Pengertian Break Even Point

by | Mar 4, 2020 | Blog, Akuntansi | 0 comments

Pengertian Break Event Point

Pengertian Break even point dalam ekonomi, bisnis, dan akuntansi biaya adalah analisis yang mengacu pada titik di mana total biaya dan total pendapatan sama. Analisis break even point digunakan untuk menentukan jumlah unit atau pendapatan yang diperlukan untuk menutupi total biaya (biaya tetap dan variabel).

Dalam akuntansi, break even point mengacu pada pendapatan yang diperlukan untuk menutupi jumlah total biaya tetap dan variabel perusahaan selama periode waktu tertentu. Pendapatan dapat dinyatakan dalam rupiah, dolar atau mata uang lainnya), dalam satuan, jam layanan yang disediakan, dll.

Lalu seperti apakah pengertian lebih detail mengenai break even point ini dan bagaimana rumusnya?

Pengertian Break Even Point

Break even point adalah alat analisis keuangan utama yang digunakan oleh pemilik bisnis. Setelah Anda mengetahui biaya tetap dan variabel untuk produk yang dihasilkan bisnis Anda atau perkiraan yang baik untuk biaya tetap dan variabel, Anda dapat menggunakan informasi itu untuk menghitung break even point perusahaan Anda.

Adapun usaha kecil yang dikelola dapat menggunakan perhitungan demi menentukan berapa unit produk yang dibutuhkan. Ini dilakukan untuk meraih titik harga atau yang disebut break even point. Ketika bisnis mencapai break even point, total penjualan sama dengan total pengeluaran, maka itu berarti Anda membawa jumlah uang yang sama dengan yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda.

Baca juga : Perbedaan Keuangan dan Akuntansi yang Wajib Diketahui

Pada break even point, bisnis Anda tidak mendapat untung atau menghasilkan kerugian. Pertama kali Anda mencapai titik impas setelah beroperasi dengan rugi bersih dapat menunjukkan perubahan positif untuk bisnis Anda.

Dengan menganalisis angka break even point Anda, Anda dapat mengetahui apakah Anda perlu menaikkan harga penjualan, memotong biaya, atau keduanya untuk melampaui break even point dan menghasilkan keuntungan.

Mengetahui break even point sangat penting untuk menghasilkan keuntungan. Jika Anda menjual barang dengan harga yang salah, Anda tidak akan menghasilkan uang dari bisnis Anda. Anda harus tahu cara memberi harga suatu produk dan dapat bekerja dengan angka. Itu semua berasal dari mengetahui titik impas.

Untuk menghitung break even point perusahaan dalam jumlah penjualan, Anda perlu mengetahui nilai-nilai dari tiga variable penting di antaranya adalah:

  1. 1
    Biaya tetap: Merupakan biaya yang tidak tergantung pada jumlah penjualan, seperti sewa.
  2. 2
    Biaya variabel: Merupakan biaya yang bergantung pada jumlah penjualan, seperti biaya pembuatan produk.
  3. 3
    Harga jual produk

Perhitungan Break Even Point

Perhitungan dasar break even point dalam rupiah penjualan selama satu tahun adalah biaya tetap (manufaktur tetap, selling general and administrative tetap, bunga tetap) untuk tahun tersebut dibagi dengan rasio atau persentase margin kontribusi.

Baca juga : Simak Tips Aman Bertransaksi Melalui Internet Banking

Perhitungan dasar break even point dalam unit yang terjual selama setahun adalah biaya tetap untuk tahun tersebut dibagi dengan margin kontribusi per unit produk.

Rumus untuk analisis break even point adalah sebagai berikut:

Kuantitas impas = Biaya tetap / (Harga jual per unit – Biaya variabel per unit)

 

Dengan penjelasan sebagai berikut:

– Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah dengan output yang beragam (misal gaji, sewa, dan mesin bangunan).

– Harga jual per unit adalah harga jual (harga jual unit) per unit.

– Biaya variabel per unit adalah biaya variabel yang dikeluarkan untuk membuat unit.

Penting juga untuk dicatat bahwa harga penjualan per unit dikurangi biaya variabel per unit adalah margin kontribusi per unit.

Misalnya, jika harga jual buku adalah Rp 1.369.880,00 dan biaya variabelnya adalah Rp 68.494,00 untuk membuat buku, lalu Rp 1.301.177,00 adalah margin kontribusi per unit untuk mengimbangi biaya tetap.

Bagaimana? Apakah Anda masih bingung dengan rumusnya? Jika Anda masih merasa bingung, maka Anda bisa mengunduh software bisnis dari Finata untuk membantu Anda menghitung break even point dan memahami lebih jauh mengenai pengertian break even point.

Selain itu software bisnis Finata dapat membantu Anda dalam menganalisa dan mendiagnosis kesehatan bisnis Anda.

Jangan lupa follow instagram dan subscribe youtube kita untuk mendapatkan berbagai info menarik mengenai akuntansi, keuangan, bisnis, dan lainnya.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pengertian Likuiditas sebagai Navigator Masa Depan Perusahaan - Finata - […] Baca juga : Pengertian Break Event Point […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.