Pengertian dan Fungsi Manajemen Keuangan

by | Oct 18, 2020 | Akuntansi, Keuangan | 0 comments

Manfaat manajemen di dalam kehidupan sangatlah signifikan. Tidak bisa dipungkiri fungsi manajemen keuangan sering terabaikan dalam kehidupan sehari-hari padahal kesuksesan seorang individu maupun usaha harus tetap memperhatikan manajemen yang baik.

Pengertian Manajemen Keuangan

Keberhasilan sebuah perusahaan di dalam mengelola bisnisnya harus dengan sebaik-baiknya memperhatikan kemampuan manajemen keuangan. Agar lebih baiknya pengelolaan keuangan, perusahaan memiliki bagian manajemen keuangan untuk mengelola keuangan perusahaan agar bisa berjalan dan pengelolaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pengertian manajemen keuangan bisa Anda lihat seperti pendapat para ahli berikut ini.

1. Agus Sartono

Manajemen keuangan menurut Agus Sartono adalah setiap kegiatan yang terkait dengan aktivitas mengelola dana yang dikelola dengan baik, di bidang investasi ataupun mengumpulkan dana untuk tujuan pembiayaan yang digunakan dalam investasi maupun merencanakan pengelolaan dana, untuk efektifnya kegiatan belanja perusahaan. Semua kegiatan tersebut harus ada perencaan yang baik agar pendapatan perusahaan tidak besar pasak daripada tiang.

2. Joshep Dan Massie

Manajemen keuangan menurut para ahli di atas lebih menekankan pada pertanggungjawaban agar bisa mengelola dengan sebaik-baiknya setiap kegiatan perusahaan. Agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih optimal dengan pengelolaan dana yang sudah dilakukan oleh perusahaan.

3. Weston Dan Brigham

Weston dan Brigham dalam hal manajemen keuangan titik tekannya lebih kepada upaya adanya suatu keputusan yang terbaik dalam hal keuangan sehingga apa yang menjadi tujuan individu maupun perusahaan bisa diselaraskan. Tujuan bersama yang hendak dicapai tersebut akan berimbas pada aktivitas perusahaan yang akan dijalankan dengan sebaik-baiknya karena setiap individu akan memberikan kontribusi terbaiknya demi kemajuan perusahaan.

4. S.C.Kuchal

Pengertian manajemen keuangan menurut S.C.Kuchal adalah suatu usaha untuk mengumpulkan dan upaya mengelola dana tersebut dalam kegiatan usaha dengan sebaik-baiknya.

Dari beberapa pengertian manajemen keuangan diatas bisa diambil kesimpulan manajemen keuangan merupakan suatu usaha untuk merencanakan, mengelola, dan mengatur dengan perhitungan yang matang baik terkait dana maupun aset yang ada di perusahaan tersebut. Mengelola keuangan bahkan tidak hanya untuk jangka pendek namun perencanaan untuk masa yang akan datang sehingga fungsi manajemen keuangan bisa berjalan dengan baik.

 Fungsi Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan perusahaan yang baik harus memenuhi fungsi di bawah ini, diantaranya adalah:

1. Merencanakan Keuangan

Dalam merencanakan keuangan terdiri dari merencanakan kas masuk maupun keluar perusahaan dan yang tidak boleh dilupakan adalah laba yang hendak dicapai perusahaan maupun kerugian apa saja yang bisa saja terjadi selama pengelolaan perusahaan tersebut.

Perusahaan dalam merencanakan keuangan akan merekrut manajer keuangan yang mempunyai peranan besar di dalam pengelolaan perusahaan. Di mana tugas manajer keuangan adalah:

· Memberikan perencanaan akan keuangan sebuah perusahaan. Memberikan perhitungan keungan yang dibutuhkan perusahaan untuk membeli perlengkapan dan aset perusahaan.

· Merancang kegiatan bisnis yang harus lebih dikembangkan baik di masa sekarang dan masa depan agar pundi-pundi perusahaan bisa semakin meningkat. Di sisi lainnya manajer keungan pun harus menghentikan lini perusahaan yang dianggap kurang memberikan keuntungan bagi perusahaan.

2. Budgeting Atau Anggaran

Fungsi manajemen keuangan ialah merencanakan baik dalam penerimaan perusahaan yang hendak dicapai dan upaya mengalokasikan dana yang ada sesuai dengan posnya atau kebutuhan perusahaan. Perusahaan harus bisa dengan baik dan tepat untuk lebih mengoptimalkan setiap dana yang dimiliki perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya.

3. Mengendalikan Keuangan

Adanya kontrol yang baik sangat diperlukan dalam mengendalikan keuangan perusahaan. Setiap kegiatan yang selama ini dilakukan perusahan harus ada penilaian sehingga setiap kekurangan yang ada bisa diperbaiki terutama sistem keuangan harus mendapat perhatian terbaik. Pengendalian keuangan yang baik agar bisa memetakan setiap kegiatan perusahaan bisnis, baik untuk tujuan jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Semua itu dibutuhkan evaluasi yang matang dari manajer keuangan.

4. Pemeriksaan Keuangan

Keuangan perusahaan harus selalu diaudit di dalam perusahaan agar tetap sesuai dengan sistem yang ada dan terjadinya kecurangan maupun kesalahan dapat diminimalisasi. Pemeriksaan keuangan yang dilakukan secara berkala akan membuat perusahaan menjadi lebih sehat karena kecurangan bisa saja terjadi jika kurangnya pemeriksaan yang dilakukan secara berkala. Laporan yang berisi informasi baik kas masuk ataupun keluar sangat penting diketahui sehingga kondisi perusahaan bisa dinilai lebih baik. Akan lebih baik lagi jika perusahaan pun membayar auditor yang berasal dari luar perusahaan.

5. Mempertahankan Likuiditas Perusahaan

Kas perusahaan masih menjadi modal dasar untuk bisa mempertahankan dan menjaga likuiditas perusahaan. Bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan membutuhkan uang yang akan digunakan untuk membeli bahan pokok bisnis perusahaan, membayar gaji yang wajib dibayarkan pada karyawannya. Dana harus selalu tersedia jangan sampai terjadi dana yang dimiliki perusahaan semakin langka karena akan berimbas pada kegiatan perusahaan.

Baca juga: Cara Memahami Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Tujuan Manajemen Keuangan

Dari kegiatan perusahaan tersebut diharapkan bisa meraih tujun manajemen keungan dengan baik. Semua itu bisa Anda lihat dari pasar uang sehingga ini bisa menjadi tolak ukur sehat atau tidaknya perusahaan tersebut.  Adapun tujuan manajemen keuangan adalah:

  1. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Berhasilnya sebuah perusahaan ditentukan dari keuntungan yang bisa diraih perusahaan dalam waktu dekat. Keuntungan perusahaan jangka panjang tidak semudah itu bisa ditentukan karena sangat tergantung dari faktor internal maupun faktor eksternal dari perusahaan. Setiap keputusan harus diambil dengan sebaik-baiknya agar fungsi manajemen keuangan bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

  • Kemampuan Menjamin Tersedianya Kas Perusahaan

Arus kas atau cash flow harus dijaga dengan sebaik-baiknya sehingga pengeluaran perusahaan bisa terbayar tepat waktu sesuai kebutuhannya. Semakin baik cash flow bisa semakin meningkatkan pendapatan dan kesuksesan perusahaan.

  • Kelangsungan Perusahaan

Perusahaan yang baik adalah bisa bertahan dalam waktu yang lama  terutama persaingan bisnis yang semakin ketat. Setiap keputusan harus diambil dengan matang karena jika sampai salah mengambil keputusan bisa berdampak pada kerugian perusahaan. Dalam setiap bisnis bisa saja muncul bermacam-macam risiko sehingga dengan adanya manajemen yang baik akan lebih meminimalisasi risiko yang bisa terjadi kapan saja. Kelangsungan perusahaan di masa yang akan datang diharapkan bisa berbanding lurus dengan kesejahteraan yang seharusnya diperoleh pekerja.

Manajemen keuangan dapat dilakukan dengan baik dengan bantuan software akuntansi dan keuangan Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Referensi:

https://accurate.id/marketing-manajemen/manajemen-keuangan/

https://cpssoft.com/blog/manajemen/manajemen-keuangan-pengertian-fungsi-tujuan-dan-ruang-lingkupnya/

https://zahiraccounting.com/id/blog/pengertian-manajemen-keuangan/

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download