Pengertian Barang Ekonomi dan Perbedaannya dengan Barang Bebas

by | Jun 23, 2021 | Bisnis, Blog | 0 comments

barang-ekonomi

Manusia selalu membutuhkan barang atau jasa sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Ada 3 jenis barang dalam ilmu ekonomi yang dibutuhkan oleh manusia yaitu barang ekonomi, barang bebas, dan barang lilith.

Dari ketiga barang tersebut, barang ekonomi merupakan salah satu barang pokok dalam kehidupan manusia. Namun apa itu barang ekonomi?

Pengertian Barang Ekonomi

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, dalam ilmu ekonomi terdapat 3 jenis barang yang dibutuhkan oleh manusia. Salah satunya adalah barang ekonomi.

Barang ekonomi adalah suatu barang yang diciptakan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan manusia namun dengan jumlah yang terbatas.

Terbatas disini bermaksud sangat sedikit dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri. Maka dari itu, untuk dapat memperoleh barang tersebut maka manusia perlu melakukan suatu pengorbanan untuk mendapatkannya.

Pengorbanan disini bukan pengorbanan dalam konteks yang kejam ya.. Pengorbanan ini artinya manusia harus mengeluarkan uang, waktu, tenaga, pikiran, atau hal lainnya.

Contoh Barang Ekonomi

Ada beberapa contoh barang ekonomi yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya :

– Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman adalah barang ekonomi yang paling dibutuhkan oleh manusia sebagai makhluk hidup. Untuk mendapatkan makanan dan minuman ini manusia harus melakukan uang untuk mendapatkannya. Selain uang, manusia juga harus mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran untuk dapat mengolah makanan dan minuman tersebut.

– Pakaian

Pakaian merupakan salah satu barang ekonomi yang paling dibutuhkan oleh manusia selain makanan dan minuman. Pakaian memiliki jumlah yang banyak namun terbatas dan memerlukan pengorbanan untuk mendapatkannya.

Pengorbanan disini adalah berupa uang, waktu, tenaga, dan bahan. Dengan menggunakan pengorbanan tersebut, kita dapat mengolah bahan untuk dijadikan pakaian yang dapat digunakan.

– Tempat Tinggal

Barang ekonomi selanjutnya adalah tempat tinggal. Tempat tinggal termasuk barang ekonomi karena sifatnya sangatlah terbatas.

Manusia harus mengeluarkan sejumlah usaha agar bisa mendapatkan tempat tinggal baik itu berupa rumah permanen ataupun tempat kos sementara.

Untuk mendapatkan rumah permanen ini, Manusia harus mengeluarkan biaya yang lebih besar dibandingkan mendapatkan tempat kos. Biaya tersebut digunakan untuk membeli sebidang tanah, kemudian membangun rumah permanen tersebut dengan menggunakan pasir, kayu, semen dan bahan lainnya. Selain itu kita juga harus membayar tenaga jasa pembangunannya.

– Kendaraan

Kendaraan juga termasuk dalam barang ekonomi untuk dapat melakukan transportasi dengan lebih mudah. Untuk mendapatkan kendaraan ini, kita harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya. Selain itu, untuk dapat membuat kendaraan, manusia membutuhkan pengorbanan seperti pemikiran, waktu, dan keahlian untuk dapat membuatnya.

Barang Bebas

Barang bebas adalah barang yang dibutuhkan oleh manusia namun tidak memerlukan pengorbanan untuk dapat mendapatkannya.

Barang bebas biasanya barang yang alami diproduksi oleh alam dan dapat digunakan oleh manusia sepuasnya tanpa perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Contoh barang bebas yang paling sederhana adalah oksigen. Manusia hidup pasti membutuhkan oksigen untuk bernafas, namun oksigen yang sangat dibutuhkan tersebut bersifat gratis dan tidak memerlukan biaya apapun untuk memperolehnya.

