Pengertian Cashflow Beserta Jenisnya

by | Feb 24, 2020 | Akuntansi, Blog | 0 comments

Pengertian Cashflow
Pengertian Cashflow

Pengertian cashflow atau arus kas merupakan jumlah kas atau setara dengan kas yang ditransfer baik ke dalam atau keluar dari perusahaan. Jadi, cashflow bisa diartikan sebagai uang yang didapatkan atau dikeluarkan oleh perusahaan pada periode tertentu. Ketika membahas tentang bisnis, pengetahuan terkait finansial memang menjadi hal yang penting untuk diketahui. Apabila tidak dikelola dengan baik dan tepat, kondisi keuangan atau finansial dalam perusahaan akan semakin memburuk dan akibatnya dapat menimbulkan masalah tertentu.

Dengan adanya cashflow ini akan semakin memperjelas berapa saja dana yang diterima atau dikeluarkan oleh perusahaan. Penting sekali untuk me-manage cashflow dengan tepat, karena jika tidak maka imbas yang dirasakan akan kemana-mana. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang definisi cashflow dan hal-hal yang berkaitan lainnya, simak ulasan berikut ini:

Definisi Cashflow

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, cashflow dapat diartikan sebagai arus kas atau aliran kas. Cashflow sendiri memiliki peran yang terbilang penting karena berkaitan dengan sistem keuangan perusahaan. Jika di ibaratkan aliran kas atau cashflow merupakan darah yang terdapat pada tubuh manusia. Mengapa demikian? Hal tersebut karena tidak ada satu pun hal dalam bisnis yang tidak berkaitan dengan cashflow ini.

Jika dilihat secara teori, aliran kas atau cashflow diartikan sebagai suatu laporan keuangan yang mana di dalamnya berisikan tentang informasi keuangan. Misalnya saja pengaruh kas dari kegiatan operasional, transaksi pembayaran, transaksi investasi dan pendanaan lainnya. Biasanya untuk perhitungan cashflow dalam sebuah perusahaan dihitung selama periode tertentu.

Baca juga : 10 Tips Memilih Bisnis Franchise dengan Tepat

Jenis-Jenis Cashflow

Secara umum aliran arus kas atau cashflow terbagi menjadi dua jenis. Apa saja itu? Ini dia 2 aliran arus kas yang seringkali digunakan dalam cashflow.

  • Cash Inflow

Aliran arus kas yang pertama adalah cash inflow. Untuk cash flow jenis ini kegiatan transaksi yang dilakukan dapat memberikan keuntungan kas bagi perusahaan. Arus kas inflow sendiri terdiri dari beberapa jenis, diantaranya yakni penerimaan pendanaan lain atau sewa, penerimaan investasi, penagihan piutang dan penjualan aktiva tetap. Selain itu juga berasal dari pinjaman atau hutang dari pihak lain serta penjualan dari produk atau jasa yang dilakukan oleh perusahaan.

  • Cash Outflow

Untuk jenis aliran cashflow yang satu ini kebalikan dari aliran sebelumnya. Aliran cash outflow ini berisikan berbagai macam transaksi yang dapat menyebabkan beban pengeluaran kas. Beberapa contoh beban pengeluaran kas yang dimaksud seperti hasil pembayaran sewa, bunga pajak, deviden dan biaya pengeluaran sewa lainnya. Selain itu beberapa pembayaran yang masuk dalam transaksi cash outflow yakni pembayaran hutang pembelian aktiva tetap, biaya pengeluaran tenaga kerja dan lain sebagainya.

Baca juga : 10 Tips Membangun Brand Awareness Perusahaan dengan Tepat

Sedangkan dalam pembuatan laporan cahsflow atau arus kas sendiri dibuat berdasarkan tiga aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Tiga aktivitas yang dimaksud, yakni diantaranya:

  1. Aktivitas Operasi, berisikan pendapatan dan beban yang mana berasal dari kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan adanya aktivitas atau kegiatan tersebut berpengaruh terhadap laba dan rugi perusahaan.
  2. Aktivitas Pendanaan, berkaitan dengan penambahan modal perusahaan. Dalam hal ini perusahaan harus memasukkan nilai penambahan atau pengurangan kasnya.
  3. Aktivitas Investasi, Untuk jenis aktivitas yang satu ini berasal dari penjualan atau pembelian aktiva tetap serta berbagai transaksi yang mempengaruhi arus kas. Misalnya saja pembelian atau penjualan aktiva tetap perusahaan.

Setelah mengetahui tentang pengertian cashflow tentu akan semakin menambah wawasan kita terkait bidang keuangan atau finansial perusahaan. Di era yang sudah semakin canggih seperti sekarang ini, para pengusaha tidak perlu lagi kesulitan dalam melakukan kegiatan keuangan perusahaan. Hal tersebut karena banyak dijumpai berbagai software akuntansi yang semakin memudahkan karena bisa digunakan dengan mudah. Salah satu penyedia software akuntansi tersebut adalah Finata yang sudah terkenal dan berpengalaman. Finata hadir memberikan solusi untuk Anda yang ingin melakukan pengelolaan keuangan dengan mudah tepat. Jadi tunggu apalagi? Segera konsultasikan masalah bisnis Anda segera!

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download