggunakan media untuk menampilkan berbagai konten dan portofolionya. Meski sama-sama membutuhkan reputasi, bisnis B2C mewujudkannya dengan cara berbeda. Bisnis yang langsung menyasar konsumen biasanya akan menggunakan strategi marketing yang bersifat emosional.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi Finata, maka pengelolaan akuntansi dan pembuatan laporan keuangan akan semakin lebih mudah.

Selain itu, Finata juga memiliki fitur untuk mendiagnosis kesehatan bisnis sehingga Anda dapat membuat keputusan dengan lebih tepat.

Jenis Business to Business (B2B) lebih menekankan fokus mereka kepada kualitas dari produk dan jasa yang ditawarkan.

Kepercayaan dari pelanggan merupakan prioritas utama karena jenis Business to Business mementingkan konsep kerja sama yang berkelanjutan dengan para pelanggannya.

Berbeda dengan Business to Business, jenis bisnis Business to Consumer (B2C) wajib mengutamakan jaringan yang luas untuk setiap lini bisnisnya, mulai dari pemasaran hingga distribusi produk karena semakin banyak pelanggan akan semakin baik untuk bisnis mereka.

Untuk dapat tetap produktif dalam fokus memberikan good service kepada pelanggannya, saat ini telah hadir Finata, solusi dalam pekerjaan Anda untuk memudahkan mengontrol aktivitas keuangan bisnis secara realtime tanpa membuang waktu.

Pengelolaan keuangan bisnis pun bisa efektif dan efisien sambil fokus berkomunikasi kepada pelanggan yang potensial.

Semua itu bisa dilakukan hanya dengan software Finata, membuat laporan keuangan jadi lebih mudah, Intuitif dan cepat. Selain itu juga bisa melakukan diagnosis kesehatan keuangan bisnis Anda agar terus tumbuh eksponensial.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday