Pengertian aset lancar adalah, beserta manfaatnya

by | Oct 19, 2020 | Akuntansi | 0 comments

Aset lancar adalah menjadi bukti kekayaan yang tidak hanya dipertahankan namun juga dikembangkan agar usaha bisa membuat perusahaan semakin besar. Aset menjadi benda yang sangat berharga terutama untuk perusahaan bahkan aset akan menjadi perhatian untuk setiap evaluasi untuk mengetahui kondisi perusahaan. Baik tidaknya suatu perusahaan bisa dilihat dari aset yang selama ini sudah dimiliki. Aset di perusahaan akan terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Aset lancar
  • Aset tidak lancar

Kedua aset tersebut akan selalu diperhitungkan dalam setiap laporan demi keberlangsungan perusahaan di masa yang akan datang, semakin besar aset lancar pada perusahaan maka perusahaan akan semakin baik. Reputasi perusahaan pun akan semakin diperhitungkan terutama bagi para investor yang hendak menanamkan modalnya. Semakin baik kemampuan memperhitungkan aset yang ada akan menjadi nilai lebih karena jika salah akan berakibat fatal bagi kelangsungan perusahaan.

Definisi Aset Lancar

Aset lancar adalah jenis aset berharga yang bisa dicairkan ketika suatu saat dibutuhkan oleh perusahaan. Adapun yang termasuk aset lancar adalah:

  1. Kas, aset yang dimiliki oleh perusahaan baik di dalam perusahaan ataupun dana yang disimpan di bank. Kas tersebut bisa digunakan dan diambil sewaktu-waktu saat dibutuhkan perusahaan. Biaya operasional yang biasa digunakan oleh perusahaan akan menggunakan kas yang ada. Uang yang masih ada maupun yang biasanya disimpan itulah yang menjadi aset perusahaan. Di mana kedua-duanya bisa digunakan jika dibutuhkan.
  2. Stok barang, barang yang diproduksi ataupun yang dibeli oleh perusahaan. Barang tersebut dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan atau memperoleh manfaatnya.
  3. Piutang dagang, berisi penagihan untuk pembayaran pada perusahaan karena adanya penjualan barang yang dilakukan bukan secara tunai.
  4. Surat berharga, surat berharga isinya bisa dalam bentuk obligasi maupun saham perusahaan. Perusahaan suatu saat bisa menjualnya apabila diperlukan untuk kepentingan perusahaan. Biasanya selain saham dan obligasi perusahaan masih mempunyai surat berharga lainnya seperti deposito bulanan, wesel tagih, dan lain-lain di mana semua itu menjadi kekayaan perusahaan. Kelebihan surat berharga tersebut apabila diperlukan bisa diperdagangkan kembali seperti saham maupun dicairkan kembali jika berbentuk seperti deposito.
  5. Piutang pendapatan, sudah seharusnya diperoleh perusahaan sebagai pemasukan tetapi secara tunai pembayarannya belum didapatkan perusahaan.

Aset lancar tersebut harus lebih banyak bisa didapatkan perusahaan apabila perusahaan mau semakin berkembang. Perusahaan akan berusaha untuk menambah asetnya untuk membuktikan likuiditas perusahaan baik dan dalam kondisi yang stabil. Aset lancar akan menunjukkan kemampuan perusahaan di depan publik.

Baca juga: 6 Metode Pencatatan Aktiva atau Aset Tetap yang Penting Diketahui

Manfaat Aset Lancar

Perusahaan akan berupaya untuk lebih meningkatkan pendapatannya dan memiliki sejumlah aset lancar karena manfaat yang bisa diperoleh perusahaan, di antaranya adalah:

  1. Menunjukkan perusahaan tersebut sehat dan tingkat perkembangannya baik dengan adanya aset yang semakin bertambah. Masyarakat membutuhkan informasi lebih detil terkait aset lancar perusahaan agar tidak salah menanamkan modalnya. Jadi perusahaan harus membangun reputasi yang baik sehingga investor akan lebih mudah  untuk bergabung sehingga perusahaan bisa semakin berkembang. Terutama saat ini investor akan lebih mudah untuk mencari tahu kondisi perusahaan baik secara langsung maupun media online. Jadi jika Anda tidak menjaga reputasi perusahaan Anda akan berakibat fatal.
  2. Aset menjadi nilai lebih bagi para investor sehingga membuat investor lebih nyaman untuk menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut. Tidak hanya itu bagi kreditur aset lancar akan menjadi jaminan jika perusahaan tidak bisa melunasi hutang-hutangnya.

Aset lancar ini lebih mudah dicairkan oleh perusahaan dalam bentuk uang kas. Aset lancar bisa dinilai dengan jelas dalam mata uang yang berlaku sehingga aset lancar menjadi patokan dalam melakukan setiap kegiatan pada perusahaan. Perusahaan harus menjaga dengan baik aset lancar yang ada pada perusahaan karena merupakan biaya operasional dalam menjalankan perusahaan. Anda bisa melihat ciri aset lancar adalah:

  1. Pada umumnya bisa dinilai dalam uang kas atau uang tunai.
  2. Bisa lebih mudah untuk dijual maupun dipergunakan selama jangka waktu kurang satu tahun.
  3. Bisa disimpan dan mudah dicairkan setiap saat.

Anda pun harus mewaspadai aset tidak lancar yang ada pada perusahaan karena semakin banyak akan merugikan perusahaan dan menghambat aktivitas. Perusahaan harus sebaik-baiknya mengevaluasi setiap aset lancar yang ada di perusahaan untuk mengetahui kondisi perusahaan. Aset tersebut akan menjadi ujung tombak perusahaan untuk lebih meningkatkan keuntungan dan kesejahteraan setiap karyawan yang ada di perusahaan.

Aset menjadi kekayaan yang harus dijaga dengan baik terutama aset lancar yang biasanya dimiliki perusahaan. Usahakan aset tersebut bernilai positif bagi perkembangan perusahaan. Reputasi perusahaan pun harus selalu terjaga karena jika sampai nama baik perusahaan rusak akan berakibat fatal bagi perkembangan bisnis Anda.

Referensi:

Komponen laporan neraca dapat diselesaikan dengan mudah menggunakan aplikasi Finata.id dan berbagai fitur yang ada didalamnya. Selain berfungsi untuk menyusun laporan, aplikasi ini juga bisa membantu anda untuk mengelola bisnis atau usaha yang sedang anda jalani. Dijaman yang serba cepat dan modern ini, sudah saatnya bagi anda untuk mengganti cara-cara manual dengan menggunakan teknologi yang mempermudah kegiatan kita.

Follow us:

finata software akuntansi dan keuangan bisnis

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

done for you finata
finata software akuntansi dan keuangan bisnis

E-Book Gratis

7 Kesalahan Fatal Dalam Mengelola Keuangan Bisnis

ebook gratis finata software akuntansi dan keuangan bisnis

Download