Pengertian dan Fungsi Jurnal Umum

by | Apr 22, 2021 | Akuntansi, Laporan Keuangan | 0 comments

fungsi-jurnal-umum

Fungsi jurnal umum ialah sebagai tempat untuk mencatat semua transaksi keuangan perusahaan pada periode tertentu secara sistematis. Dalam Siklus Akuntansi, Jurnal Umum adalah tahap pencatatan pertama. Jurnal Umum juga sering disebut sebagai buku harian yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan menurut urutan tanggal dan dimasukkan ke dalam akun debit dan kredit.

Pengertian Jurnal Umum Menurut Ahli

Beberapa sumber ahli menjabarkan apa itu jurnal umum, berikut contohnya :

– Wikipedia

Menurut wikipedia, Jurnal umum adalah catatan akuntansi permanen yang digunakan untuk mencatat sejumlah transaksi keuangan perusahaan secara kronologis dengan menyebutkan akun apa saja yang didebit dan akun apa saja yang dikredit.

– Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI pengertian jurnal umum adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan berdasarkan periode waktu tertentu.

– Mulyadi (2010:101)

Menurut Mulyadi, pengertian jurnal umum yaitu pencatatan akuntansi permanen yang pertama dilakukan, yang juga digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan.

– Ahmad Manarul Hakim

Menurut Ahmad Manarul Hakim, jurnal umum ialah buku harian atau formulir khusus yang digunakan untuk mencatat seluruh transaksi keuangan secara kronologis sesuai dengan urutan tanggal, dengan mencantumkan nama transaksi, jenis akun, dan nominal saldo di kolom debit ataupun kredit.

Fungsi Jurnal Umum

Jurnal umum sendiri memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai fungsi historis, pencatatan, analisis, instruktif dan informatif. Berikut penjelasan dari seluruh fungsinya :

– Fungsi Historis

Jurnal umum memiliki fungsi sebagai fungsi historis, dimana jurnal umum dapat dipergunakan sebagai sebuah catatan yang didalamnya berisi bukti transaksi keuangan secara berurutan berdasarkan kronologis dan tanggal transaksi.

– Fungsi sebagai Pencatatan

Jurnal umum dapat berfungsi sebagai pencatatan semua transaksi di suatu perusahaan secara terperinci. Pencatatan di dalam jurnal umum dibuat mudah agar pembuatan laporan keuangan dapat berjalan baik. Pencatatan bukti tersebut harus memiliki kwitansi pembelian, penjualan, invoice, faktur, dan nota.

– Fungsi Analis

Jurnal umum juga berfungsi untuk menganalisis transaksi dan menentukan transaksi tersebut sebagai debit atau kredit. Analisa ini diperlukan untuk meminimalisir kesalahan dalam pembuatan laporan keuangan.

– Fungsi Instruktif

Fungsi disini dapat diartikan sebagai perintah pencatatan transaksi yang tergolong debit atau kredit sebelum dimasukkan ke dalam buku besar. Dengan penggolongan ini, kesalahan pembuatan buku besar dalam laporan keuangan perusahaan dapat diminimalisir.

– Fungsi Informatif

Jurnal umum berfungsi untuk memberikan keterangan seputar transaksi keuangan yang terjadi didalam perusahaan secara rapi dan tersusun termasuk sudah terkumpulnya semua bukti transaksi.

Prinsip Dasar Pembuatan Jurnal Umum

Jurnal umum tidak boleh dibuat secara sembarangan karena akan menimbulkan kekacauan pada laporan keuangan. Ada setidaknya 5 prinsip yang harus diperhatikan dalam membuat jurnal umum :

  1. 1
    Melakukan identifikasi bukti transaksi keuangan yang muncul dari transaksi keuangan yang dilakukan perusahaan. Contoh buktinya antara lain kwitansi, faktur, memo dan lain sebagainya.
  2. 2
    Menentukan akun apa saja yang terpengaruh dengan transaksi keuangan yang terjadi. Kemudian menggolongkannya berdasarkan jenisnya apakah aktiva, hutang, modal dan lain sebagainya.
  3. 3
    Menetapkan penambahan atau pengurangan terhadap akun yang berkaitan dengan transaksi tersebut.
  4. 4
    Tentukan apakah harus mendebet ataukah harus mengkredit akun yang bersangkutan.
  5. 5
    Terakhir catat transaksi ke dalam jurnal umum berdasarkan bukti transaksi keuangan yang dimiliki perusahaan.

Jurnal umum dibuat dengan menggunakan cara yang tepat dan akurat dibutuhkan pemahaman serta analisa mendalam. Bagi Anda yang masih merasa kesulitan dalam sistem perjurnalan, Finata siap membantu dan membimbing Anda dalam mengelola keuangan bisnis. Finata menyediakan beragam aplikasi software keuangan yang mudah dan user friendly.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.