Namun, dalam kasus tertentu oksigen juga bisa menjadi barang ekonomi. Untuk orang yang memiliki masalah kesehatan seperti gangguan pernafasan, oksigen yang digunakan tidak bisa dengan oksigen pada umumnya. Oksigen tersebut adalah oksigen khusus yang dibutuhkan perlakuan tertentu sebelum dapat digunakan. Dan tentunya membutuhkan pengorbanan untuk bisa mendapatkannya.

Dan perlu dicatat juga, bahwa tidak semua barang yang tidak terbatas dan mudah didapatkan adalah barang bebas. Karena barang bebas adalah barang yang menjadi kebutuhan hidup manusia.

Perbedaan antara barang ekonomi dan barang bebas

Setelah membaca pengertian dan contoh dari barang ekonomi dan barang bebas sebelumnya, Kamu pasti sudah paham akan perbedaannya. Perbedaan dari kedua jenis barang tersebut adalah :

– Kuantitas

Jumlah barang ekonomi bersifat terbatas dan membutuhkan pengorbanan untuk bisa mendapatkannya. Sementara barang bebas bersifat sebaliknya, barang bebas tidak terbatas dan tidak memerlukan pengorbanan.

– Produksi

Barang ekonomi membutuhkan usaha tertentu untuk dapat memperolehnya. Dikarenakan usaha ini, maka barang ekonomi hanya dapat diproduksi dengan jumlah yang terbatas.

Berbeda dengan barang bebas. Barang bebas tidak memerlukan usaha seperti produksi untuk mendapatkannya. Contoh mudahnya adalah sinar matahari dan oksigen. Kedua benda tersebut sangat dibutuhkan oleh manusia, namun untuk mendapatkannya manusia tidak membutuhkan proses produksi terlebih dahulu.

– Cara Memperoleh

Yang terakhir adalah cara memperoleh barang tersebut.

Barang ekonomis membutuhkan pengorbanan untuk dapat memperolehnya, pengorbanan ini dapat berupa uang, waktu, tenaga, pikiran, dan lainnya. Dengan menggunakan pengorbanan tersebut barulah manusia akan dapat memperolehnya.

Barang bebas dapat diperoleh tanpa membutuhkan pengorbanan, karena sifatnya yang tidak terbatas. Untuk mendapatkan sinar matahari kita hanya harus keluar rumah, dan udarapun dapat kita temukan dimana saja.

Barang ekonomi merupakan barang yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Walaupun jumlahnya terbatas, namun manusia akan selalu berusaha untuk bisa mendapatkannya.

Terkadang beberapa orang masih kurang begitu paham bila barang sehari-hari yang digunakan oleh mereka termasuk golongan barang ekonomi atau barang bebas.

Apakah Anda pemilik usaha? Setiap perusahaan harus memiliki perencanaan yang matang dan tepat demi keefisiensian dan kelancaran perusahaan. Selain perencanaan yang matang, dalam eksekusi atau prakteknya juga harus diperhatikan. Contohnya dalam hal pencatatan keuangan atau akuntansi, memonitor proses produksi dan lain-lain.

Dalam hal pencatatan keuangan, Finata sebagai software akuntansi dan bisnis bisa menjadi solusi bagi perusahaan manufaktur. Di dalamnya terdapat fitur pencatatan barang komposit, inventory, dan pencatatan produksi.

Demikian beberapa poin tentang perencanaan produksi. Dengan mengikuti poin-poin tersebut diharapkan proses produksi dan bisnismu akan menjadi lebih mudah.

Ayo cek youtube Finata dan pelajari lebih banyak tentang Bisnis, Akuntansi, Keuangan, dan Pajak bersama Finata.

Share:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Konten Premium Finata Gratis!

Subscribe blog Finata untuk mendapatkan konten seputar keuangan bisnis, akuntansi, hingga pajak yang dirangkum untuk Anda.

Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan.
Melek Finansial Bersama Finata: Akuntansi & Penerapannya Menggunakan Software
Video Training Untuk Mengasah Pengetahuan dan Keterampilan Akuntansi dalam Mengolah Data Laporan Keuangan
× Butuh Bantuan? Available on SundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturday