Pengertian dan Contoh Laporan Arus Kas

by | Sep 21, 2020 | Laporan Keuangan, Akuntansi | 0 comments

Laporan arus kas adalah laporan keuangan  suatu entitas bisnis yang dipakai untuk menunjukkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada suatu periode akuntansi.  Laporan ini juga menjadi alat pertanggungjawaban cash flows selama periode pelaporan.

Tujuan Laporan Arus Kas

  • Sebagai dasar informasi untuk memperkirakan arus kas pada masa depan
  • Untuk Menilai Kemampuan perusahaan dalam membayar kewajibannya
  • Sebagai landasan dalam membuat keputusan untuk memperbaiki kinerja perusahaan
  • Sebagai dasar perbandingan dan korelasi  laporan laba rugi terhadap arus kas

Manfaat Laporan Arus Kas

  • Memberikan informasi mengenai kemampuan entitas suatu perusahaan dalam menghasilkan arus kas di masa depan
  • Memberikan Informasi seberapa besar kemampuan perusahaan dalam membayar dividen dan memenuhi kewajibannya (seperti membayar gaji karyawan).
  • Memberikan Informasi mengenai dana masuk dan keluar atau kas masuk dan keluar maka laba bersih dapat diketahui sehingga keberhasilan suatu perusahaan dapat diukur dengan jelas.

Baca juga: Cara Dan Contoh Lengkap Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Klasifikasi Laporan Arus Kas

Arus Kas Operasional

Arus kas operasional adalah arus kas yang berasal dari kegiatan operasional utama bisnis baik pemasukan atau pengeluaran.  Contohnya: penerimaan dari konsumen, membayar gaji bulanan, bayar listrik, dan lain sebagainya.

Arus Kas Investasi

Arus kas investasi adalah arus kas yang berasal dari kegiatan investasi perusahaan baik itu pemasukan atau pengeluaran. Kegiatan yang masuk ke dalam investasi ini adalah aktivitas penjualan dan pembelian dari aktiva perusahaan dan kegiatan yang ada hubungannya dengan piutang perusahaan. Contohnya: pembelian kendaraan baru.

Arus Kas Pembiayaan

Arus kas pembiayaan atau pendanaan adalah arus kas yang asalnya dari pendanaan yang didapatkan oleh perusahaan. Contohnya: emisi saham, penjualan obligasi, dan lain sebagainya.

Metode Penyusunan Laporan Arus Kas

Metode Langsung (Direct Cashflow)

Metode langsung penyusunannya dilakukan berdasarkan pada buku kas/bank. Untuk menggunakan metode ini, Anda harus melaporkan kelompok-kelompok penerimaan dan pengeluaran kas dari kegiatan operasional perusahaan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan investasi dan pembiayaan.

Metode ini menggolongkan berbagai kategori utama dari kegiatan operasional serta metode ini lebih mudah dimengerti dan dapat memberikan informasi yang lebih banyak, sehingga dapat memudahkan pengusaha dalam mengambil keputusan. Meski data yang dibutuhkan seringkali tidak mudah didapat, dan biaya pengumpulannya terbilang mahal

Cara atau metode pembuatan Laporan Arus Kas dengan metode langsung sumber datanya  adalah :- Buku Kas Bank- Buku Kas Kecil (Petty Cash)

Metode Tidak Langsung (Indirect Cashflow)

Metode tidak langsung penyusunannya dilakukan berdasarkan laporan laba-rugi dan neraca. Dengan metode ini, laba/rugi besih harus disesuaikan dengan cara mengoreksi pengaruh dari transaksi bukan kas, penangguhan atau akrual dari penerimaan atau pembayaran kas untuk kegiatan operasional di masa lalu dan masa depan, serta unsur penghasilan atau beban yang berkaitan dengan arus kas investasi atau penerimaan.

Metode tidak langsung lebih memusatkan pada perbedaan laba bersih dan arus kas dari aktivitas operasi, sehingga dapat menunjukkan hubungan antara laporan laba-rugi, neraca, dan arus kas. Untuk membuat laporan arus kas dengan metode ini lebih mudah, karena data yang diperlukan dapat tersedia dengan mudah, dan biaya yang dikeluarkan lebih murah.

Ada 2 sumber data yang digunakan untuk membuat Laporan Arus Kas, yaitu:- Laporan Laba Rugi periode Berjalan.- Neraca periode Berjalan dan periode sebelumnya

Baca juga: Dasar Akuntansi Yang Wajib Diketahui

Contoh laporan laba rugi

contoh laporan arus kas - finata software akuntansi dan keuangan bisnins

Contoh laporan neraca

contoh laporan neraca - finata

Contoh laporan arus kas

contoh laporan arus kas

Laporan arus kas dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download